Harus Tahu, Ini Cara Bikin Konten Website yang Bagus

Blog / Harus Tahu, Ini Cara Bikin Konten Website yang Bagus
Harus Tahu, Ini Cara Bikin Konten Website yang Bagus

Dalam mengembangkan sebuah website, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari memilih nama yang bagus dan ikonik, menentukan niche hingga memilih platform website. Selain hal-hal teknis tersebut, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten website yang bagus.

Sebuah website kini bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Bahkan website saat ini menjadi salah satu media marketing yang paling efektif. Dengan kemampuannya menjangkau audiens yang lebih luas, peluang keuntungan bisnis pun semakin besar. Website menjadi senjata utama yang harus dimiliki pebisnis masa kini.

Tips Membuat Konten yang Bagus untuk Website

Konten atau isi website merupakan inti. Pengunjung website membuka laman tersebut untuk melihat konten yang ditampilkan. Karena itu, konten yang menjadi isi website harus bagus dan menarik. Membuat konten website yang bagus tidak bisa asal-asalan, harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Ketahui Tujuan Pembuatan Website

Pada tahap persiapan dalam membuat konten yang bagus, ketahui dulu tujuan pembuatan website. Jawablah pertanyaan tentang untuk apa website tersebut dibuat, apakah untuk berbagi informasi saja atau untuk mendatangkan pendapatan, untuk memperkenalkan bisnis atau membangun komunitas.

Ketahui Siapa Audiensnya

Dari menjawab pertanyaan di atas, kemudian jawab lagi pertanyaan tentang siapa audiens website tersebut. Misalnya website yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar kecantikan, maka audiensnya adalah wanita di usia produktif. Dari jawaban tersebut nantinya akan lebih mudah membuat konten website yang bagus.

Riset Konten di Website Pesaing

Melakukan riset di website pesaing juga penting dilakukan untuk memperoleh gambaran seperti apa konten yang disukai pengunjung. Cari tahu topik apa saja yang paling banyak menarik minat pengunjung lalu buatlah konten serupa yang lebih bagus. Riset ke website pesaing juga berguna untuk mengetahui tren yang sedang populer saat ini.

Perhatikan Kualitas

Tips membuat konten website yang bagus ini sudah masuk pada tahap inti. Penulisan konten tidak hanya sekedar menggabungkan kata menjadi kalimat. Namun ada beberapa kriteria konten bagus yang harus ada, seperti bisa mengubah cara pandang, menawarkan sesuatu yang baru, memberi manfaat dan pengetahuan, menghibur dan menginspirasi.

Hindari Plagiarisme

Menjaga keaslian konten adalah salah satu cara meningkatkan ranking website di mesin pencarian. Karena itu, hindari melakukan plagiarisme atau menampilkan konten duplikat. Google akan dengan mudah mengetahui asli atau tidaknya sebuah konten yang akan berdampak pada performa website.

Perhatikan Detail Konten

Sebelum mempublikasikan konten pada website, sebaiknya periksa dulu keseluruhan isi konten agar tidak ada kesalahan. Kesalahan kecil pada konten bisa menurunkan pengalaman pengunjung. Detail yang perlu diperhatikan dalam membuat konten website yang bagus antara lain penulisan yang benar, ejaan yang sesuai dan pemilihan diksi yang tepat.

Tulis secara Padat dan Jelas

Performa website yang bagus juga ditentukan dari standar ukuran konten yang tidak boleh terlalu pendek. Meski begitu, membuat tulisan di website juga tidak boleh bertele-tele. Jadi buatlah tulisan yang tidak terlalu pendek namun tidak juga berisi kalimat yang terlalu panjang. Fokuslah dengan kalimat efektif yang padat dan mudah dipahami.

Tambahkan Grafis yang Menarik

Konten website yang bagus tidak hanya menampilkan tulisan tapi juga dilengkapi dengan grafis yang menarik. Grafis yang bisa digunakan bisa berupa foto atau video. Pastikan kualitas foto bagus dan tidak buram atau pecah. Sementara video juga harus bagus dari segi visual maupun suaranya.

Buat Konten dengan Kaidah SEO

Agar konten berdampak pada performa website, konten harus dibuat dengan kaidah SEO. Hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan kata kunci yang sedang populer, penempatan kata kunci yang tidak berlebihan hingga menyisipkan tautan internal maupun eksternal. Gunakan juga URL serta meta deskripsi yang mengandung kata kunci.

Promosikan Konten

Setelah konten berhasil diterbitkan, lakukan promosi dengan cara membagikannya ke berbagai media sosial. Karena konten website dengan kualitas tulisan saja tidak cukup membuatnya populer jika tidak dipromosikan sama sekali. Mempromosikan konten juga bisa meningkatkan pengunjung ke website.

Perbarui Konten secara Berkala

Buatlah konten website secara konsisten dengan menampilkan topik yang sedang banyak diperbincangkan. Pengunjung akan lebih senang dengan website yang selalu menampilkan wawasan baru dan hal-hal yang sedang menjadi tren. Lengkapi juga konten dengan hasil penemuan terbaru untuk memperbarui pengetahuan pengunjung.

Itulah tips membuat konten website yang bagus sehingga menarik minat pengunjung. Dengan konten yang bagus pula, pengunjung akan membagikan konten tersebut secara sukarela. Jelas ini akan bermanfaat pada trafik website. Untuk mengoptimasi website secara lebih profesional, percayakan pada RajaSEO.

RajaSEO memberikan layanan pada bidang digital marketing dengan tujuan meningkatkan ranking website. Cara kerjanya yaitu dengan riset kata kunci dan penambahan backlink berkualitas. Bersama RajaSEO, performa website Anda akan terus meningkat seiring dengan popularitasnya yang akan terus naik.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi