Cara Paling Efektif Optimasi SEO untuk Web E-commerce

Blog / Cara Paling Efektif Optimasi SEO untuk Web E-commerce
Cara Paling Efektif Optimasi SEO untuk Web E-commerce

Perkembangan E-commerce saat ini semakin pesat dan biasanya toko online ini memiliki sebuah website, untuk membuat E-commerce tersebut lebih dikenal masyarakat luas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan tentunya. Untuk E-commerce yang menggunakan website, sebagai salah satu strategi marketing ternyata juga membutuhkan optimasi SEO. Bagaimana cara optimasi SEO untuk website E-commerce yang paling efektif? 

 

Meningkatkan SEO untuk E-commerce

Optimasi SEO untuk website E-commerce sangat penting agar website tersebut bisa naik di urutan paling atas pada mesin pencari. Tentu saja ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan SEO pada E-commerce website Anda. 

 

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Tentu saja sebuah website perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, untuk optimasi SEO E-commerce. Anda terlebih dahulu bisa riset kata kunci dan juga riset kompetitor bisnis, agar bisa menemukan kata kunci dengan kualitas yang bagus sehingga bisa bertahan lama pada peringkat atas mesin pencari.

Untuk menentukan kata kunci yang efektif, maka Anda bisa menggunakan teknik search volume dengan tools salah satunya Google Keyword Planner. Dengan tools satu ini, maka akan mudah bagi anda untuk menemukan kata kunci dengan volume yang tinggi maupun rendah. Masih dengan memanfaatkan Google Keyword Planner Anda bisa memanfaatkan kolom Competition. Kolom ini berfungsi untuk mengetahui banyaknya target kata kunci. 

Selain itu, cara paling mudah untuk menemukan kata kunci yang tepat adalah pilih yang berkaitan dengan bisnis yang Anda kelola. Karena meskipun Anda menemukan sebuah kata kunci dengan volume tinggi, namun jika tidak relevan dengan bisnis anda maka peluang untuk website Anda naik ke ranking atas cukup susah. Ukur juga tingkat kompetisi kata kunci dengan fitur Keyword Difficulty SEMRush. Semakin tinggi kompetitif keyword, maka peluang untuk berada di ranking atas mesin pencari semakin tinggi pula.

 

2. Identifikasi Masalah

Setelah Anda sudah menemukan kata kunci yang tepat, maka saatnya melakukan identifikasi masalah yang dihadapi. Untuk mencari kesalahan pada website, Anda bisa menggunakan fitur Screaming Frog. Cara ini dapat memunculkan data yang menghasilkan berbagai kesalahan yang ada pada website, Anda agar bisa diperbaiki untuk meningkatkan performa SEO website.

Masalah yang juga sangat sering muncul pada website adalah tingkat kecepatan web. Para pengunjung website anda tidak menginginkan waktu loading halaman yang lama. Untuk meningkatkan waktu loading halaman website anda maka bisa membeli ruang server atau memakai CMS berbeda dan melakukan kompresi ukuran gambar.

 

3. Membuat Konten Berkualitas

Cara optimasi SEO untuk website E-commerce tentu saja hampir sama dengan blok bisnis biasa, di mana Anda juga perlu membuat konten blog berkualitas. Anda wajib membuat artikel dengan isi konten yang informatif yang menjawab semua permasalahan pengunjung. 

SEO E-commerce juga perlu yang namanya tampilan web user friendly tidak hanya untuk para pengunjung website E-commerce dari perangkat komputer tapi juga mobile. 

 

4. Mengoptimalkan Halaman Produk dan Kategori

Anda bisa melakukan optimasi SEO untuk marketplace dengan mengoptimalkan halaman produk dan kategori. Optimalkan setiap area mulai dari bagian heading, meta title sampai meta deskripsi. Untuk kategori produk yang sudah tidak dijual, sebaiknya langsung melakukan redirect ke halaman ke halaman produk yang baru. 

Pada Web E-commerce, Anda juga bisa menambahkan video demo produk yang dijual dan manfaatkan internal link untuk saran produk yang berkaitan agar penjualan bisa lebih meningkat. Web E-commerce Anda juga harus terintegrasi dengan sosial media pastinya.

Sementara untuk kategori maka buat struktur halaman kategori dengan kata kunci yang lebih spesifik. Anda juga wajib mengoptimalkan meta deskripsi untuk halaman kategori. Deskripsikan dengan kalimat yang unik dan kreatif untuk membuat para pengunjung tertarik mengklik kategori produk Anda. 

 

5. Hindari Broken Link

Broken link atau link error tentu saja dapat mempengaruhi performa dari website. Jika para pengunjung menemukan link rusak maka akan memberikan pengalaman buruk bagi para pengunjung. Ternyata broken link juga tidak disukai Google. Maka dari itu yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan maintenance secara rutin agar sekiranya menemukan broken link langsung bisa diperbaiki. 

Untuk menemukan broken link Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang sudah dijelaskan di atas yaitu Screaming Frog, misalnya. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana cara optimasi SEO untuk website E-commerce. Anda yang ingin melakukan optimasi lebih efektif, maka bisa memanfaatkan pula layanan dan jasa dari RajaSEO.com. Layanan jasa SEO ini menawarkan pilihan untuk optimasi website lebih mudah dan juga terbilang jauh lebih efektif. 

RajaSEO.com menghadirkan tiga pilihan layanan utama yaitu Web Audit, di mana layanan ini membantu untuk analisa website agar peringkatnya naik ke halaman utama mesin pencari. Layanan ketiga ada backlink checker, di mana layanan ini membantu untuk analisa backlink agar lebih mudah bersaing di mesin pencari. Untuk informasi dan paket layanan SEO RajaSEO.com, bisa langsung kunjungi website resmi RajaSEO.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi