Mengenal Apa Itu Anchor Text dan Jenisnya

Blog / Mengenal Apa Itu Anchor Text dan Jenisnya
Mengenal Apa Itu Anchor Text dan Jenisnya

Pemilik web apalagi SEO specialist harus tahu apa itu anchor text. Sebagai bagian dari SEO, anchor text memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui pengertian, manfaat sampai dengan jenis-jenisnya untuk lebih memahaminya. 

Anchor text akan sangat membantu optimasi web jika Anda ingin mendapatkan trafik yang tinggi. Bahkan dalam pembuatannya sendiri Anda tidak bisa sembarangan. Simak apa pengertian dari anchor text sampai dengan jenis-jenisnya yang bisa Anda pilih. 

Pengertian Apa Itu Anchor Text dan Manfaatnya 

Anda tentu pernah masuk ke dalam sebuah halaman website kemudian menemukan beberapa frasa yang dapat diklik. Saat Anda klik frasa tersebut maka akan terbuka halaman website lain. Biasanya konten dari website berhubungan dengan frasa yang digunakan. 

Frasa tersebutlah yang disebut dengan anchor text. Jika secara pengertian apa itu anchor text, maka artinya adalah sebuah frasa dalam artikel yang memiliki hyperlink. Ciri dari anchor text dalam artikel biasanya memiliki warna berbeda seperti biru atau terdapat garis bawah. 

Anchor text memiliki dua fungsi, pertama adalah untuk memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang berhubungan dengan konten yang dicari. Kedua, adalah sebagai backlink yang memudahkan search engine untuk menciptakan ranking. 

Mengetahui apa itu anchor text dan fungsinya ini masih belum cukup. Anda perlu mengetahui sederet manfaat yang ditawarkan oleh anchor text sehingga tidak menyepelekan penggunaannya sebagai berikut:

Meningkatkan Jumlah Page View 

Page view sangat penting dalam SEO, karena menjadi tolak ukur apakah artikel yang Anda miliki benar-benar menarik perhatian. Ada kecenderungan halaman di satu web yang sama akan dibuka oleh pengunjung dan menghasilkan page view ini. 

Menurunkan Jumlah Bounce Rate 

Pemasangan anchor text akan menurunkan angka bounce rate karena akan semakin lama pengunjung berada di dalam website. Apalagi jika Anda memasang anchor text dengan efektif maka pengunjung tidak akan lari ke website lainnya, karena apa yang mereka cari ada di website Anda. 

Memperbanyak Kata Kunci

Cara membuat anchor text memang tidak mudah karena agar lebih efektif perlu menggunakan kata kunci. Tujuannya adalah untuk memperbanyak kata kunci dalam sebuah artikel dan website. 

Mengingat satu kata kunci saja tidak cukup untuk optimasi suatu konten artikel. Oleh karena itu dengan memperbanyak kata kunci dari anchor text hasilnya akan lebih maksimal. Anda bisa memilih kata kunci yang konteksnya sesuai. 

Apa itu anchor text sekarang Anda sudah mengenalnya lebih jauh lengkap dengan manfaatnya. Masih ada satu lagi yaitu jenis-jenisnya. 

Jenis-Jenis Anchor Text 

Sama seperti backlink, anchor text juga memiliki beberapa jenis. Jenisnya ini bisa Anda sesuaikan dengan masing-masing kebutuhan agar efektif. Berikut ini beberapa jenis anchor text yang dapat dipilih. 

Branded 

Contoh anchor text yang banyak digunakan dalam promosi produk atau sebuah brand. Frasa yang digunakan untuk menyematkan link adalah nama brand atau produk itu sendiri. Anchor text ini sangat mudah karena Anda tidak perlu riset kata kunci, hanya perlu menambahkan nama produknya saja. 

Generic 

Apa itu anchor text generic adalah teks yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan. Misalnya ‘klik banner WA di atas ini’, bisa juga ‘unduh sekarang’. Biasanya anchor text akan menjadi bagian dari call to action di sebuah web. 

 Partial Match 

Inilah yang dimaksud dengan anchor text untuk meningkatkan penggunaan kata kunci. Anda bisa menambahkan kata di depan atau di belakang kata kunci dan menjadikannya sebagai anchor text. Contoh, kata kuncinya adalah ‘belajar SEO’ maka Anda bisa menggunakan ‘cara belajar SEO’ sebagai anchor text. 

Exact Match

Anchor text yang merupakan kata kunci itu sendiri. Jadi Anda bisa menyematkan link di salah satu kata kunci yang sudah disebar dalam artikel. 

Naked URL

Disebut anchor text untuk backlink dalam bentuk naked karena tidak menggunakan kata kunci sama sekali. Anda bisa langsung menyertakan URL. Anchor text ini juga sangat mudah dan biasanya lebih sering digunakan untuk mengarahkan ke web lainnya. 

Images 

Sering juga gambar menjadi anchor text. Anda hanya perlu menyematkan URL pada bagian alt gambar. Otomatis pengunjung bisa klik gambar untuk berada di website lainnya. 

Mengetahui apa itu anchor text lengkap dengan jenisnya baru sebagian dari optimasi SEO. Anda masih harus melakukan audit website, cek backlink dan terus melakukan riset kata kunci. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya Rajaseo.com siap membantu. 

Rajaseo.com menyediakan paket SEO yang bisa Anda pilih baik untuk website pribadi atau bisnis. Menawarkan paket dengan harga yang terjangkau dan tidak mengecewakan, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mengakses paketnya sekarang juga. 

Dilakukan oleh tim yang profesional dan berpengalaman, Anda bisa meningkatkan pengunjung website dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini akan membuat website Anda bertahan dalam waktu lama di mesin pencari. Langsung saja kunjungi Rajaseo.com untuk informasi selanjutnya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi