Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Blog / Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Pada dasarnya cara mendapatkan backlink adalah berfokus pada relevansi. Anda membuat tautan atau link dari sebuah website menuju website lain. Anda memerlukan website atau pihak lain untuk ingin dikaitkan dengan website atau pribadi Anda secara kontinu. 

Keinginan tersebut harus berdasarkan keterkaitan. Kalau Anda berjualan baju bayi, tentu Anda ingin berkaitan dengan web yang membahas tentang parenting, mengasuh bayi dan lain sebagainya. Jadi, backlink akan mendatangkan pengunjung organik yang tinggi baik dari mesin pencari atau web lainnya.

Cara Mendapatkan Backlink Yang Tepat 

Anda perlu memakai cara tepat untuk membangun backlink blog atau web yang bisa memberikan manfaat. Karena spam dan link yang broken dapat memberikan efek negatif bagi web. Lakukan strategi yang pas agar dapat backlink berkualitas untuk mendominasi halaman pencarian Google sesuai kata kunci terkait.

1. Konten Lengkap dan Menarik 

Optimasi SEO atau Search Engine optimizer dimulai dengan pesan yang atraktif dan juga lengkap. Jumlah kata pada artikel setidaknya ada 500 kata. Tapi bahasan lengkap dan panjang akan memberikan peluang lebih besar untuk orang membaca dan kembali lagi. 

Pengunjung yang menyukai konten Anda akan senang hati membagikan artikel dan menjadi tautan yang Anda inginkan. Selain itu, konten berkualitas bisa dijadikan referensi untuk tulisan penulis lain. Dengan demikian Anda bisa memperoleh backlink yang berkualitas, khususnya karena isinya yang berbobot.

2. Penulis Tamu 

Anda perlu menekankan relevansi dalam memperoleh backlink. Cari berbagai situs yang sesuai dengan niche website Anda. Biasanya, website membuka kesempatan penulis tamu atau guest blogging. Syarat dan aturan tentu bervariatif sesuai dengan kebijakan tiap web. 

Ini termasuk cara efektif untuk menjaring audiens baru. Intinya adalah Anda memakai platform lain yang kira-kira memiliki kesamaan audiens dengan website Anda. Dengan membuat tulisan di website populer, memberikan kesempatan untuk menyisipkan tautan atau link yang relevan ke web Anda. 

3. Memanfaatkan Platform Content Sharing

Cara mendapatkan backlink yang hampir mirip dengan guest posting adalah content sharing. Ada banyak platform yang berbagi konten untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa mencoba membuat konten pada Kaskus, Medium, Kompasiana, Reddit, dan SlideShare. Anda bisa membuat backlink dan mengarahkan pembaca ke web Anda sendiri. 

Coba tulis artikel yang berkaitan dengan tulisan yang sudah ada di web. Jadi, Anda memperoleh backlink berkualitas dari platform content sharing tersebut. Meskipun sifat link adalah nofollow, metode ini tetap layak dicoba. 

4. Komentar di Web Setelah Blogwalking

Selain relevansi, Anda juga bisa menekankan pada komunikasi. Anda bisa membuat komentar pada web populer, portal berita dan blog yang membahas salh sama dengan web Anda. Pemberian komentar bisa difokuskan pada web yang Anda minati dan ingin dikaitkan. 

Jaga perkataan Anda karena kata-kata yang tidak sopan bisa dianggap spam. Hindari untuk menaruh banyak komentar karena hal ini juga bisa dianggap sebagai spam. Yang perlu diingat, lakukan komentar dengan cara yang baik dan beretika. 

5. Infografis

Konten perlu menggugah minat tinggi, tulisan mendalam dan penjabaran yang jelas. Membaca bisa menyenangkan untuk beberapa orang. Lainnya bisa memanfaatkan infografis yang bisa mengilustrasikan isi artikel dengan bantuan visual. 

Anda perlu menerapkan kreativitas untuk memperjelas tulisan yang ada. Dengan demikian, informasi tersampaikan dengan sukses sekaligus ada tambahan visualisasi untuk mempercantik artikel yang dibuat. Ada banyak tools gratis yang dapat membantu Anda membuat infografis dengan mudah. 

6. Kerjasama Promosi dan Endorse

Salah satu cara mendapatkan backlink adalah dengan bekerjasama dengan pihak lain. Membuat konten yang bagus tidak menjamin backlink. Anda juga bisa berpromosi. Ada Influencer dan tokoh lainnya yang dapat menggabungkan usaha Anda dengan membagikan konten dalam tautan web maupun media sosial. 

Ada banyak pilihan influencer maupun micro influencer yang memiliki pengikut tertentu. Kerjasama bisa dilakukan dengan mempertimbangkan adanya pendanaan untuk membiayainya. Kerjasama promosi juga bisa berupa kolaborasi dimana semua pihak diuntungkan. 

7. Testimoni

Backlink juga bisa diatur dalam bentuk testimoni. Anda tinggal memberikan sampel pada sejumlah orang dan meminta pendapat mereka setelah memakai produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian, reaksi bisa jadi backlink berkualitas yang Anda butuhkan. 

Demikianlah beberapa cara mendapatkan backlink untuk web. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara sekaligus untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pada intinya, website Anda akan mendapatkan perhatian dengan usaha dan melakukan kerjasama dengan pihak lain. 

Mulai dari persiapan materi, branding, sampai promosi, mendapatkan backlink memang bukan perkara mudah. Bila ingin hasil maksimal, ada jasa Rajaseo.com yang memberikan paker kerjasama untuk berbagai kebuthan. 

Rajaseo.com menyediakan backlink berkualitas juga kesempatan web untuk jadi backlink. Platform ini juga melayani konsultasi untuk memperoleh backlink yang baik. Gunakan jasa Rajaseo.com untuk membatu web Anda mendapatkan eksposur yang dibutuhkannya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi