Inilah Pengertian Digital Campaign, Manfaat dan Jenisnya

Blog / Inilah Pengertian Digital Campaign, Manfaat dan Jenisnya
Inilah Pengertian Digital Campaign, Manfaat dan Jenisnya

Adanya teknologi dinilai sangat membantu dan memudahkan hampir semua urusan. Tak terkecuali urusan bisnis dengan menerapkan pemahaman tentang pengertian digital campaign.

Istilah digital campaign sebenarnya bukan hal baru terlebih di kalangan pebisnis. Namun mungkin belum banyak pelaku bisnis yang paham akan istilah tersebut dan bagaimana perannya dalam mengembangkan bisnis. Padahal digital campaign termasuk salah satu strategi penting dalam bisnis di zaman modern ini.

Pengertian Digital Campaign

Digital campaign adalah strategi pemasaran secara online dengan memanfaatkan berbagai platform di internet. Tujuan dari strategi ini adalah membangun brand awareness atau kesadaran pasar terhadap adanya suatu merek. Pada akhirnya, tujuan dari digital campaign menjurus pada keuntungan bisnis.

Penerapan dari pengertian digital campaign dapat dipahami dari sebuah studi kasus. Sebuah perusahaan e-commerce mengadakan digital campaign yang cukup menarik dalam bentuk lomba jingle cover. Lomba tersebut bisa diikuti oleh seluruh pengguna media sosial dan peserta lomba diperkenankan berkreasi semenarik mungkin.

Karena lombanya sangat menarik dengan hadiah yang menggiurkan, peserta yang ikut serta lumayan banyak. Sampai jingle yang sangat ikonik dari merek tersebut terdengar di mana-mana dan menjadi populer di kalangan masyarakat. Akhirnya masyarakat pun tahu merek apa di balik jingle tersebut meski hanya mendengar intronya saja.

Hasil akhirnya bisa dibilang bahwa digital campaign yang dilakukan perubahan tersebut sukses. Buktinya, masyarakat sangat sadar akan keberadaan merek tersebut. Tentu jika ada yang membutuhkan produknya, pilihan pertama akan mengarah ke merek tersebut sebab merek itu yang paling dikenal.

Manfaat Digital Campaign

Dari penjelasan tentang pengertian digital campaign sebenarnya sudah diketahui jelas bahwa tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan suatu merek. Namun itu adalah tujuan umum dan masih terdapat beberapa tujuan khusus. Inilah manfaat digital campaign secara lebih lengkap.

1. Meningkatkan Popularitas

Sebuah produk dari merek tertentu hanya akan dikenal juga produk tersebut populer. Untuk membangun popularitas itu, pebisnis bisa melakukan digital campaign. Dengan digital campaign, usaha untuk mempopulerkan sebuah produk atau brand akan lebih efektif dan bisa menjangkau target pasar yang tepat.

2. Menampilkan Iklan yang Lebih Menarik

Kebanyakan pengguna internet kurang tertarik dengan iklan yang hanya berisi tulisan. Maka dibuatlah digital campaign yang membuat sebuah iklan jadi lebih menarik untuk ditonton sampai akhir. Inilah yang disebutkan dalam pengertian digital campaign bahwa tujuannya adalah membuat orang sadar akan kehadiran sebuah brand.

3. Meraih Keuntungan Bisnis

Pada akhirnya, manfaat dari digital campaign adalah untuk menghasilkan keuntungan bisnis. Dari terkenalnya sebuah produk, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Semakin banyak pengguna produk tersebut, tentu semakin besar keuntungan bisnis yang diperoleh.

Jenis Digital Campaign

Dalam pengertian digital campaign disebutkan tentang penggunaan platform yang dapat diakses dengan internet. Jadi memang ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk melakukan digital campaign. Inilah jenis-jenis digital campaign berdasarkan platform yang digunakan.

1. Media Sosial Marketing

Seperti namanya, strategi marketing ini menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan mencakup semua platform yang populer, seperti Instagram, Facebook dan TikTok. Dengan memaksimalkan semua media sosial yang ada, jangkauan pasarnya akan lebih luas. Pembeli pun bisa datang dari berbagai wilayah.

2. Website

Website sangat bermanfaat dalam digital campaign karena merupakan wujud dari profesionalitas sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki laman resmi akan terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Website bisa digunakan untuk menampilkan produk dan konten-konten bermanfaat lainnya.

3. Search Engine Marketing

Website tidak hanya dibuat lalu dibiarkan begitu saja. Website perlu dioptimasi agar bisa tampil di halaman percaya mesin pencarian. Itulah yang disebut search engine marketing (SEM). Bedanya dengan search engine optimization (SEO), SEM lebih cepat memperoleh hasil karena merupakan layanan berbayar.

4. Search Engine Optimization

Search engine optimization (SEO) tidak akan terlepas dari pengertian digital campaign karena pemasaran secara online akan selalu mencakup SEO. Strategi ini dilakukan dengan mengoptimasi website dengan cara meriset kata kunci, menggunakan backlink dan melengkapi elemen lain yang bisa membuat website tampil di halaman pertama Google.

5. Email Marketing

Strategi ini dilakukan dengan lebih dulu mengumpulkan database yang biasanya didapatkan dari pengunjung website. Setelah terkumpul database berupa email, semua bentuk promosi produk bisa ditawarkan melalui pesan di surat elektronik tersebut. Strategi ini termasuk yang populer di digital campaign dan bisa meningkatkan penjualan.

Itulah pengertian digital campaign berikut manfaat dan jenisnya. Dapat disimpulkan bahwa melakukan digital campaign merupakan sebuah keharusan bagi pebisnis di era modern ini. Akan ada banyak manfaat yang didapat dengan melakukan digital campaign dibandingkan cara pemasaran konvensional.

Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin melakukan digital campaign secara lebih maksimal, percayakan pada RajaSEO.com. Perusahaan digital marketing RajaSEO.com akan membantu Anda melakukan berbagai usaha pemasaran secara digital, termasuk optimasi website dengan riset kata kunci yang tepat.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi