6 Tips Optimasi Website untuk Kebutuhan Bisnis

Blog / 6 Tips Optimasi Website untuk Kebutuhan Bisnis
6 Tips Optimasi Website untuk Kebutuhan Bisnis

Di era digital ini, tren bisnis semakin berkembang bersama dengan kecanggihan teknologi. Bisnis masa kini tidak lagi menggunakan cara lama dalam memasarkan produknya. Sudah banyak strategi marketing modern yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah tips optimasi website untuk bisnis.

Website menjadi salah satu media pemasaran yang efektif saat ini. Pasalnya bisnis modern tidak lagi hanya mengandalkan cara konvensional dalam memperkenalkan produknya. Bisnis kekinian sudah bisa memanfaatkan salah satu teknologi berupa website sebagai tempat memasarkan produk dan menggiring calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Cara Optimasi Website untuk Kebutuhan Bisnis

Sebuah bisnis yang memiliki website memang bukan hal baru. Namun belum banyak pelaku bisnis yang punya kemampuan untuk mengembangkan atau mengoptimasi website tersebut. Padahal optimasi website sangat penting untuk bisnis. Maka ketahui tips optimasi website untuk bisnis berikut ini.

Website Harus Mobile-friendly

Lebih dari 50% traffic global internet berasal dari pengguna perangkat mobile. Angka tersebut tergolong tinggi yang membuktikan bahwa di masa sekarang ini internet didominasi oleh pengguna perangkat mobile. Ini menjadi alasan mengapa sebuah website untuk bisnis harus dibuat mobile-friendly.

Website yang mobile-friendly berarti adalah website yang responsif terhadap pengguna perangkat seluler. Untuk menciptakan karakter yang responsif itu, website harus melakukan beberapa tips optimasi website. Di antaranya adalah menghindari iklan pop-up, membuat meta judul yang lebih pendek serta mengompres semua gambar yang ada di website.

Optimalkan Kecepatan Website

Sebuah website bisnis tidak hanya menarik dari segi kontennya. Website yang bisa menarik kunjungan pengguna internet adalah yang punya kecepatan tinggi. Website dengan kecepatan tinggi tentu menjadi alasan yang menyenangkan untuk mengunjunginya. Berbeda dengan website dengan kecepatan rendah, siapa saja akan malas menunggu proses loading.

Website bisnis akan berisiko kehilangan traffic kunjungan apabila website itu membutuhkan waktu lebih dari 2,5 hingga 3 detik untuk proses loading. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan  pengguna perangkat mobile, website harusnya bisa lebih responsif dari itu. Kecepatan website sangat menentukan jumlah pengunjung.

Optimalkan User Experience

Tips optimasi website selanjutnya adalah mengoptimalkan user experience (UX) pengunjung. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan insight tentang pengguna, mulai dari prinsip, kebutuhan, keterbatasan dan kemampuan mereka. Optimasi UX fokus pada peningkatan kualitas pengalaman pengguna.

Mengoptimalkan UX bertujuan untuk meningkatkan konversi. Dengan pengalaman terbaik pengguna, pengunjung yang datang ke website akan menjadi pelanggan loyal. Untuk bisa meningkatkan user experience, lakukan identifikasi perilaku pengunjung dengan Google Search Console atau Google Analytics.

Buat Konten yang Sesuai dengan Target Audiens

Selain hal-hal yang bersifat teknis di atas, tips optimasi website lainnya adalah dengan menyajikan konten. Tentu bukan asal konten, melainkan konten pada website harus sesuai dengan target audiens. Salah satu pengalaman terbaik pengunjung adalah ketika mereka menemukan konten yang menarik minat mereka dalam website tersebut.

Konten pada website tidak terbatas hanya berupa tulisan. Konten bisa dibuat lebih menarik dan variatif dengan penambahan video, misalnya. Isi konten harus berkualitas dan layak dibagikan sehingga pengunjung yang datang tidak hanya membaca. Semakin banyak dibaca, maka peluang keuntungan bisnis akan semakin besar.

Lakukan Link Building

Backlink merupakan salah satu faktor utama yang sangat bisa diandalkan untuk meningkatkan peringkat sebuah website. Bahkan Google menganggap backlink sebagai pengukur kredibilitas situs. Website akan naik peringkat saat sebuah situs besar dan berkualitas tinggi menautkan link.

Untuk menaikkan peringkat website, backlink yang terpasang tentu bukan sembarang link. Tautan tersebut harus merupakan backlink yang berkualitas. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, kualitas konten harus diutamakan agar semakin banyak orang yang tertarik. Selain itu, kerja sama dengan influencer lain juga bisa dilakukan.

Gunakan Tools Tambahan

Tips optimasi website yang tak kalah penting adalah memanfaatkan tools tambahan. Alat tambahan ini berguna untuk memantau kinerja website dan performa konten yang dibuat. Ada banyak pilihan tools gratis yang bisa dipakai untuk optimasi website. Beberapa jenis tools juga berbayar dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Salah satu tools gratis yang penting untuk digunakan adalah Google Analytics. Pasalnya tool gratis ini mampu menganalisa kinerja website dengan sangat detail. Data yang ditampilkan Google Analytics bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dalam mengembangkan website dan melihat kekurangan website untuk kemudian diperbaiki.

RajaSEO Bantu Optimasi Website untuk Bisnis Anda

Sekarang sudah saatnya membangun bisnis dengan cara yang lebih modern, yaitu dengan menerapkan beberapa tips optimasi website agar tidak tertinggal dari kompetitor. Anda bisa mempercayakan tugas tersebut pada RajaSEO. Sebagai perusahaan internet marketing, RajaSEO fokus pada layanan SEO yang bisa membantu menaikkan peringkat website Anda.

Layanan RajaSEO akan membantu website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung yang potensial dan jumlah pengunjung akan terus bertambah. RajaSEO memiliki tim ahli yang berpengalaman dan siap membantu Anda untuk memiliki website terbaik untuk bisnis.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi