Jangan Ditiru, Inilah 7 Kesalahan Riset Keyword

Blog / Jangan Ditiru, Inilah 7 Kesalahan Riset Keyword
Jangan Ditiru, Inilah 7 Kesalahan Riset Keyword

Sebagai seorang blogger, pastinya Anda sudah tahu kalau keyword berperan penting agar artikel masuk ke halaman utama search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Baidu, hingga Yandex. Namun sayangnya banyak penulis yang masih melakukan kesalahan riset keyword. Apakah Anda salah satunya?

Karena keyword punya fungsi tersendiri dalam sebuah konten, maka Anda pun harus merangkainya sedemikian rupa dengan melakukan riset terlebih dulu. Nah agar tidak melakukan kesalahan saat riset keyword, sebaiknya simak ulasan lengkap yang akan dibahas berikut ini!

Apa Pentingnya Riset Keyword?

Dalam dunia SEO, sangat krusial untuk memahami bagaimana website mampu menarik perhatian pengguna. Inilah kenapa Anda harus memahami intensi atau tujuan pengguna melalui proses riset keyword atau keyword research. Kegagalan menggunakan kata kunci malah berakibat tidak optimalnya traffic yang datang ke website.

Sebenarnya mengapa diperlukan riset kata kunci? Nah berikut ini ulasan untuk menjawab pertanyaan tersebut!

1. Mensurvei Pasar Bisnis

Riset keyword diperlukan untuk mensurvei situasi pasar bisnis. Anda bisa tahu kata kunci mana saja yang memiliki volume pencarian tertinggi. Sehingga jika nantinya Anda menggunakan keyword tersebut, traffic website pun dapat meningkat pesat.

2. Meningkatkan Ranking Website di Google 

Karena Anda menggunakan keyword yang banyak dicari, maka search engine juga akan ‘melihat’ website Anda. Namun pastikan keyword yang digunakan sesuai kriteria Google agar website Anda berada di halaman utama pencarian. 

3. Agar Strategi SEO Berhasil 

Teknik SEO memang tidak selamanya berhasil. Tapi salah satu penunjang keberhasilan SEO adalah dengan menggunakan keyword yang tepat. Inilah kenapa riset keyword sangat diperlukan.

4. Mengetahui Tingkat Persaingan

Alasan mengapa riset kata kunci diperlukan adalah agar mengetahui tingkat persaingan antar blogger. Anda bisa tahu keyword mana saja yang banyak digunakan kompetitor sehingga bisa membuat konten yang lebih baik dengan kata kunci yang sama.

Hindari 7 Kesalahan Riset Keyword

Nah karena keyword research tersebut merupakan bagian penting dalam membuat konten, maka sebisa mungkin Anda harus menghindari kesalahan riset keyword. Kenali apa saja kesalahan yang umum dilakukan dalam keyword research berikut ini supaya Anda bisa menghindarinya.

1. Hanya Fokus Pada Keyword Volume Tinggi

Perlu Anda ingat kalau setiap keyword punya potensi tersendiri untuk meningkatkan traffic website. Meski memiliki search volume rendah, kata kunci tersebut tetap berpotensi membantu Anda menjangkau user. Anda bisa menambahkan keyword turunan lain yang relevan dengan bisnis agar sesuai kaidah SEO.

2. Tidak Melakukan Riset User

Kesalahan riset keyword yang sering dilakukan blogger adalah terlalu fokus pada research kata kunci sampai mengabaikan riset user. Padahal riset user atau pelanggan berguna untuk menemukan keyword yang potensial. Anda bisa mencari kata kunci yang dibutuhkan pengguna dengan melihat trending di sosial media seperti Twitter, Facebook, Youtube, dan Instagram. 

3. Tidak Menggunakan Long Tail Keyword

Tahukah Anda long-tail keyword memang biasanya memiliki volume yang lebih rendah. Namun dengan menargetkan long-tail keyword itu artinya Anda memiliki kompetisi yang lebih sedikit sehingga lebih mudah dicari oleh audiens serta mampu meningkatkan kepercayaan atas brand Anda.

4. Keyword Dimasukan Setelah Artikel Ditulis

Keyword research adalah strategi SEO yang harus dilakukan pertama kali agar web Anda memenuhi keperluan pembaca. Sayangnya masih banyak blogger yang malah memasukan keyword setelah artikel selesai ditulis. Padahal nyatanya itu adalah langkah yang salah.

5. Tidak Sadar Akan Kompetitor

Terlalu fokus mencari mencari kata kunci yang sesuai sampai tidak sadar akan kompetitor juga bukan cara tepat. Sebaiknya Anda tetap mengenal siapa kompetitor dalam topik tertentu. Dengan begitu, Anda pun akan paham apa saja yang disukai oleh search engine agar lebih unggul dari kompetitor.

6. Tidak Melihat “Volume” Metrik

Tidak melihat volume metrik menjadi salah satu kesalahan riset keyword yang sering dilakukan. Padahal dalam keyword research, Anda akan menggunakan berbagai macam metric. Pilihlah query yang benar-benar sedang dicari oleh audiens dibanding query yang hanya sekedar untuk ranking saja.

7. Terlalu Fokus Dengan Kecocokan

Fungsi kata kunci dalam artikel adalah agar konten mudah ditemukan oleh user. Tapi jangan terlalu fokus pada kecocokan saja. Anda perlu mengenal natural language processing supaya tidak mengulangi kata yang sama berkali-kali. 

Nah karena Anda sudah tahu apa saja kesalahan dalam riset keyword, selanjutnya jangan sampai salah lagi! Sebaiknya gunakan jasa RAJASEO.com yang siap membantu Anda terkait segala macam urusan yang berkaitan dengan teknik SEO. Mulai dari keywords research, analisa pesaing hingga mengelola website agar SEO friendly menggunakan teknik optimasi terbaru.

RAJASEO.com menjamin halaman web Anda masuk ke jajaran pertama search engine sehingga dapat meningkatkan traffic yang sehat. Sekarang adalah waktu terbaik untuk mulai menggunakan layanan dari RAJASEO.com demi menghindari kesalahan riset keyword yang sering dilakukan.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi