Cara Mudah Membuat Judul Artikel Menarik Sesuai SEO

Blog / Cara Mudah Membuat Judul Artikel Menarik Sesuai SEO
Cara Mudah Membuat Judul Artikel Menarik Sesuai SEO

Saat hendak mengklik dan membaca sebuah konten website, pastinya yang pertama kali dilihat adalah judul. Secara garis besar, judul merupakan wajah sebuah konten. Semakin menggugah judul tersebut, maka akan semakin tinggi potensi dibaca pengunjung. Namun tahukah Anda bagaimana cara membuat judul artikel menarik?

 

Ibaratkan judul sebagai sebuah iklan yang berperan besar dalam menjual artikel Anda kepada users. Bahkan isi konten yang yang bermutu pun akan sia-sia kalau tidak dibarengi dengan judul yang memikat. Dengan begitu, yuk ketahui apa bagaimana tips membuat judul yang menarik!

Pentingnya Sebuah Judul Dalam Artikel

Faktanya judul adalah aspek pertama saat akan membuat konten khususnya pada website. Judul yang digunakan harus sesuai dengan kaidah SEO supaya mudah dikenali oleh mesin pencari. Nah ternyata judul memiliki peran tersendiri dalam artikel, apa saja?

  • Sebagai Wajah Sebuah Artikel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, judul adalah wajah bagi sebuah tulisan. Sebelum membaca isi artikel, pengguna tentu akan melihat judul terlebih dulu. Judul juga akan menentukan bagus atau tidaknya sebuah tulisan. Sebaiknya Anda mulai melakukan riset terkait contoh judul artikel yang bisa dijadikan referensi artikel.

 

  • Bisa Membuat Audiens Penasaran

Kalau Anda penasaran kenapa judul sangat penting dalam sebuah artikel, maka jawabannya adalah karena judul mampu membuat audiens penasaran dengan isi artikel. Judul artikel menarik akan memikat audiens membaca isi artikel.

5 Tips Sederhana Membuat Judul Artikel Menarik Sesuai SEO

Membuat isi artikel yang bagus saja tidak cukup, Anda juga perlu merancang judul artikel yang unik. Pasalnya judul adalah hal pertama yang akan dilihat pembaca saat mereka mencari kata kunci di mesin pencari. Lalu bagaimana cara membuat judul artikel menarik? Untuk menemukan jawabannya, silakan simak ulasan berikut.

1. Sesuaikan dengan Isi Konten

Pastinya judul harus sesuai dengan isi konten yang akan Anda buat. Sebaiknya Anda menghindari judul yang bertele-tele dan tidak relevan sama sekali dengan isi konten agar apa yang akan disampaikan dalam artikel dapat diterima audiens.

 

Misalnya, jika Anda ingin membuat tulisan tentang produk skincare, maka buatlah judul yang mengandung jenis produk hingga manfaatnya. Judul tersebut akan mendeskripsikan isi konten kepada audiens.

2. Masukkan Keyword

Karena tujuan Anda disini adalah untuk membuat artikel yang SEO friendly, maka memasukan keyword ke dalam judul. Tidak hanya mudah dikenali oleh pengguna, tapi untuk menarik lebih banyak klik dan kunjungan audiens ke halaman web Anda. 

 

Bahkan kata kunci dalam judul tersebut memungkinkan konten Anda meraih peringkat tinggi di SERP. Trafik website pun berpotensi meningkat jika Anda melakukan cara membuat judul yang menarik ini. 

3. Cantumkan Manfaat untuk Pembaca

Jangan hanya fokus pada topik saja tanpa memperhatikan judul. Agar bisa memenuhi kebutuhan pembaca, buatlah judul yang mengandung manfaat atau solusi. Pastinya pembaca pun tidak akan membaca artikel yang tidak memiliki value karena justru akan membuang-buang waktu mereka.

 

Bagi audiens, yang terpenting adalah isi konten yang bermanfaat dan sesuai dengan apa yang mereka cari di search engine. Jadi buatlah judul artikel menarik dengan mencantumkan manfaat.

4. Tambahkan Kata Sifat dan Angka

Tahukah Anda, dengan membuat judul artikel yang berisi kata sifat beserta angka dapat membuatnya terlihat menarik? Rangkailah judul yang mengandung kata-kata sifat seperti "terbaik", “menjanjikan”, “terpercaya”, dan kata-kata sifat lain.

 

Jangan lupa tambahkan angka ke dalam judul tersebut jika memungkinkan. Faktanya orang-orang lebih tertarik dengan artikel yang menggunakan model listicle karena lebih mudah dibaca. Bahkan judul artikel menarik yang menggunakan angka memiliki performa 45% lebih baik.

5. Buat Kalimat Pertanyaan

Anda juga bisa membuat kalimat pertanyaan supaya judul konten terlihat lebih menggugah. Namun pastikan pertanyaan tersebut memang sesuatu yang ingin diketahui oleh users. Kalau Anda menanyakan pertanyaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, justru akan membuat konten kehilangan pembaca. 

 

Lebih baik Anda melakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui contoh judul artikel ringan agar menciptakan judul yang menarik dengan kalimat pertanyaan.

 

Nah jika Anda masih kesulitan membuat judul yang unik atau belum paham terkait cara membuat artikel yang SEO friendly, jangan khawatir karena RajaSEO.com siap menangani setiap masalah yang Anda hadapi terkait urusan website. Namun kenapa harus RajaSEO.com?

 

Pasalnya RajaSEO.com memberikan layanan konsultan dan jasa pelatihan SEO sekaligus membantu memperbaiki peringkat website, menaikkan pageview, memperkecil bounce rate, hingga meningkatkan traffic dengan cepat. Pastinya dilakukan oleh ahli profesional!

 

Tidak hanya itu saja, RajaSEO.com juga menggunakan teknik SEO yang adaptif sesuai perubahan algoritma Google. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakan layanan RajaSEO.com demi meningkatkan kualitas website Anda. Jangan lupa ikuti sejumlah tips merangkai judul artikel menarik di atas, ya!

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi