Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority

Blog / Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority
Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority

Domain Authority (DA) memakai algoritma mesin penelusuran untuk menentukan kualitas domain secara keseluruhan. Ada banyak faktor yang menentukan DA beberapa diantaranya termasuk usia web, waktu loading, pengalaman pengguna dan lain sebagainya. 

Kenapa skor DA sangat penting untuk domain? Karena DA adalah salah satu faktor sebuah domain web ditempatkan oleh mesin penelusuran di halaman pertama sesuai dengan kata kunci yang relevan. 

 

Cara Mendongkrak Skor Domain Authority Secara Efektif

Kalau Anda membuat web dan memperhatikan semua aspek untuk membuatnya menarik, tentu pengunjung akan datang dengan sendirinya. Yang harus Anda lakukan adalah memahami apa saja yang menjadi indikator sebuah domain web yang terbaik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai Domain Authority.

 

1. Website Mobile-Friendly

Pemakai internet melalui ponsel diperkirakan lebih banyak dibandingkan memakai browser. Bahkan algoritma Google juga mempertimbangkan web yang mobile-friendly untuk menempati rangking tinggi di mesin penelusuran.

Anda bisa membuat web yang simple dengan gambar berukuran tidak terlalu besar. Pilihlah tema web yang responsif dan kompatibel dengan pemakai ponsel. Dengan demikian, web milik Anda akan jadi lebih mobile-friendly.

 

2. Riset Konten

Kualitas DA web juga dipengaruhi oleh kualitas konten. Oleh karena itu buat web dengan konten yang jelas dan spesifik. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menemukan pengikut. Perhatikan ini, tampilan dan kata kunci yang mencerminkan konten secara menyeluruh. 

Anda bisa melihat web kompetitor yang berada di halaman pertama Google. Anda bisa menganalisa beberapa pilihan teratas dan coba terapkan pada web Anda sendiri. Dengan belajar dari web lain Anda akan bisa meningkatkan nilai DA dengan lebih cepat. 

 

3. Konten SEO-Friendly

Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan konten SEO. Anda perlu mengikuti kaidah Seo atau Search Engine Optimizer agar disukai oleh mesin penelusuran. Format penulisan SEO pada intinya membuat konten lebih rapi dengan mengikuti suatu aturan yang pasti. 

Jadi, mengaplikasikannya bukan hanya meningkatkan Domain Authority tapi juga Page Authority (PA). Keduanya adalah indikator yang dipakai mesin penelusuran dan pembaca untuk web dibanjiri oleh trafik organik.

 

4. Buat Konten Secara Rutin

Konsistensi merupakan hal penting dalam membuat web yang dicari pengunjung. Setidaknya Anda bisa mulai dengan membuat konten setiap hari. Selain kontennya berkualitas, posting secara rutin akan mendatangkan berbagai manfaat. 

Anda menaikkan skor DA dan PA, trafik juga akan sangat terpengaruh, web Anda juga akan lebih mudah terindeks Google. Kegunaan lain dari membuat konten secara berkesinambungan adalah meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

 

5. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah link yang dibuat web ke web lain. Hal ini adalah salah satu indikator kalau web Anda cukup berkualitas untuk membuat web lain ingin diasosiasikan dengan web Anda. Backlink jadi salah satu cara menaikan Domain Authority yang efektif. Anda bisa mendatangkan trafik dari sumber lain yang kredibel. 

Agar backlink bisa mempengaruhi skor DA secara signifikan, buat yang bagus dan relevan dengan web anda. Anda bisa pasang backlink sendiri atau memakai jasa backlink yang ahli dalam bidangnya. 

 

6. Optimasi SEO On-Page

Mesin penelusuran akan lebih mudah memahami web Anda dengan optimasi SEO on-page. Anda perlu memperhatikan keinginan pengguna. Domain Authority dapat ditingkatkan dengan memaksimalkan elemen SEO pada tiap halamannya. 

Hal ini berarti buat judul yang menarik, optimasi gambar, tempatkan kata kunci secara alami. Anda bisa sisipkan internal link dan outbound link untuk memberikan konten tambahan. Jadi, pembaca merasa nyaman dalam mendapatkan info dari web. 

 

7. Optimasi SEO Off-Page

Saat membuat skor DA, algoritma juga mempertimbangkan performa SEO dari web. Bukan hanya dari dalam web tapi juga dari luarnya. SEO off-page berarti membangun link building berkualitas, branding melalui media massa sampai adanya komunikasi dengan pengguna melalui web atau media sosial lainnya. 

Anda bisa membuat backlink yang relevan, jadi guest writer di web lain dan terlibat dengan forum sesama pemilik web. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk membuat skor DA yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan Domain Authority web. Anda bisa melakukannya sendiri dan melihat hasilnya. Bila ingin hasil pasti dan cepat bisa memakai tenaga ahli seperti RajaSEO.com. Sebagai tenaga ahli yang sangat memahami seo, RajaSEO.com akan menyediakan backlink berkuaitas sesuai dengan branding web Anda. 

Anda bisa mengunjungu web resmi RajaSEO.com untuk melakukan konsultasi dan dapat saran terbaik untuk meningkatkan DA wen Anda. Dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana sistem kerja yang akan diimplementasi. Pakai layanan untuk membantu web Anda memperoleh skor DA yang tinggi dan mendatangkan trafik secara organik. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi