Cara Meningkatkan Traffic Organik Website Bisnis

Blog / Cara Meningkatkan Traffic Organik Website Bisnis
Cara Meningkatkan Traffic Organik Website Bisnis

Traffic organik merupakan poin penting dalam penerapan SEO, agar meningkatkan traffic atau pengunjung website. Traffic organik sangat penting untuk meningkatkan kualitas sebuah website, karena traffic yang datang secara alami ini berasal dari hasil pencarian sendiri bukan dari iklan berbayar. Lalu bagaimana cara meningkatkan traffic organik website terutama untuk jenis website bisnis yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan? 

Meningkatkan Traffic Organik Website

Adapun traffic organik bisa naik terus ketika konten atau website Anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Karena mayoritasnya, pengguna lebih suka untuk mencari referensi di halaman pertama. Sehingga jika konten Anda masuk di halaman pertama pencarian, kemungkinan untuk dikunjungi oleh pengguna semakin tinggi. Untuk mendatangkan traffic organik berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.     

Menerapkan Strategi SEO On Page dan Off Page

Untuk mendapatkan trafik organik website, maka Anda bisa menerapkan strategi dengan mengoptimasi SEO. Caranya ada dua yaitu menggunakan teknik SEO On Page dan SEO Off Page. 

SEO On Page merupakan teknik optimasi pada halaman atau konten website dengan menyiapkan sebuah kata kunci yang relevan dengan website Anda. Setelah itu Anda juga perlu untuk menyisipkan judul yang menarik, deskripsi hingga permalink dan juga alt image pada artikel atau konten yang dibuat. 

SEO Off Page merupakan optimasi yang dilakukan pada luar website. Tujuan utamanya juga untuk meningkatkan traffic dan mendapatkan traffic organik dengan membangun backlink website. 

Buat Konten yang Informatif 

Dibanding membuat konten artikel yang isinya asal-asalan, akan lebih baik jika anda membuat konten yang informatif dimana isinya bisa menjawab kebutuhan pengguna. Maka sebelum membuat artikel, Anda harus tahu dulu siapa target pengguna lalu buat konten atau artikel sesuai segmentasi pasar yang ada.

Buat isi konten dengan isi yang informatif dan juga nyaman dibaca, agar traffic organik bisa lebih meningkat. Konten yang optimal dengan kualitas yang bagus juga akan disenangi oleh pengunjung, bukan mesin pencari sebab yang memang utama anda cari adalah pengunjung terlebih dahulu. 

Pilih Judul yang Menarik

Untuk membuat konten Anda mendatangkan traffic organik website maka wajib memilih judul dan juga deskripsi yang menarik bagi para pengguna. Bahkan semakin menarik judul yang Anda buat, akan semakin menarik perhatian para pengunjung. 

Pastikan tetap membuat judul yang tidak berlebihan dan sesuai dengan isi artikel. Karena sama saja, jika judul menarik namun isi artikel kurang berkualitas tentu ini akan menurunkan tingkat kepercayaan dari para pengunjung situs. Jika judul menarik namun isi konten asal-asalan, mungkin awalnya website Anda akan ramai pengunjung namun seiring berjalannya waktu pengunjung akan menurun bahkan tidak ada sama sekali. Karena para pengguna tahu bahwa isi konten yang anda buat informasinya tidak relevan dan judulnya hanya clickbait. 

Website Mobile Friendly

Saat ini semakin banyak pengguna yang lebih suka mengakses website atau situs dengan memanfaatkan smartphone. Untuk itu, Anda perlu membuat website dengan tampilan yang lebih cepat dibuka. Karena jika loading halaman website Anda lebih dari 3 detik maka akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung. Terlebih para pengguna yang kurang sabar menunggu loading situs dan sedang butuh informasi secara urgent. 

Pastinya website Anda punya tampilan tema yang juga ramah pengguna tidak hanya para pengguna yang mengakses dari komputer tapi juga handphone. Karena tampilan ramah pengguna ini juga akan meningkatkan pengalaman pengunjung jadi lebih baik. Tema website yang mobile friendly bisa membuat para pengguna datang kembali apalagi jika didukung dengan konten website yang informatif. 

Teknik Guest Post

Teknik satu ini juga efektif untuk mendapatkan traffic organik website. Guest post menggunakan teknik menambah backlink dan juga brand awareness. Lalu bagaimana cara untuk menulis artikel guest post? Caranya adalah dengan menulis konten atau artikel untuk website lain kemudian Anda akan mendapatkan tautan menuju website yang Anda miliki. Anda yang piawai dalam menyusun dan merangkai kata, pastinya teknik ini cukup mudah dilakukan. 

Anda tinggal cari website yang memperbolehkan guest post. Pastinya pilih website yang relevan dengan isi konten Anda. Teknik ini tentu tidak hanya bisa dilakukan pada satu website saja tapi juga beberapa website. 

Untuk mendatangkan traffic organik website Anda bisa terapkan beberapa hal cara di atas. Namun bagi Anda yang masih kesusahan untuk mendapatkan kata kunci yang efektif untuk membuat artikel berkualitas atau ingin menganalisa kualitas backlink dan analisa website, guna meningkatkan traffic pengunjung maka bisa gunakan jasa RajaSEO. 

RajaSEO memiliki layanan yang cukup efektif, salah satunya dengan website audit untuk menganalisa website Anda agar peringkat website bisa ditingkatkan pada mesin pencari. RajaSEO memiliki tim ahli yang sudah berpengalaman dalam industri internet marketing untuk membantu Anda memperbaiki faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website di halaman pencari. RajaSEO menghadirkan berbagai pilihan paket SEO yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi