Cara Kerja White Hat SEO dan Strategi Penerapannya

Blog / Cara Kerja White Hat SEO dan Strategi Penerapannya
Cara Kerja White Hat SEO dan Strategi Penerapannya

White hat SEO merupakan sebuah teknik atau strategi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Teknik ini menggunakan cara yang sesuai dengan pedoman dan kebijakan yang ditetapkan oleh mesin pencari tersebut. 

Istilah "white hat" sendiri mengacu pada praktik yang disukai dan sah dalam upaya meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web secara organik. Teknik-teknik white hat sendiri berfokus pada pengoptimalan konten dan pengalaman pengguna. 

Selain itu, tekniknya juga mengikuti pedoman webmaster yang diberikan oleh mesin pencari seperti Google. Tujuannya adalah untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin pencari secara berkelanjutan, dengan memperhatikan integritas dan kepentingan pengguna. 

Inilah Cara Kerja White Hat SEO dan Strateginya

Inti dari penerapan SEO white hat adalah dengan mengoptimasi berdasarkan anjuran menghindari praktik larangan yang tertulis dari Google Guideline maupun aturan dari Webmaster. Namun disamping itu, Anda juga tidak bisa begitu saja mengesampingkan algoritma mesin pencari. 

Supaya disukai Google, website Anda haruslah menerapkan teknik white hat SEO dengan cara kerja berikut. 

1. Riset Kata Kunci

Melakukan penelitian atau riset keyword yang tepat untuk menemukan kata kunci yang relevan dan populer. Pastikan memilih kata kunci yang berkaitan dengan bisnis atau topik situs web Anda. Teknik ini akan sangat membantu Anda mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang sesuai.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, penting bagi Anda mengenali target pasar untuk memilih niche keyword dan menentukan prioritas kata kunci berdasarkan kebutuhan. Selain itu, Anda juga perlu fokus pada pencarian long tail dan menggunakan tools riset keyword sebagai langkah optimasi.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan kata kunci"“sepeda anak". Tentu akan cukup jelas dipahami dibandingkan Anda menggunakan kata kunci "sepeda" yang lebih luas jangkauannya. Hal ini akan membuat pengunjung lebih tertarget sehingga membuat kata kunci yang Anda pakai lebih relevan.

2. Konten Berkualitas

Selanjutnya, buat dan optimalkan konten yang berkualitas tinggi, informatif, dan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Konten yang baik dan sesuai akan membantu menarik pengunjung dan mendapatkan backlink alami. Misalnya saja bila Anda memiliki website dengan niche olahraga, buat backlink dari atau ke web yang serupa. 

Hindari membuat backlink dengan website yang berbeda, misalnya website teknologi, otomotif, fashion, keuangan, dan website yang tidak serupa lainnya. Elemen kunci terkait teknik ini adalah algoritma PageRank yang akan memperhitungkan kualitas dan juga kuantitas link yang akan mengarah ke website Anda. 

Terdapat beberapa faktor utama yang berpengaruh pada PageRank, diantaranya jumlah backlink dan kualitas (PageRank) dari web yang menautkan halaman Anda. Dengan kata lain, semakin banyak backlink dari halaman website yang berkualitas, maka akan makin tinggi pula kemungkinan Google menganggap halaman web Anda sebagai halaman yang berkualitas.

3. Relevansi Halaman

Algoritma mesin pencari Google adalah akan menemukan halaman website yang memiliki relevansi berdasarkan kata kunci yang pengunjung cari. Dengan kata lain, mesin pencari Google akan menampilkan berbagai daftar halaman website yang memiliki informasi atau mampu menjawab pertanyaan para pengunjung. 

Jadi, semakin jelas kata kunci yang Anda gunakan dalam pembuatan konten, maka halaman yang akan muncul di mesin pencari juga semakin relevan. Maka dari itu, pastikan Anda membuat halaman web yang relevan sesuai konsep website dan juga niche konten yang dibuat. 

Hal ini erat kaitannya untuk memastikan user intent pengguna bisa sesuai yang mereka harapkan. User intent sendiri merupakan sebuah upaya dengan menyajikan hasil mesin pencarian yang sesuai dengan apa yang pengguna search engine harapkan. 

Menerapkan SEO dengan teknik white hat, memang menjadi sebuah aturan supaya bisa disukai Google. Tapi bila melihat cara kerja optimasinya, seringkali hal ini memberikan kerumitan. Tidak mengherankan, bila kesulitan persaingan antar website inilah yang seringkali membuat pemilik website menggunakan cara-cara curang dan manipulatif.

Meski strategi ini tidaklah dibenarkan. Cara ini biasa disebut dengan black hat SEO, yang alih-alih akan meningkatkan peringkat dari situs, justru akan membuatnya terkena deindex dari Google. Padahal, daripada memakai cara yang tidak sejalan dengan Google, Anda bisa menggunakan RAJASEO. 

Penyedia jasa SEO di Jakarta ini bekerja untuk membantu mengoptimasi situs Anda dengan cara yang benar dan natural. Strategi yang digunakan dalam optimasi SEO ini didasarkan pada praktik-praktik yang diizinkan dan juga disetujui oleh mesin pencari Google. 

Teknik yang diterapkan juga telah mematuhi pedoman dan kebijakannya. RAJASEO menghadirkan layanan yang didukung kinerjanya oleh para pakar SEO dalam membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas website Anda dalam hasil pencarian secara organik. Jadi, percayakan optimasi white hat SEO Anda bersama RAJASEO!

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi