Tips Memilih Domain yang Menarik agar Website SEO Friendly

Blog / Tips Memilih Domain yang Menarik agar Website SEO Friendly
Tips Memilih Domain yang Menarik agar Website SEO Friendly

Ketika Anda mempergunakan website sebagai media untuk memperkenalkan brand atau bisnis, maka pemilihan domain tidak boleh sembarangan. Selain sebagai identitas brand,  juga memengaruhi traffic dan produktivitas website tersebut. Berikut adalah tips memilih domain yang menarik supaya bisa mengoptimalkan performa website Anda. 

Namun sebelumnya, kita kulik sedikit tentang apa itu domain. Supaya Anda bisa memahami fungsi serta pentingnya membuat domain yang menarik juga tepat bagi website. 

Pengertian dan Fungsi Domain 

Secara teknis, domain merupakan nama yang menjadi identitas web server yang memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. Tanpa nama tersebut, maka pengunjung harus mengetik IP address yang berupa deretan angka ketika akan mengakses sebuah situs. 

Jadi sederhananya, domain ialah nama website yang pada bagian akhirnya menggunakan ekstensi seperti .com, .co.id, .online dan lain sebagainya. Biasanya nama tersebut akan Anda ketik di kolom pencarian alamat browser saat akan membuka sebuah situs. 

Jadi, fungsi domain pada sebuah situs atau website ialah sebagai identitas dari brand yang tengah diperkenalkan lewat website tersebut. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan lalu lintas kunjungan serta tujuan dari laman tersebut. Apakah sebagai sarana promosi, transaksi, atau sekadar branding. 

Itulah mengapa, Anda harus cari nama domain yang bagus dan bisa menjadi salah satu senjata optimasi website di mesin pencarian. Pemilihan domain memang sedikit tricky, jadi agar lebih mudah Anda bisa menyimak tips memilih domain yang kami berikan. 

5 Tips Memilih Domain yang SEO Friendly bagi Website

Dalam membangun website yang berkualitas dan produktif, maka Anda harus berusaha mengoptimalkan performanya. Langkah optimasi dalam mesin pencarian bisa melalui banyak cara, salah satunya dengan memilih domain yang mudah diingat, menarik, serta SEO friendly bagi website. 

Adapun tips memilih domain yang sesuai kriteria di atas antara lain dengan cara: 

1. Memakai Kata Kunci Sesuai Isi Website

Tips pertama yang bisa Anda coba untuk memilih domain agar memudahkan SEO website adalah menyertakan keyword. Ya, jika memungkinkan sebaiknya Anda menggunakan kata kunci sesuai konten dari website sebagai domain. 

Misalnya, website Anda berisi katalog sekaligus tempat penjualan online tas, maka bisa memilih domain seperti tasbagus.online, atau tasbagus.com. Hal ini akan memperbesar kesempatan website Anda muncul di halaman pertama pencarian Google. 

2. Mudah Diingat

Selanjutnya, tips dalam memilih domain adalah mudah diingat. Mengapa nama domain harus mudah diingat? Tentu saja agar memudahkan brand awareness pada pengunjung website Anda. 

Sebaiknya menggunakan domain yang tidak lebih dari tiga kata. Semakin singkat akan lebih mudah dihafal dan diingat. Lagipula, domain singkat umumnya menjadi incaran. Jadi jangan terlalu lama memutuskan! 

3. Sisipkan Nama Brand

Tips memilih domain berikutnya yaitu menyisipkan nama brand pada domain. Website Anda akan lebih mudah diingat pengunjung. Selain itu, ini juga bisa sekaligus branding dan mencegah nama brand digunakan orang lain. 

Penggunaan nama brand pada domain juga bisa meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Belum lagi jika website Anda juga berfungsi sebagai media transaksi, maka dengan mencantumkan nama brand bisa membantu meningkatkan penjualan. 

4. Relevan dalam Jangka Panjang

 Sebaiknya Anda tidak menggunakan istilah atau nama yang sedang hits di momen tertentu. Ada kemungkinan istilah tersebut pada akhirnya hilang dan dilupakan. 

Tentukan bidang bisnis ataupun niche konten yang akan Anda posting secara konsisten. Dengan begitu akan lebih mudah memilih domain yang relevan meskipun ada kemungkinan perubahan brand maupun isi konten ke depannya. 

Misalnya saja, Anda tadinya menjual baju lewat website lalu beralih ke sepatu. Apabila Anda memilih nama domain bajumurah.com misalnya, tentu tidak lagi relevan saat beralih menjual sepatu. Berbeda jika Anda menggunakan domain fashionmurah.com, ini masih relevan. 

Sebenarnya bisa saja untuk mengakalinya Anda membeli domain baru dan me-redirect ke website yang telah ada. Namun ini berarti reputasi dari domain Anda akan dimulai dari awal lagi. Artinya langkah optimasi sebelumnya jadi sia-sia. 

5. Ekstensi yang Pas 

Ada beberapa ekstensi yang bisa Anda gunakan pada domain. Usahakan untuk memilih ekstensi yang sesuai dan cukup populer. Sebenarnya, .com masih menjadi Top Level Domain dan ekstensi terfavorit nomor satu. 

Namun karena kepopulerannya itu jua membuatnya cukup sulit mendapatkan ekstensi .com. Apalagi jika domain Anda mirip dengan situs lain, akan lebih sulit lagi. Itulah kenapa sebelum memilih nama domain harus memastikan belum dipakai orang lain. 

Beberapa ekstensi mempunyai fungsi khusus. Misalnya saja, .org untuk organisasi atau lembaga, .co untuk perusahaan, .me untuk blog pribadi, dan banyak lagi lainnya. Intinya, tips memilih domain yang tak kalah penting adalah menyesuaikan ekstensi dengan tujuan atau isi website Anda. 

Jika Anda masih bingung dalam menentukan domain terbaik yang membantu website bisa SEO friendly, serahkan saja pada ahlinya yaitu RAJASEO.com. Mereka merupakan perusahaan profesional di bidang internet marketing khususnya dalam melayani SEO. 

Dengan bantuan tim ahli dari RAJASEO.com, website lebih berkualitas dengan peringkat tertinggi di mesin pencarian, sekaligus traffic tinggi. Jangan ragu menggunakan jasa RAJASEO.com, jika Anda mengalami kendala dalam penerapan tips memilih domain agar website lebih SEO friendly. 

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi