7 Panduan Membuat Artikel SEO Friendly

Blog / 7 Panduan Membuat Artikel SEO Friendly
7 Panduan Membuat Artikel SEO Friendly

Ketika Anda ingin membangun sebuah website ataupun blog, terlebih untuk website bisnis  maka wajib menerapkan pembuatan artikel SEO friendly.

Search Engine Optimization atau SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di halaman search engine.

Adapun cara ini banyak dilakukan untuk meningkatkan traffic secara organik atau alami menggunakan kata kunci tertentu. Jika menerapkan SEO, berarti Anda bisa mendapatkan pengunjung website tanpa bantuan iklan, melainkan menerapkan teknik SEO salah satunya pada artikel. 

Membuat Artikel SEO Friendly

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menulis artikel SEO. 

Tentukan Keyword

Bagaimana caranya menentukan keyword dalam membuat artikel SEO? Tentu saja Anda harus melakukan keyword research agar bisa memilih kata kunci yang paling tepat.

Dengan kata kunci yang tepat, maka peluang artikel Anda akan dibaca oleh banyak orang dan secara otomatis website Anda dikunjungi juga semakin tinggi peluangnya.

Anda wajib menyesuaikan topik dengan keyword yang dipilih setelah melakukan riset. Cara ini sangat efektif untuk membuat konten artikel, bisa menjawab apa yang dicari oleh audiens atau pengunjung website.

Dalam artikel SEO jangan hanya memberikan jawaban biasa tapi tawarkan jawaban yang detail mulai dari definisi, fungsi, manfaat atau bisa juga kelebihan dan kekurangan. 

Membuat Outline Artikel

Untuk membuat artikel Anda bisa dikatakan SEO friendly, maka buat struktur artikel secara tepat dan benar. Artikel SEO friendly harus memuat outline seperti berikut. 

  • Adanya pembuka untuk mengenalkan topik artikel ke para pembaca atau pengunjung.
  • Bagian isi untuk menjelaskan informasi dari topik atau kata kunci.
  • Bagian penutup untuk menuliskan kesimpulan.

Jangan Lupa Membuat Heading

Mengapa harus membuat heading pada sebuah artikel SEO? Tentu saja penting agar membuat artikel Anda semakin baik di mata search engine. Karena mesin pencari akan langsung membaca heading secara otomatis. Heading yang pas akan memudahkan mesin pencari Google untuk memahami isi dari artikel. 

Tidak hanya mesin pencari, para pembaca juga dimudahkan dengan adanya heading. Terlebih jika memang membutuhkan suatu informasi tertentu, maka pengunjung website tinggal membaca cepat heading sampai menemukan inti informasi yang dibutuhkan. 

Jangan Berlebihan Mengulang Keyword

Di zaman sekarang, mengulang terlalu banyak kata kunci adalah hal yang harus dihindari, karena teknik ini justru membuat para pengunjung website dan pembaca kesulitan untuk mengerti isi konten artikel. 

Pengulangan kata kunci yang terlalu banyak juga cukup buruk di mesin pencari, bahkan bisa menurunkan urutan konten Anda. Karena di zaman sekarang, mesin pencari seperti Google lebih mengutamakan artikel yang nyaman dibaca oleh manusia bukan hanya manusia.

Anda bisa memasukkan kata kunci ke artikel agar natural dengan memainkan keyword itu sendiri, untuk membuat bahasa yang ada pada konten artikel lebih mengalir dan tetap enak dibaca. 

Tambahkan Gambar

Pada sebuah artikel SEO friendly, maka tidak cukup hanya isi artikel berupa kalimat saja tapi juga Anda wajib menambahkan elemen visual berupa gambar. Elemen visual ini membuat artikel Anda semakin nyaman dibaca, selain informasi penting yang harus ada di dalamnya tentunya.

Anda bisa mulai membuat infografik, template dan lainnya untuk menarik pengunjung lebih banyak karena konten yang dibuat benar-benar punya kualitas. Dalam menambahkan gambar, usahakan ukuran gambar tidak terlalu besar karena bisa memperlambat durasi loading situs Anda. Apapun yang membuat kecepatan situs web jadi menurun pastinya harus dihindari. 

Memaksimalkan Internal Link

Dalam membuat artikel yang SEO friendly, pastikan membuat internal link karena teknik ini bisa membantu mesin pencari memahami halaman apa saja yang ada di situs anda. Teknik menerapkan internal link juga mempermudah konten masuk ke ranking teratas di mesin pencari. 

Optimalkan Panjang Artikel

Meskipun sampai saat ini tidak ada yang namanya persyaratan minimal panjang artikel, namun mengoptimalkan panjang artikel ternyata sangat bagus pada artikel SEO. Sebagian menyebutkan bahwa artikel yang ideal adalah yang jumlahnya 300 kata, 1000 kata atau 2.000 kata. 

Daripada pusing memikirkan jumlah kata yang ideal pada artikel Anda, lebih penting lagi untuk memastikan bahwa kalimat yang ada di dalam artikel tidak bertele-tele apalagi berlebihan. Yang penting setiap paragraf dalam artikel, menjawab permasalahan atau pertanyaan pengguna mesin pencari. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat artikel SEO friendly agar bisa naik ke halaman pertama mesin pencari. Untuk Anda yang ingin mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari, maka bisa juga memanfaatkan layanan RajaSEO. Jasa SEO satu ini fokus pada pelayanan SEO dengan tiga layanan utama yaitu website audit, keyword research dan backlink checker. 

Dengan layanan RajaSEO, website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung potensial dan meningkatkan jumlah trafik ke website lebih instan. Jasa SEO satu ini menghadirkan pilihan paket SEO, yang bisa disesuaikan dengan budget dan bisnis Anda. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi