3 Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow dalam Penerapan SEO

Blog / 3 Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow dalam Penerapan SEO
3 Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow dalam Penerapan SEO

Dalam dunia SEO, Anda pasti sudah mengenal yang namanya backlink. Teknik ini cukup populer sebagai salah satu cara mengoptimalkan SEO pada sebuah website. Salah satunya dengan menggunakan backlink dofollow dan nofollow.

Namun, banyak sekali di antara pemilik website yang masih belum mengetahui perbedaan keduanya. Padahal dari berbagai segi keduanya memiliki banyak sekali perbedaan.

Untuk mengenal apa saja perbedaan dari kedua backlink, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian masing-masing.

Backlink Follow

Bagi Anda yang belum mengenal backlink dofollow merupakan sebuah alamat domain yang nantinya akan ditautkan pada situs pribadi. Tujuannya untuk memberikan referensi ilmu tambahan.

Nantinya ketika Google melakukan penelusuran pada sebuah laman internet, backlink pada situs Anda akan tercatat oleh sistem. Selain itu, ada juga penilaian terkait relevansi halaman pada situs Anda.

Hal ini akan membantu Anda sebagai pemilik website dalam mengoptimasi SEO. Karena selain Google, pembaca juga lebih mudah menemukan situs Anda ketika membuka situs pencarian.

Backlink Nofollow

Selain mengenal backlink dofollow, ada juga yang namanya nofollow. Bagi seorang Blogger, mengenal kedua jenis backlink ini sangat penting untuk menyesuaikan kebutuhan optimasi SEO pada website.

Nofollow memiliki perbedaan signifikan dengan backlink dofollow. Jika sebelumnya Anda akan menambahkan referensi dengan mengundang pembaca ke situs. Maka, melalui nofollow Anda bisa menggunakannya untuk menandai tautan yang kurang berguna.

Tujuannya untuk melawan keberadaan dari link spam pada situs. Karena bot dari Google sendiri akan selalu melakukan pemantauan sampai ke akar situs. Keberadaan nofollow akan membantu Anda menjaga kualitas situs dan mencegah pembaca untuk mengunjungi halaman internet dengan sifat spam.

Perbedaan Dofollow dan Nofollow

Setelah mengetahui pengertian masing-masing dari backlink dofollow dan nofollow, kini saatnya untuk paham apa saja perbedaan keduanya.

1. Perbandingan Jumlah Backlink

Jika dikalkulasikan sebenarnya keberadaan backlink dofollow dan nofollow tidak memiliki batasan signifikan. Tetapi, untuk menjaga kualitas dari website yang sudah Anda bangun, sebaiknya lakukan perbandingan dengan tepat.

Keberadaan dofollow dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan pembaca dan reputasi situs karena terhubung dengan situs up to date. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memiliki backlink dofollow dalam jumlah besar dibanding nofollow melalui situs berkredibilitas tinggi.

Meskipun begitu, penting juga untuk menjaga kestabilan website menggunakan backlink nofollow. Meskipun jumlahnya sangat sedikit dibanding dofollow, tetapi keberadaanya pun sangat membantu peringkat indeks di Google, loh.

Kenapa nofollow harus lebih sedikit dari dofollow? Karena, berdasarkan tingkat kebutuhan pembaca sendiri menginginkan informasi sesuai keinginan saja. Apabila backlink tidak memenuhi keinginan pembaca, maka minat membuka situsnya lebih minim.

2. Kualitas Halaman yang Tertaut Backlink

Keberadaan dari backlink dofollow dan nofollow sebenarnya sangat bermanfaat dalam menjaga keamanan situs. Tetapi tidak semua halaman internet bagus untuk Anda tautkan dengan situs.

Apabila menggunakan backlink dofollow, biasanya kualitas dari situs tertaut sudah terjamin kualitas dan keamanannya dari mesin pencari. Apalagi Anda mendapatkan backlink dofollow dari situs dengan peringkat tertinggi pada indeks pencarian. Hal ini justru membuat pembaca lebih yakin dengan situs yang Anda miliki.

Apabila halaman internet tidak memiliki informasi yang tepat atau kurang sesuai dengan topik relevan website Anda. Maka, akan menimbulkan bahaya pada website seperti munculnya virus yang memicu spam. Apabila Google mendeteksi link spam maka situs Anda akan ditutup untuk melindungi pembaca.

Nah, salah satu cara untuk menjaga keamanan virus dari situs kurang terpercaya yaitu dengan memanfaatkan backlink nofollow.

3. Tautan Backlink Muncul Pada Situs Anda

Keberadaan backlink yang terdapat pada situs akan membantu Anda untuk masuk ke dalam indeks pencarian. Ketika Anda memasang backlink dofollow pada situs, maka Google akan membantu untuk menampilkan link dengan alamat yang valid. Tujuannya agar pembaca bisa sampai ke halaman yang tepat.

Namun, jika Anda memiliki backlink nofollow yang terpasang di situs. Google akan mengaturnya agar tidak tampil pada halaman dan pembaca bisa melewatinya saja. 

Contoh sederhananya, ketika Anda memasang backlink terkait pendidikan akan membawa pembaca kepada situs terkait. Tetapi, jika backlink memberikan arahan pada iklan yang bukan pendidikan akan dibantu Google untuk menutupinya.

Jadi, penggunaan backlink dofollow dan nofollow sangat membantu pemilik situs meminimalisir pembaca salah masuk halaman website.

Nah, sekarang apakah Anda sudah bisa memahami apa saja perbedaan dari backlink dofollow dan nofollow? Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama penting. Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan ketercapaian keduanya agar seimbang.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas dalam upaya optimasi SEO, Anda bisa mempercayakannya pada RajaSEO.com. Bersama RajaSEO.com tidak hanya mendapatkan backlink berkualitas, Anda juga akan diberikan rekomendasi situs relevan untuk mendongkrak kualitas website.

RajaSEO.com juga menawarkan harga terjangkau pada tiap layanannya. Sehingga, tidak perlu khawatir akan terjadi pembengkakan harga. Karena, RajaSEO.com selalu memberikan pelayanan terbaik dengan harga spesial kepada tiap pelanggannya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi