Hindari Bad Backlink Yang Bisa Merusak Peringkat Google

Blog / Hindari Bad Backlink Yang Bisa Merusak Peringkat Google
Hindari Bad Backlink Yang Bisa Merusak Peringkat Google

Bad backlink atau toxic backlink adalah tautan yang buruk dan dapat menurunkan peringkat web Anda. Website berkualitas rendah yang ditandai dengan DA dan PA rendah, konten asal atau web yang membahas judi bisa dicurigai sebagai sumber link yang harus Anda hindari. 

Anda memerlukan backlink untuk meningkatkan visibilitas dan populer diantara pengunjung. Tapi, dengan tautan yang buruk, semua kerja keras Anda bisa hilang dengan cepat. Oleh karena itu Anda perlu mengenali ciri-ciri link yang buruk untuk bisa menghindarinya. 

Ciri – Ciri Bad Backlink Untuk Anda Hindari Sepenuhnya 

Anda ingin relevansi ketika mencari backlink. Web yang berada dalam niche yang sama dan membicarakan hal yang mirip. Kalau backlink terlalu jauh dengan identitas web Anda, maka fungsi backlink tersebut jadi tidak bermanfaat dan bahkan merugikan. 

Anda bisa melakukan disavow atau “blokir” semua link buruk tersebut. Pertahankan kualitas konten web dengan hanya memasang backlink bagus. Berikut adalah beberapa ciri bad backlink yang bisa Anda pelajari untuk selanjutnya tidak gunakan pada web. 

1. Over Optimized Anchor Text

Anchor text berupa link pada konten lain. Suatu hal yang bagus bila Anda memakai anchor text dalam artikel agar pengunjung bisa diarahkan pada halaman lainnya. Jika sebuah halaman memakai anchor text dengan kata kunci tertentu dalam jumlah banyak, hal tersebut bisa berdampak buruk. 

Pada metode link-building yang sehat, spamming link sangat dilarang. Performa web bisa turun drastis dan dapat mempengaruhi ranking website. Itulah sebabnya, tiap halaman hanya perlu kata kunci dan link yang dibuat sealami mungkin. 

2. Link Directory Spam

Link directory dapat meningkatkan performa web secara maksimal. Namun, bisa disalah gunakan sebagai wadah spammer dalam membangun tautan. Google telah meniadakan fitur ini karena hanya akan menurunkan kualitas web Anda. Jadi sebaiknya dihindari sepenuhnya. 

3. Spam Guest Blogging

Anda dapat meningkatkan trafik dengan menuliskan artikel dengan web lain. Guest blogging dapat jadi upaya efektif untuk memberikan efek positif pada web. Tapi bila konten dibuat dengan asal dan tidak ada konteks sama sekali, maka Anda melakukan spam guest blogging. 

Hati-hati dalam bekerjasama dengan blogger lain. Akan lebih bijaksana bila Anda bisa membaca artikel sebelum mempostingnya. Hindari memberikan akses blog atau web pada orang lain. Anda perlu menjaga kualitas web agar performanya selalu prima. 

3. Comment Spam

Anda ingin ada komentar pada artikel yang Anda buat. Tadi, tidak semua komentar benar-benar memberikan komentar pada isi konten yang terkait. Comment spam adalah praktik lama pemakaian bad backlink untuk mendatangkan trafik. 

Jangan biarkan komentar yang mengandung spam ada pada halaman web Anda. Kalau memungkiknan, coba buat fitur untuk dapat memblokir komentar yang terindikasi spam. Anda bisa memberikan otorisasi untuk komentar ada dalam artikel setelah mereviewnya. 

4. Paid Links

Paid link adalah link berbayar yang tujuannya untuk mendatangkan trafik. Tapi hal tersebut bisa disalahgunakan sebagai spamming dan merusak integritas web Anda. Optimasi konten perlu mengikuti pedoman yang tepat dan sesuai dengan panduan SEO (Search Engine Optimizer) 

Paid link dalam web bisa sama sekali tidak relevan dan bahkan bisa memicu salah persepsi. Anda bisa membuat artikel dengan judul clickbait kemudian membuat artikel yang sama sekali tidak relevan. Kemudian, ada link yang mengarahkan ke halaman lain tanpa kaitan sama sekali. 

5. Automated Link Building

Ini adalah layanan yang menjanjikan ribuan backlink dengan mudah dan cepat. Namun, bisa dipastikan kalau sebagian besar backlink yang dihasilkan punya kualitas rendah, tidak relevan, dan berasal dari website spam. 

6. Link dari Private Blog Network

Tautan dari Private Blog Network (PBN) kerap dianggap buruk karena melanggar kebijakan mesin penelusuran seperti Google. PBN adalah jaringan blog pribadi yang dimiliki individu atau kelompok untuk memanipulasi peringkat di halaman hasil pencarian.

Anda perlu backlink dari web yang kredibel dengan konten yang berkualitas. Oleh karena itu, selalu pelajari web sebelum melakukan kerjasama atau membiarkan ada tautan dari web Anda ke web mereka. 

Itulah beberapa contoh bad backlink yang bisa mempengaruhi peringkat web dalam halaman Google. Anda bisa mempelajari backlink buruk dan menghindarinya sama sekali. Backlink tidak selalu buruk, bahkan ada backlink berkualitas yang bisa mendukung trafik ke web Anda. 

Anda bisa menggunakan RajaSEO.com yang memahami seo untuk memberikan backlink berkualitas. Backlink yang bagus bisa mendukung web untuk mendapatkan trafik dengan peringkat tinggi di mesin penelusuran. 

Rajase memberikan konsultasi pada calon klien yang berminat dengan layanannya. Anda dapat mengunjungi situs resmi RajaSEO.com dan mengatur konsultasi untuk memikirkan layanan yang web Anda butuhkan. Dengan demikian, dukungan RajaSEO.com dapat mendukung web Anda tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi