11 Kesalahan Desain Website Ini Perlu Dihindari!

Blog / 11 Kesalahan Desain Website Ini Perlu Dihindari!
11 Kesalahan Desain Website Ini Perlu Dihindari!

Membuat website untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan, bisa dibilang susah-susah gampang. Memiliki skill SEO yang memadai, maka akan mudah bagi Anda untuk melakukan pengerjaan. Namun bila masih awam, berbagai kesalahan desain website bisa saja terjadi. 

Perlu Anda tahu, bahwa kesalahan dalam membuat atau mengelola sebuah website ini ternyata bisa memiliki dampak yang beragam. Mulai dari penurunan pengalaman pengguna, peringkat SEO, kredibilitas, hingga masalah keamanan dan juga kerugian finansial. 

 

Apa Saja Kesalahan Desain Website yang Sering Dilakukan?

Melihat cukup banyaknya dampak yang mungkin terjadi akibat kesalahan dalam membuat desain web, membuat Anda harus mengetahui apa saja kesalahan yang dimaksud. Inilah beberapa kesalahan tersebut.

 

1. Tidak Memerhatikan SEO

Optimasi mesin pencari (SEO) penting untuk membantu website muncul dalam hasil pencarian di halaman pertama dan teratas, serta meningkatkan visibilitasnya. Jadi, pastikan untuk melakukan optimasi dengan riset kata kunci, menggunakan judul halaman yang relevan, serta menyertakan meta deskripsi dan tag yang sesuai.

2. Navigasi yang Rumit

Navigasi yang buruk atau rumit akan membuat pengunjung website kesulitan menemukan informasi yang mereka cari. Penting bagi Anda untuk memiliki menu yang jelas, tata letak yang konsisten, dan tautan yang mudah diikuti agar pengguna dapat dengan mudah menjelajahi situs.

3. Tidak Responsif 

Memiliki desain yang tidak responsif, memungkinkan tampilan website tidak dapat menyesuaikan dengan beberapa perangkat tertentu. Misalnya saja untuk akses melalui perangkat smartphone atau tablet. Hal ini akan membuat pengunjung website sulit dalam mengakses dan menjelajahi konten dengan nyaman.

4. Proses Loading Lama

Jika website membutuhkan waktu lama untuk dimuat atau memiliki waktu loading yang lama, pengunjung website mungkin akan kehilangan minat dan meninggalkan situs. Pastikan untuk mengoptimalkan gambar dan file lain guna meringankan situs. Anda bisa menggunakan teknik caching dan memilih hosting yang cepat untuk mempercepat loading halaman.

5. Pemilihan Warna Kurang Tepat

Penggunaan warna yang buruk dapat mengganggu pengguna, membuat pengunjung website sulit membaca teks atau memahami konten. Terlalu banyak warna yang bertabrakan atau penggunaan warna yang terlalu cerah maupun gelap dapat membuat situs terlihat tidak profesional dan justru menarik.

6. Kurangnya Fokus pada Konten

Desain website yang terlalu ramai atau mengganggu dapat mengalihkan perhatian pengunjung website dari konten yang seharusnya menjadi fokus utama. Terlalu banyak animasi, iklan berlebihan, atau elemen desain yang tidak diperlukan justru mengaburkan pesan yang ingin disampaikan oleh halaman web tersebut. 

7. Tidak Mengubah Warna Link yang Pernah Dikunjungi

Seringkali, para pengunjung website tidak ingin membuka halaman yang sama yang pernah dibukanya. Mengatasi hal ini, maka desain web yang baik haruslah mampu mencegah hal ini terjadi. Caranya adalah dengan mengubah warna link atas judul konten yang pernah dibuka sebelumnya. 

8. Teks yang Sulit Dibaca

Penggunaan jenis huruf yang tidak jelas atau terlalu kecil, kontras yang rendah antara teks dan latar belakang, hingga pengaturan teks yang buruk. Perlu Anda tahu, bahwa kesalahan seperti ini ternyata dapat membuat konten jadi sulit dibaca. Hal ini dapat mengurangi fungsi dan daya tarik situs.

9. Desain Web Berantakan

Kesalahan selanjutnya, yakni desain website yang berantakan dan tidak konsisten antara halaman-halaman situs. Hal ini dapat memunculkan kebingungan pada pengunjung website saat mengakses web. Penggunaan gaya, tata letak, atau elemen desain yang berbeda-beda di berbagai bagian situs dapat mengganggu pengalaman pengguna.

10. Penggunaan Font Berlebihan

Menggunakan terlalu banyak jenis huruf yang berbeda, ukuran font yang tidak konsisten, serta jenis font yang sulit dibaca dapat membuat situs terlihat tidak rapi dan sulit dibaca. Penting bagi Anda untuk memilih beberapa jenis huruf yang sesuai dan mempertahankan konsistensinya di seluruh halaman situs.

11. Terlalu Banyak Penggunaan Pop-up

Pop-up yang muncul terlalu sering atau sulit ditutup dapat mengganggu pengalaman pengguna dan mengurangi kepuasan mereka. Disarankan supaya Anda menggunakan pop-up dengan bijak. Jangan lupa, pastikan hal ini tidak menghalangi akses mereka ke konten utama situs.

Jadi pastikan Anda menghindari berbagai kesalahan ini saat membuat website. Bila perlu, gunakan jasa SEO terbaik bila Anda tidak mau melakukan berbagai teknik dan strategi rumit. Baik itu dalam pembuatan website maupun konten di dalamnya. 

RAJASEO.com hadir membantu dalam meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian dari search engine, termasuk Google. Melalui strategi optimasi yang tepat, jelas website Anda punya peluang yang lebih tinggi agar bisa muncul di posisi teratas dengan hasil pencarian berdasarkan konten yang relevan. 

Pengerjaan dilakukan oleh pakar SEO profesional dan berpengalaman sehingga sangat minim kesalahan dalam desain website. Perusahaan juga telah mengerjakan banyak sekali proyek dalam pembuatan dan optimasi website SEO sesuai kebutuhan Anda. Percayakan optimasi web Anda bersama RAJASEO.com!  

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi