Tingkatkan Jumlah Traffic, Gunakan Teknik Meta Description SEO

Blog / Tingkatkan Jumlah Traffic, Gunakan Teknik Meta Description SEO
Tingkatkan Jumlah Traffic, Gunakan Teknik Meta Description SEO

Sebagai seorang blogger khususnya yang menjadikan website sebagai ladang bisnis wajib memahami teknik SEO secara menyeluruh. Salah satu hal terpenting yang kadang dilewatkan adalah membuat meta description SEO. Nyatanya konsep meta description ini adalah sebuah langkah untuk memastikan agar calon pengunjung tertarik mengklik konten Anda.

Bisa dibilang meta description sama pentingnya dengan penggunaan judul. Pasalnya meta description akan mendeskripsikan konten sehingga Anda tidak bisa hanya mengandalkan judul yang menarik saja. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Meta Deskripsi

Sesuai dengan namanya, meta tag adalah tulisan deskripsi yang ditampilkan pada halaman-halaman hasil pencarian di search engine, nah meta description ini termasuk bagian meta tag. Pasalnya meta tag terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu meta description, meta title, dan meta keyword. 

Sedangkan meta description adalah cuplikan atau preview konten dengan panjang sekitar 155 karakter. Nantinya mesin pencari menampilkan meta description tersebut di hasil pencarian. Sehingga memaksimalkan meta description sangat penting bagi SEO dalam sebuah halaman web.

Secara garis besar, fungsi meta description di halaman web adalah agar membuat calon pembaca yang melakukan pencarian di Google mengklik postingan Anda. Meta description didesain khusus untuk menghasilkan CTR blog Anda dari mesin pencari. Meta description juga memungkinkan konten Anda lebih mudah di optimasi serta muncul di halaman utama. 

3 Fungsi Meta Description SEO

Tidak hanya manfaat meta description SEO secara garis besarnya saja, tapi Anda pun harus tahu efek positif penggunaan meta description ini secara lengkap. Lalu apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ketahui melalui pembahasan berikut. 

Meningkatkan Relevansi Konten

Meta deskripsi tersebut menunjukkan bahwa isi konten artikel yang diunggah membahas topik yang sedang dicari karena ada kalimat kata kunci di dalamnya. Dengan begitu, meta description akan membantu meningkatkan relevansi konten.

Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Fungsi meta description SEO sebenarnya hampir sama dengan judul. Pasalnya kadang saat mencari topik di mesin pencari, hal pertama yang akan dibaca adalah judul konten dan juga meta deskripsi. Sehingga deskripsi tersebutlah yang juga akan mengundang banyak pengunjung. 

Mempromosikan Konten di Media Sosial

Tidak hanya berguna untuk sebuah konten website saja, faktanya meta description juga bisa muncul pada postingan-postingan di platform media sosial seperti tampilan meta description di Facebook sehingga efektif bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan pembaca ke media sosial. 

Tips Membuat Meta Description yang Sesuai Kaidah SEO

Meta description memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap SEO atau Search Engine Optimization. Namun jumlah klik CTR menjadi salah satu faktor penting untuk menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari. Jadi penggunaannya tetap harus diperhatikan dengan melakukan sejumlah cara membuat meta description berikut ini 

Mengandung CTA

Meta deskripsi yang bagus haruslah mengandung CTA atau Call to Action. Deskripsi tersebut haruslah menjadi bagian dari perjalanan audiens dalam membaca postingan Anda sehingga gunakan bahasa yang dapat memandu pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.

Tambahkan Keyword yang Ditargetkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meta description sebaiknya disertai dengan kata kunci yang ditargetkan. Tujuannya agar terbaca oleh mesin pencari. Biasanya search engine akan menyoroti keyword dalam hasil pencarian yang cocok dengan menebalkan kata-kata tersebut jadi akan memudahkan audiens dalam melihatnya.

Panjang Rata-ratanya Sampai 155 Karakter

Lalu berapa jumlah karakter meta description SEO? Ternyata tidak ada panjang khusus dalam pembuatan meta description karena bergantung pada pesan yang ingin Anda sampaikan. Namun umumnya meta description memiliki panjang hingga 155 karakter.

Sebutkan Manfaat Konten 

Jangan lupa jelaskan manfaat atau solusi yang akan didapat pengguna dari membaca konten Anda. Deskripsi tersebut harus fokus menyampaikan solusi agar pengguna pun mau mengklik konten Anda dan yang pasti harus sesuai dengan artikel keseluruhan.

Buat Deskripsi yang Unik

Buatlah meta description SEO yang unik dan orisinil. Pasalnya kalau meta description tersebut sama dengan konten di halaman lain, maka pengguna pun akan menganggap kalau konten Anda sama dengan kompetitor. Akan lebih baik membiarkan deskripsi kosong daripada hasil plagiat. 

Nah supaya bisnis blogging Anda semakin berkembang, maksimalkan website tersebut dengan layanan RAJASEO.com yang siap membantu Anda dalam banyak hal terkait optimasi SEO. RAJASEO.com akan meningkatkan traffic website sekaligus memandu pembuatan meta description yang sesuai. 

Teknik SEO yang digunakan pun up to date sesuai dengan perubahan algoritma Google jadi halaman website Anda bisa mendominasi mesin pencarian. RAJASEO.com berpengalaman membuat sebuah blog menjadi SEO friendly, jadi ayo segera gunakan layanannya agar bisa menghasilkan meta description SEO. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi