5 Cara Membuat Website Terindeks di Google dengan Singkat

Blog / 5 Cara Membuat Website Terindeks di Google dengan Singkat
5 Cara Membuat Website Terindeks di Google dengan Singkat

Setiap pemilik website sudah pasti ingin situsnya terindeks oleh Google. Pada dasarnya, Google memerlukan waktu setidaknya selama sepekan untuk mendeteksi sebuah website. Namun, ternyata tidak semua pemilik website tahu bagaimana cara agar website terindeks di Google. 

Ya, Anda memerlukan beberapa trik atau cara agar website terdeteksi Google. Dengan begitu, maka akan lebih mudah masuk dalam Google index sehingga muncul di pencarian dan mudah ditemukan pengunjung. Ingin tahu caranya? Simak penjelasan di bawah! 

5 Cara Cepat Membuat Website Terindeks di Google 

Tujuan utama memastikan website terindeks di Google adalah terkait dengan traffic website itu sendiri. Dengan masuk Google index, otomatis website Anda akan muncul di pencarian dan diketahui oleh pengunjung. Dengan begitu, kesempatan meningkatkan traffic pun semakin besar. 

Supaya bisa mewujudkan hal itu, maka Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah website Anda sudah masuk Google index melalui Google index checker. Apabila belum, maka bisa mulai melakukan beberapa cara index website ke Google dengan cepat berikut ini. 

1. Google Search Console 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tools Google Search Console. Sebuah tools dari Google yang berguna untuk memantau kinerja dari website. 

Alat ini bisa memantau intensitas Google dalam melakukan crawling pada website Anda. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, karena berpengaruh pada proses indexing. Selain itu, dengan alat ini Anda juga bisa mengidentifikasi indexing error yang memengaruhi ranking website pada mesin pencarian. 

Bukan hanya itu, Anda bahkan bisa melakukan identifikasi terkait laman populer dengan traffic tinggi, dan juga kata kunci populer yang relevan dengan konten website Anda. Ini berguna sebagai tolok ukur evaluasi guna mengoptimasi website. 

2. Konten Kreatif dan Konsisten 

Selanjutnya, Anda bisa membuat konten kreatif secara konsisten. Dengan rajin memposting konten kreatif serta menarik, akan meningkatkan kemungkinan Google melakukan crawling pada website Anda. 

Jangan lupa tentukan niche juga keyword yang tepat serta relevan dengan bisnis atau website Anda. Konten yang menarik, up to date, serta informatif, tentu disukai pengunjung. Ini juga akan mempercepat website terindeks di Google. Apalagi jika Anda membuat konten berdasarkan kategori, ini akan bekerja lebih efektif dan efisien. 

3. Sitemap

Cara selanjutnya agar website Anda bisa masuk Indeks Google adalah dengan membuat sitemap. Ada dua sitemap yang perlu Anda buat, yaitu XML dan juga HTML. Sitemap XML sendiri berhubungan dengan Googlebot agar lebih mudah memahami konten dari website Anda. 

Dengan membuat sitemap XML, website Anda akan lebih mudah ditemukan dan berkesempatan lebih besar untuk masuk indeks Google. Sedangkan sitemap HTML, berhubungan dengan user. 

Meskipun tidak berimbas langsung pada proses indexing, akan tetapi sitemap HTML akan membantu Anda mempertahankan pengunjung dan menambah traffic nantinya. Hal ini dikarenakan, sitemap HTML membantu user atau pengunjung dalam mengoperasikan berbagai fitur dalam website Anda. 

4. Internal Link dan Backlink

Membuat konten berkualitas memang penting dan berguna, akan tetapi akan lebih jitu untuk memastikan website Anda masuk indeks jika memiliki internal link. Internal link ini akan membantu Googlebot dalam memahami konteks dari isi website Anda, karena menghubungkan antara satu konten dengan lainnya dalam satu website yang sama. 

Selain itu, Anda juga harus membangun backlink yang berkualitas. Kenapa? Karena backlink yang merupakan link dari website lain tetapi mengarah ke website Anda, akan memudahkan Googlebot menemukan website Anda. Backlink menjadi salah satu jalan untuk Googlebot menemukan website baru yang menarik dan berkualitas. 

Jadi, pastikan konten dalam website Anda memiliki internal link dan backlink berkualitas. Dengan begitu akan memudahkan website terindeks di Google. 

5. RSS FEED

Banyak orang beranggapan jika RSS FEED hanya untuk membantu meningkatkan traffic website. Padahal, berguna juga untuk membuat website bisa terindeks Google. 

Hal itu dikarenakan RSS FEED memberitahukan pada Google terkait keberadaan website baru yang siap di-crawling. Dari sekian banyak aplikasi RSS FEED, Feedburner menjadi salah satu yang direkomendasikan guna membantu indexing. 

Nah, apabila Anda mengalami kesulitan dalam menerapkan beberapa cara di atas untuk proses indexing website, bisa coba gunakan jasa optimasi website RAJASEO.com. Sebuah perusahaan internet marketing yang ahli dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. 

Sebelum berbicara peringkat, tentunya Anda harus memastikan website sudah masuk indeks Google. Nah, RAJASEO.com menyediakan layanan utama yang juga bermanfaat mempercepat proses indexing sebelum dioptimasi dan meningkatkan peringkat website. Seperti backlink checker, website audit, dan keyword research. 

Dengan RAJASEO.com, dijamin website terindeks di Google dengan lebih cepat, dan muncul di peringkat atas mesin pencarian. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan RAJASEO.com sebagai solusi membangun website berkualitas. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi