Cara Sukses Analisis Pesaing dalam Strategi SEO

Blog / Cara Sukses Analisis Pesaing dalam Strategi SEO
Cara Sukses Analisis Pesaing dalam Strategi SEO

Strategi SEO memiliki peran penting terhadap pemasaran digital secara keseluruhan sehingga dapat meningkatkan visibilitas situs. Melakukan analisis pesaing SEO dapat membantu mengetahui kinerja pesaing serta menambah wawasan terkait cara meningkatkan taktik SEO.

Dalam dunia bisnis, melakukan analisa persaingan tergolong hal yang wajar untuk lebih mengenal pesaing. Oleh karena itu, penggunaan strategi yang tepat dan kuat sangat penting agar lebih mudah mengalahkan pesaing.

6 Cara Melakukan Analisis Pesaing SEO dengan Tepat

Apa itu analisis pesaing? Mungkin masih banyak orang yang tidak paham dengan pengertian dan cara melakukannya dengan tepat. Analisa pesaing SEO adalah suatu proses untuk menemukan kekuatan dan kelemahan pesaing menggunakan taktik SEO.

Dengan cara melakukan pemantauan serta pemeriksaan strategi yang pesaing gunakan agar Anda lebih mudah menentukan strategi. Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Identifikasi Pesaing

Sebenarnya melakukan analisis pesaing SEO tidak mudah lantaran ada banyak hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan agar tidak salah langkah. Tidak semua orang bisa langsung mengetahui terkait siapa dan bagaimana pesaingnya saat ini.

Oleh karena itu, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan identifikasi pesaing terlebih dahulu. Namun sebelumnya, kenali pelanggan sendiri serta gunakan alat SEO yang berbeda untuk membantu menentukan pesaing utama.

Selain menggunakan alat SEO insting dan pengetahuan juga berguna untuk membuat daftar pesaing secara lengkap. Dengan begitu Anda bisa melihat halaman dan mencari tahu siapa pemilik kata kunci terbanyak atau sebagai pesaing utama.

2. Analisis Kesenjangan Kata Kunci

Dalam strategi SEO penggunaan kata kunci memiliki peran yang sangat penting untuk membuat konten mendapat peringkat teratas. Kata kunci merupakan kata serta istilah spesifik yang orang-orang gunakan dalam mesin pencarian.

Kata kunci memiliki peran yang tidak kalah penting dalam analisis pesaing SEO sehingga bisa melacak posisi pesaing. Tentu saja, Anda juga bisa melacak posisi atau rangking kata kunci sendiri sehingga lebih fokus membuat konten baru yang lebih berkualitas.

Caranya dengan melakukan identifikasi kata kunci dan menutup celah guna menunjukkan bahkan Anda lebih otoritatif pada mesin penelusuran. Hal tersebut memungkinkan Anda bisa mengungguli pesaing dan berada pada peringkat di atas pesaing.

3. Analisis Halaman

Bagaimana cara melakukan analisa pesaing? Sebenarnya melakukan analisa pesaing bukan hal sulit namun juga tidak mudah. Ada beberapa taktik yang perlu Anda lakukan serta perhatikan agar strategi lebih kuat dan berhasil.

Membuat konten menarik dan berkualitas tidak akan cukup tanpa mengenal pesaing utama terlebih dahulu. Sehingga Anda perlu mengidentifikasi serta mencari tahu lebih banyak terkait pesaing utama guna menentukan strategi.

Selain itu, Anda juga harus melakukan analisa halaman atau menelusuri setiap halaman pesaing serta memperhatikan faktor yang mempengaruhi. Dengan begitu, Anda bisa lebih jelas melihat pesaing yang berada di atas untuk membandingkannya secara langsung.

4. Temukan Kelemahan dan Kekuatan Pesaing

Sudah banyak pebisnis yang melakukan analisis pesaing SEO agar bisnis dapat berjalan lancar dan terus berkembang. Bahkan analisa pesaing ini juga bisa Anda lakukan dalam menerapkan strategi SEO sehingga lebih kuat.

Tidak hanya melakukan identifikasi pesaing dan melakukan analisis halaman saja untuk melakukan analisa pesaing. Namun, Anda juga perlu mencari tahu terkait kelemahan dan kekuatan pesaing utama.

Tentunya setiap industri memiliki kelemahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan peluang. Pasalnya, setiap area yang memiliki kekuatan, pasti juga memiliki kelemahan tetapi sebelumnya Anda harus memeriksa merek sendiri.

5. Cek Backlink

Hal yang tidak kalah penting dalam strategi SEO adalah penggunaan backlink agar lebih mudah meningkatkan visibilitas. Sebagian besar web yang sukses pastinya sudah menggunakan backlink terbaik dan berkualitas.

Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan backlink dalam konten serta letaknya. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa strategi backlink pesaing saat melakukan analisis pesaing.

Caranya dengan mengamati kembali halaman pesaing dan melihat strategi backlink yang pesaing gunakan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya pada konten untuk memperoleh hasil yang sama.

6. Periksa Kategori Konten

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam analisis pesaing? Tidak jarang masih banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Dalam melakukan analisa pesaing tidak hanya perihal menentukan strategi yang kuat dan tepat saja.

Ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan agar strategi lebih berhasil, yaitu periksa kategori konten. Kesalahan dalam menentukan kategori dapat mempengaruhi peringkat konten sehingga pastikan konten berada di kategori yang tepat.

Demikian beberapa cara analisis pesaing SEO yang bisa Anda lakukan untuk mengalahkan pesaing utama. Apabila Anda merasa kesulitan dalam melakukan analisis, sebaiknya menggunakan jasa profesional untuk membantu Anda. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah RajaSEO.com. 

RajaSEO.com sudah berpengalaman dalam digital marketing. Anda akan dibantu untuk memaksimalkan website termasuk melakukan analisis pesaing. Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan RajaSEO.com karena sudah terbukti memberikan hasil yang memuaskan.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi