Simak Manfaat Breadcrumbs Untuk SEO Website

Blog / Simak Manfaat Breadcrumbs Untuk SEO Website
Simak Manfaat Breadcrumbs Untuk SEO Website

Pada sebuah website ada istilah yang dinamakan breadcrumbs. Ini merupakan sebuah navigasi dalam bentuk teks kecil yang isinya adalah link halaman website. Di mana manfaat breadcrumbs adalah menunjukkan di mana para pengguna berada dalam sebuah website. Breadcrumbs umumnya bisa Anda temukan pada bagian atas web ataupun di bagian bawah di bawah navigasi. 

Pengertian Breadcrumbs

Istilah breadcrumbs memiliki filosofi tersendiri yaitu dari remahan roti yang ada pada kisah Hansel and Gretel. Hansel dan Gretel menggunakan remahan roti sebagai cara untuk menemukan jalan ke rumah. Jadi bisa dibilang istilah breadcrumbs punya fungsi untuk membantu siapapun yang sedang mengakses halaman website bisa mengunjungi halaman website sebelumnya yang di klik. Cara kerja dari istilah ini juga sangat mudah yaitu tinggal meng-klik masing-masing dari link teks yang sudah tersedia. 

Breadcrumbs erat pula kaitannya dengan SEO. Dimana breadcrumbs sendiri punya banyak manfaat untuk SEO website. Anda bisa memanfaatkan plugin seperti Yoast pada Wordpress untuk memperbaiki optimasi website Anda di mesin pencari, misalnya dengan memanfaatkan CMS. Namun yang perlu diingat adalah saat Anda melakukan optimasi dengan breadcrumbs, maka situs web harus menghindari keyword stuffing. 

Manfaat Breadcrumbs pada Website

Setelah mengetahui apa itu breadcrumbs, berikut ini Anda juga wajib mengetahui apa saja manfaat breadcrumbs untuk website. 

1. Kurangi Bounce Rate

Bounce rate memang bukan faktor utama yang membuat peringkat website bisa naik atau turun. Namun perlu Anda ketahui bahwa tingkat bounce rate yang tinggi akan memberikan sinyal pada Google, bahwa website yang anda miliki punya masalah terhadap UX atau User Experience. Di sini peran dari breadcrumbs sebagai navigasi untuk membantu para user. 

Di mana jika para pengguna kesulitan untuk mengoperasikan halaman website Anda maka kemungkinan besar pengunjung untuk segera keluar dan beralih ke web lain. Disini berkat adanya navigasi breadcrumbs yang membuat para pengguna lebih mudah untuk menjelajah isi website dan informasi yang ada di dalamnya. Breadcrumbs juga punya peranan penting untuk membuat para pengguna bisa tertarik dengan halaman-halaman lain dan konten lainnya di website Anda.

2. Meningkatkan UX

UX atau User Experience membantu meningkatkan pengalaman pengguna karena memang navigasi ini menawarkan kemudahan saat pengguna membutuhkan info cepat, lewat website anda. Apakah anda merasa pernah tersesat saat mengunjungi sebuah website? Hal ini tidak akan terjadi lagi jika menggunakan navigasi breadcrumbs. 

Para pengguna tidak akan lagi merasa kebingungan jika mengunjungi website Anda sebab ada breadcrumbs yang sudah sangat membantu. Dengan navigasi ini maka para pengunjung website bahkan akan kembali datang untuk akses halaman website Anda sambil mencari-cari informasi yang dinilai informatif. 

3. Optimasi SEO

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari Google sangat menyukai breadcrumbs. Mengapa demikian? Alasannya karena dengan adanya breadcrumbs maka sangat membantu Google board saat proses crawling dan indexing. 

Crawler akan bekerja dengan identifikasi breadcrumbs menggunakan struktur untuk lebih mudah mengumpulkan informasi sebuah halaman website. Google juga akan menampilkan breadcrumbs di hasil SERP, ini untuk menunjukkan ke para pengguna ke halaman mana pengguna akan diarahkan saat mengklik hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google. Google menampilkan struktur breadcrumbs untuk memudahkan membuat kategori informasi dari halaman di hasil pencarian. 

Jenis-jenis Breadcrumbs

Setelah mengetahui apa manfaat breadcrumbs Anda juga perlu tahu jenis-jenis breadcrumbs. 

  • Hierarchy Based Breadcrumbs, merupakan jenis breadcrumbs paling populer basis hierarki. Di mana breadcrumbs satu ini akan memberitahu Anda di mana Anda berada pada struktur website dan berapa banyak langkah yang harus dilalui untuk menuju ke halaman utama website. 
  • Attribute Based Breadcrumbs, merupakan jenis breadcrumbs yang banyak dimanfaatkan pada website e-commerce. Breadcrumbs ini didasarkan pada nama atribut dari produk yang ada di website.
  • History Based Breadcrumbs, untuk breadcrumbs satu ini didasarkan pada urutan halaman yang Anda kunjungi di sebuah website. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu pengertian, manfaat breadcrumbs dan juga jenis-jenisnya. Selain breadcrumbs, tentu saja banyak hal lainnya yang mempengaruhi peringkat website pada mesin pencari. Untuk Anda yang ingin melakukan optimasi website jauh lebih efektif, maka bisa memanfaatkan layanan jasa SEO dari RajaSEO.com. RajaSEO.com memiliki tiga layanan utama untuk membantu optimasi SEO.

Yang pertama yaitu dengan Website Audit, di mana layanan ini membantu untuk menganalisa website Anda agar bisa naik rankingnya di mesin pencari. Ada pula layanan riset keyword untuk membantu mendapatkan kata kunci lebih efektif. Yang ketiga ada Backlink Checker dengan fungsi untuk menganalisa backlink agar bisa bersaing di mesin pencari. RajaSEO.com juga menawarkan layanan paket berdasarkan kebutuhan Anda dan juga budget yang dimiliki. Untuk informasi tentang seputar layanan dan jasa RajaSEO.com lebih lengkap maka anda bisa langsung kunjungi website resminya di RajaSEO.com. 

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi