Manfaat Link Building & Cara penerapannya untuk Naikkan Traffic

Blog / Manfaat Link Building & Cara penerapannya untuk Naikkan Traffic
Manfaat Link Building & Cara penerapannya untuk Naikkan Traffic

Link building merupakan salah satu poin penting dalam pembuatan website karena dalam pengerjaan SEO, Anda tentu membutuhkan yang namanya link building. Manfaat Link building sendiri adalah strategi membangun backlink yang berguna untuk meningkatkan referal domain sebagai salah satu faktor penting untuk menaikkan peringkat dan ranking di mesin pencari. 

Link building terdiri dari dua jenis yaitu internal link building untuk membangun backward link dan juga eksternal link building untuk mencari backward link dari website luar. 

 

Manfaat Link Building

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika menerapkan link building pada website karena fitur ini merupakan salah satu strategi SEO. Berikut ini beberapa manfaat link building untuk website.

 

1. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Manfaat yang pertama, tentu saja link building dapat meningkatkan reputasi perusahaan karena Anda bisa menerapkan teknik ini pada elemen penulisan konten. Untuk link building yang Anda buat tentu butuh anchor teks yang menarik perhatian pengunjung. 

Anchor sendiri terdiri dari komposisi kalimat yang menarik dan unik, sehingga mengundang rasa ingin tahu para pengunjung. Namun saat pembuatan anchor pastikan menyelaraskan dengan citra perusahaan dengan kata kunci yang relevan pastinya. 

 

2. Menjalin Kerjasama

Link building juga bermanfaat sebagai cara untuk membangun backlink dengan situs dan blog luar. Biasanya teknik ini dengan menghubungi pemilik website ataupun blogger untuk membuat konten yang dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Kerjasama yang sehat tentu saja harus dibangun dengan kreator konten. Pastikan anda memilih blog dan blogger dengan reputasi yang bagus, untuk bisa menempatkan link perusahaan sesuai dengan kebutuhan SEO. 

 

3. Menjadi Strategi Promosi

Berikutnya manfaat link building adalah sebagai salah satu strategi promosi. Bisa dibilang penerapan link building untuk memastikan promosi bisa berjalan dengan baik dan tentunya, harus sesuai dengan kaidah SEO agar website Anda bisa bertahan lama di peringkat atas mesin pencari. 

Promosi dengan memanfaatkan link building juga harus benar-benar hati-hati dan harus profesional agar ranking di mesin pencari tidak turun karena Google melakukan update secara berkala untuk mengurangi skor peringkat situs web yang tidak layak.

 

4. Skor Website Meningkat

Backlink yang bagus dengan penerapan link building yang tepat tentu saja dapat meningkatkan skor situs. Website Anda bisa dengan cepat naik rankingnya di halaman pencari, karena Google akan melakukan indexing dan website anda akan berkesempatan muncul di mesin pencari untuk mendapatkan traffic. 

Saat traffic naik, secara otomatis berpengaruh pada peringkat ranking di mesin pencari. Maka dari itu link building jadi cara tepat untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan website bisnis. 

 

Penerapan Link Building

Setelah mengetahui apa saja manfaat link building, Anda juga harus paham cara penerapannya.

 

1. Mengunggah Konten Berkualitas

Salah satu komponen utama untuk membuat link building berhasil diterapkan adalah dengan mengunggah konten berkualitas yang berisi informasi bermanfaat bagi para pengunjung website. Konten yang bisa mendapatkan banyak backlink mulai dari panduan, infografis, galeri gambar dan masih banyak lagi.

Untuk menyajikan konten berkualitas maka Anda perlu juga melakukan riset kata kunci, menemukan judul yang menarik dan memasukkan link terkait. Setelah membuat konten yang berkualitas, maka Anda akan lebih mudah untuk menghubungkan website yang relevan dengan website anda.

 

2. Guest Blogging

Penerapan link building ini adalah di mana Anda menjadi tamu di website lain dengan menulis artikel yang diunggah pada website tersebut. Nanti Anda bisa menyisipkan link menuju website milik anda sendiri. Agar penerapan link building melalui guest blocking bisa tepat pastikan dia sebagai yang Anda pilih punya kualitas bagus bukan spammer

 

3. Sebarkan Konten di Komunitas Online

Selain menjadi tamu di blog lain, menerapkan link building bisa juga dengan menyebarkan konten anda di komunitas online. Namun pastikan pula komunitas online yang anda ikuti relevan dengan konten yang ada di blog. Atau Anda bisa memilih komunitas dengan ragam topik agar lebih mudah untuk sharing konten anda. Saat ini ada banyak pilihan platform media sosial yang dapat membantu anda untuk sharing berbagai konten.

 

4. Link Reclamation

Ini merupakan strategi untuk melakukan klaim link yang seharusnya memang menjadi hak Anda. Penerapan link building seperti ini ada beberapa macam, yang pertama yaitu link 404 di mana website lain yang memasang link ke website Anda namun link tersebut sudah tidak ada. Sehingga Anda bisa menghubungi pemilik website untuk mengganti link.

Kemudian yang kedua ada jenis mention tanpa link. Seseorang yang mention nama website namun tidak melampirkan tautan link ke website anda. Anda juga dapat menghubungi pemilik situs untuk memberikan backlink.

Sekarang tentu anda sudah tahu apa manfaat link building dan cara penerapannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan ranking website di halaman pertama Google. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan jasa SEO dengan RajaSEO.com. RajaSEO.com merupakan layanan jasa SEO dengan 3 layanan utama. 

Yang pertama, ada Website Audit yang membantu website Anda agar lebih mudah untuk naik peringkat ke halaman pertama Google. Ada pula layanan riset keyword untuk melakukan riset kata kunci lebih optimal dan yang ketiga ada backlink checker, di mana layanan ini membantu analisa backlink agar lebih mudah bersaing di mesin pencari. Informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi RajaSEO.com.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi