Cara Riset Keyword Agar Masuk Halaman Pertama Google

Blog / Cara Riset Keyword Agar Masuk Halaman Pertama Google
Cara Riset Keyword Agar Masuk Halaman Pertama Google

Keyword atau kata kunci sangat penting untuk diperhatikan, untuk membuat konten Anda masuk ke halaman pertama Google. Untuk itu, yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Cara riset keyword sendiri harus Anda lakukan dengan benar, agar penerapannya juga lebih maksimal untuk memenangkan hasil pencarian. 

Riset keyword  merupakan suatu riset yang bisa dilakukan sebagai salah satu strategi optimasi SEO pada mesin pencari. Riset kata kunci sendiri adalah kegiatan mencari kata kunci yang paling sering dimasukkan oleh pengguna di mesin pencari.

Cara Riset Keyword yang Efektif

Berikut ini beberapa cara riset keyword yang paling efektif untuk website. 

Ketahui  Target Pasar

Dengan mengetahui target pasar, maka Anda akan lebih mudah memilih niche keyword. Bahkan mengenali pasar akan memudahkan Anda untuk identifikasi topik yang paling disukai para pengunjung, untuk menemukan keyword apa yang paling potensial.

Anda juga wajib menyertakan beberapa rincian untuk target pasar secara lengkap, agar lebih mudah menemukan niche. Mulai dari berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi dan minat dan masih banyak lagi. Untuk riset keyword dengan mengetahui target pasar, Anda juga bisa bergabung ke komunitas online. Selain mencari tahu hal-hal yang disukai oleh para pengunjung, Anda juga bisa mencari tahu apa yang tidak diharapkan atau yang tidak disukai.

Fokus Pada Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci yang panjang namun tepat sasaran. Lalu bagaimana cara mencari kata kunci yang panjang? Long tail keyword mengandung setidaknya 3 kata atau lebih. Misalnya "cara mencari keyword". 

Untuk lebih maksimal, Anda bisa menggunakan tools gratis salah satunya bisa dengan Ubersuggest. Dengan tools ini, Anda akan menemukan banyak sekali kata kunci tersembunyi. Namun jika memiliki budget lebih, Anda juga bisa memanfaatkan tools berbayar. Dengan tools berbayar tentu kemungkinan untuk menemukan long tail keyword potensial, semakin tinggi. 

Analisa Tingkat Persaingan

Cara riset keyword yang tidak kalah penting harus Anda perhatikan adalah menganalisa tingkat persaingan pada search engine. Semakin tinggi tingkat persaingan sebuah kata kunci pada mesin pencari, maka semakin sulit pula Anda untuk memenangkan persaingan tersebut untuk muncul di halaman pertama pencarian. 

Anda bisa memanfaatkan beberapa tool seperti keyword tools, keyword planner atau Google Ads untuk mengetahui tingkat persaingan pada kata kunci yang anda bidik. Dengan mengetahui tingkat persaingan ini, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan informasi tentang volume pencarian atas keyword yang Anda incar. 

Ketahui Jenis Keyword dan Search Intent

Terdapat kata kunci dengan jenis yang banyak dicari orang-orang namun kurang efektif dan ada kata kunci yang sedikit dicari tapi memiliki nilai yang tinggi. Untuk mengetahui maksud dari mesin pencari, maka Anda harus mengetahui jenis search intent. Search intent atau intensi pencarian terbagi menjadi beberapa macam.

  • Transaksi, merupakan motif tertinggi di mana orang-orang dengan kata kunci satu ini biasanya sudah siap bertransaksi untuk suatu produk atau jasa.
  • Perbandingan, di mana orang-orang membandingkan harga terlebih dahulu harga di pasaran atau perbandingan harga yang ada di mesin pencari.
  • Navigasi, kebiasaan pengguna di internet untuk mengetikkan kata kunci atau mencari suatu website yang ingin dikunjungi.
  • Informasi, motif yang paling sering ditemukan di search engine.

Menentukan Kata Kunci Berdasarkan Kebutuhan

Penting juga untuk muncul di halaman pertama dengan menentukan kata kunci berdasarkan prioritas kebutuhan terlebih dahulu. Cara ini juga bisa Anda praktekkan untuk mengoptimasi website dengan cara meninjau terlebih dahulu jenis website yang Anda miliki.

Misalnya apakah website Anda berisi konten informasi, jika iya maka untuk mencari kata kunci harus berdasarkan volume terlebih dahulu lalu lihat persaingannya dan terakhir intent. Kemudian jika Anda memiliki website bisnis maka urutan prioritas untuk menemukan kata kunci yang tepat adalah volume, intent, terakhir adalah persaingan. Namun jika Anda memiliki website yang menjual jasa atau layanan maka urutan prioritas untuk kata kunci adalah intent, volume dan terakhir adalah persaingan. 

Itu tadi beberapa cara riset keyword yang bisa Anda coba untuk memenangkan persaingan di halaman pertama Google. Namun bagi Anda yang merasa belum optimal saat riset kata kunci untuk masuk ke halaman pertama Google, maka bisa memanfaatkan layanan jasa RajaSEO. RajaSEO merupakan perusahaan internet marketing yang fokusnya pada layanan SEO dengan tiga layanan utama yaitu website audit, keyword research dan backlink checker. 

RajaSEO dapat membantu Anda untuk menganalisa kata kunci yang tepat dan juga paling efektif untuk meningkatkan kualitas website. Ketika kualitas website meningkat dengan kata kunci yang tepat pada setiap konten artikel, maka peluang untuk masuk ke halaman pertama Google juga semakin meningkat. Info lebih lengkap bisa langsung kunjungi rajaseo.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi