Seperti Apa Dampak Website Health bagi SEO dan Bisnis?

Blog / Seperti Apa Dampak Website Health bagi SEO dan Bisnis?
Seperti Apa Dampak Website Health bagi SEO dan Bisnis?

Bisnis di era modern ini semakin mudah dikembangkan berkat banyaknya teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah penggunaan website sebagai salah satu media promosi. Untuk memaksimalkan penggunaan website, diperlukan pengetahuan tentang dampak website health bagi bisnis.

Penggunaan website di bidang bisnis tidak hanya sebagai sarana pemasaran. Website juga bermanfaat untuk membangun branding yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu, website juga menjadi ukuran profesionalitas bisnis dalam melayani konsumen. Manfaat lain dari platform ini bahkan bisa meningkatkan keuntungan bisnis.

Pengertian Website Health

Istilah website health berkaitan dengan performa platform tersebut. Website health atau website yang sehat berperan penting dalam meningkatkan user experience. Indikator dari website health adalah navigasi yang mudah serta desain yang menarik sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang diinginkan secara akurat.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang dampak website health, pengertian dari istilah tersebut harus dipahami oleh pebisnis. Website health merupakan metrik yang mengukur struktur website serta kecepatan dan keamanannya. Dengan kata lain, website health merupakan gambaran kualitas website dari sudut pandang SEO.

Faktor yang Mempengaruhi Website Health

Website yang disebut memiliki kualitas buruk tentu bukan tanda alasan. Alasan itulah yang kemudian disebut sebagai faktor yang mempengaruhi website health. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, maka bisa dilakukan cara untuk mengoptimalkannya agar tingkat website health tinggi. Inilah faktor yang mempengaruhi website health.

1. Crawlability

Crawl adalah proses Google melakukan penjelajahan dan pengindeksan website dengan mengumpulkan informasi meliputi konten, struktur hingga link. Kemudian Google akan menampilkan website yang sudah melewati proses crawling di SERP (Search Engine Result Page). Maka harus dipastikan website telah berhasil melewati proses crawling ini.

2. Kualitas Konten

Dampak website health juga berkaitan dengan kualitas konten sebagai salah satu faktor penentunya. Website yang berisi konten berkualitas tentu akan lebih mudah menarik pengunjung. Konten yang berkualitas adalah yang bisa menjawab permasalahan pengunjung dan pengunjung mendapatkan pengetahuan baru dari konten tersebut.

3. Keamanan Website

Keamanan website mempengaruhi kepercayaan pengunjung. Pengunjung yang merasa aman tentu tidak akan ragu mengakses website tersebut bahkan untuk berulang kali. Maka website harus memiliki keamanan yang bagus dengan sertifikat SSL dan protokol HTTPS. Keduanya akan melakukan pengamanan transmisi data antara server dan pengguna.

4. Mobile Friendly

Berbicara tentang dampak website health, pasti juga akan mengarah pada kecenderungan pengguna internet yang saat ini lebih banyak menggunakan perangkat mobile. Karena itu, website harus mobile friendly yang artinya mudah diakses dan responsif di perangkat mobile agar pengalaman pengguna lebih maksimal.

5. Struktur dan Navigasi Jelas

Selain mobile friendly, website juga harus memiliki struktur dan navigasi yang jelas. Hal ini berguna agar pengunjung dapat menemukan informasi dengan cepat dan efisien. Setiap halaman di website harus dilengkapi dengan heading, meta description dan tag. Struktur dan navigasi yang jelas juga akan membantu Google dalam melakukan crawl pada website.

Dampak Website Health bagi SEO dan Bisnis

Dampak website health secara langsung berpengaruh terhadap SEO. Hingga pada akhirnya, dampak tersebut juga menjadikan bisnis lebih berkembang dan maju. Dari sini, keuntungan bisnis akan semakin besar. Secara lebih detail, inilah penjelasan tentang pengaruh website health pada SEO dan bisnis.

1. Meningkatkan Peringkat SERP

Website yang sehat tentu akan lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi di halaman pencarian Google dibandingkan dengan website dengan kualitas rendah dan performa buruk. Saat sudah bisa berhasil mendapatkan peringkat atas di SERP, maka tidak sulit lagi untuk menarik lebih banyak pengunjung.

2. Meningkatkan User Experience

Tidak hanya dari Google, dampak website health juga akan membuat pengunjung lebih nyaman mengakses website. Dengan struktur dan navigasi yang jelas serta kecepatan loading yang bagus, maka pengalaman pengguna alias user experience akan meningkat. Pengalaman pengguna semakin meningkat saat konten yang tersedia sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Meningkatkan Penjualan

Dari meningkatnya peringkat di mesin pencarian internet dan semakin bagusnya pengalaman pengguna, dampak selanjutnya yaitu meningkatnya penjualan. Ketika website muncul di halaman pertama, itu akan menjadi rekomendasi utama bagi pengguna internet. Kemudian pengunjung yang merasa mendapatkan manfaat dari website tidak akan ragu melakukan pembelian.

5. Menciptakan Branding

Selain meningkatkan penjualan, dampak website health juga bermanfaat untuk membangun branding. Website yang sehat tidak hanya memiliki navigasi yang memudahkan, tapi juga punya tampilan yang profesional. Merek di balik website tersebut akan menjadi merek terkenal dan terpercaya.

Itulah penjelasan dengan apa itu website health hingga dampak website health bagi SEO dan bisnis. Anda tidak perlu repot bingung bagaimana mewujudkan website health untuk bisnis. Anda bisa mempercayakannya pada RajaSEO.

RajaSEO merupakan perusahaan digital marketing yang bekerja dengan memaksimalkan kualitas website. Dengan pemilihan kata kunci populer serta analisa website dari semua sisi, Anda akan mendapatkan website berkualitas untuk bisnis Anda.

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi