Pengertian Duplikat Konten pada Website dan Cara Mengatasinya

Blog / Pengertian Duplikat Konten pada Website dan Cara Mengatasinya
Pengertian Duplikat Konten pada Website dan Cara Mengatasinya

Supaya website menempati rangking teratas di mesin pencarian, selain harus memuat konten berkualitas juga harus original tanpa unsur plagiat. Itulah mengapa duplikat konten pada website mampu membuat peringkat menurun. Meskipun masalah ini bisa saja terjadi tanpa kesengajaan. 

Anda sudah membuat konten original, tetapi justru pihak lain yang menduplikat dan menggunakan jasa black hat SEO. Sebuah cara yang mampu membuat kesan bahwa justru Anda yang menduplikat konten tersebut. Supaya terhindar dari kemungkinan ini, simak solusi berikut! 

 

Pengertian dan Tips Mengatasi Duplikat Konten pada Website 

Sebelum mengulas tips untuk mengatasinya, Anda harus paham terlebih dahulu dengan apa itu duplikat konten pada website. 

Duplikat konten adalah isi dari sebuah website yang serupa dengan milik website lainnya. Mengapa sampai terjadi duplikasi? Biasanya ini berhubungan dengan langkah optimasi website secara instan. Ketika tidak ada ide dalam membuat konten yang unik dan menarik, lantas mengambil cara dengan menduplikasi konten website lain. 

Langkah curang tersebut kerap dibantu oleh penyedia jasa black hat SEO. Mereka bisa memanipulasi tanggal posting agar tidak terlihat menduplikat justru menjadi 'korban' yang kontennya diduplikat pemilik konten sebenarnya. Dampak terburuknya, website Anda menurun peringkatnya, dan si 'peniru' justru menempati peringkat atas. 

Oleh karenanya, Anda harus menyimak dan memahami beberapa tips di bawah ini! Selain menghindari aksi duplikat konten pada website oleh pihak tidak bertanggung jawab, juga meminimalkan risiko kemiripan konten karena penyebab lainnya. 

1. Tools Cek Plagiarisme 

Solusi pertama untuk mengatasi penggandaan, peniruan atau duplikasi konten adalah menggunakan tools yang berfungsi mengecek plagiarisme. Saat ini ada banyak tools serupa yang bisa Anda gunakan secara gratis dan mudah. 

Dengan menggunakan tools tersebut akan menjaga keunikan dari konten yang Anda buat. Ketika terdapat kemiripan, maka akan muncul link website yang isinya mirip dengan konten milik Anda. 

Selain itu juga ada tools yang bisa menampilkan website yang menduplikat konten Anda yaitu Copyscape. Anda bisa menggunakan yang gratis maupun berbayar. Versi berbayar atau premium dari alat ini bisa mengecek hingga sepuluh ribu halaman di website. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan alamat website Anda maka secara otomatis tools ini akan memeriksa tingkat kemiripan konten dari website lain dengan milik Anda. Jika sudah muncul hasilnya dan terbukti ada yang menduplikat, Anda bisa memberi peringatan dengan menghubungi pemilik website penduplikat. 

2. Daftar dan Gunakan Logo DMCA

Sebagai proteksi atau perlindungan bagi konten Anda agar tidak diplagiat, bisa memanfaat DMCA. DMCA atau Digital Millennium Copyright Act merupakan peraturan terkait hak cipta atas konten digital yang sudah disahkan sejak 1998, di Amerika Serikat. 

Segala sesuatu mengenai penyalahgunaan konten digital, begitu juga tindakan duplikasi dilindungi oleh peraturan ini. Anda hanya perlu mendaftar untuk bisa mendapatkan logo DMCA yang nantinya disematkan pada website guna melindungi konten di dalamnya. Setiap halaman pada website Anda yang memiliki logo DMCA akan terlindungi hak ciptanya. Website lain pun akan berpikir ulang jika ingin menduplikat konten Anda. 

Hal itu dikarenakan, dengan adanya logo tersebut mereka paham jika Anda bisa melaporkan tindak duplikasi pada konten tersebut ke jalur hukum. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa menutup website yang dengan sengaja memplagiat konten Anda. Tentu saja hal ini akan menjadi momok tersendiri bagi mereka yang berniat menduplikasi. 

3. Memberi Identitas pada Konten

Solusi terakhir mencegah duplikat konten pada website adalah dengan memberikan identitas berupa watermark. Watermark merupakan logo atau tanda yang menjadi ciri khas identitas Anda. Umumnya watermark digunakan pada gambar, tetapi bisa juga untuk artikel atau jenis konten lainnya. 

Cara ini bisa sedikit menekan kemungkinan duplikasi konten. Meskipun terdengar sangat simple dan berkesan kurang efektif. Namun setidaknya, Anda bisa tahu ketika konten Anda yang digunakan oleh website lain. 

Apabila Anda ingin mengoptimalkan performa website sekaligus menghindari duplikat konten pada website, bisa menggunakan jasa SEO profesional dan terbaik yaitu RAJASEO.com. 

Dibantu oleh tim ahli serta berpengalaman di dalamnya, mereka akan memberikan berbagai saran sebagai langkah optimasi bagi website Anda. Tidak hanya itu, mereka juga akan membantu mengecek performa website, sehingga bisa menentukan langkah paling tepat guna meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. 

Dengan menggunakan jasa dari RAJASEO.com, Anda akan lebih mudah menghasilkan konten berkualitas anti plagiarisme dengan keyword populer dan banyak dicari. Dengan begitu, website akan lebih mudah untuk bisa menempati peringkat atas pencarian dan muncul di first page yang direkomendasikan. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi