Pentingnya Long Tail Keyword dalam Artikel yang Harus Diperhatikan

Blog / Pentingnya Long Tail Keyword dalam Artikel yang Harus Diperhatikan
Pentingnya Long Tail Keyword dalam Artikel yang Harus Diperhatikan

Jangan hanya fokus pada keyword atau kata kunci utama yang Anda gunakan saat membuat konten artikel saja, tapi Anda pun harus tahu jenis-jenis keyword lain. Salah satu yang paling penting adalah long tail keyword. Nah, tahukah Anda apa itu kata kunci jenis ini?

Secara sederhana, jika keyword biasanya hanya terdiri dari 1 atau 2 kata saja, maka kata kunci long tail adalah keyword yang bisa terdiri dari 3 kata atau bahkan lebih. Inilah kenapa jenis keyword yang satu ini disebut long tail. Penggunaannya pun akan membantu artikel yang terunggah bisa ditemukan oleh audiens dengan mudah.

 

Apa itu Long Tail Keyword?

Faktanya manfaat keyword dalam sebuah konten atau artikel website memang berguna untuk memaksimalkan SEO sehingga dapat muncul di halaman utama search engine. Kata kunci tersebut terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah long tail keyword.

 

Long tail keyword adalah sebuah kata pencarian atau topik yang biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kata. Jenis kata kunci tersebut relatif spesifik terkait topik yang dicari oleh audiens. Walaupun volumenya tidak terlalu tinggi, tapi keyword ini pun bisa menjadi cara efektif meningkatkan konversi dalam jangka panjang.

 

Frekuensi pencarian kata kunci long tail ini cenderung rendah dan persaingannya tidak ketat. Artinya, dengan penggunaan kata kunci long tail dapat membantu meningkatkan ranking pada Google SERP bagi website Anda karena beberapa audiens mungkin mencari kata kunci yang lebih spesifik. Biasanya long tail keyword digunakan untuk website bisnis, jual-beli, atau tutorial. 

 

Karakteristik Long Tail Keyword yang Baik

Mengetahui pengertian long tail keyword saja tidak cukup. Pasalnya teknik yang satu ini termasuk ke dalam kaidah SEO yang perlu dipelajari secara mendalam. Oleh karena itu, mari ketahui apa saja karakteristik kata kunci long tail berikut ini!

 

Volume pencarian cenderung rendah karena kata kunci ini lebih spesifik dan tidak banyak orang yang mencarinya secara online. 

  • Terdiri dari 3-5 kata yang membahas sebuah topik secara detail. 
  • Persaingan rendah karena popularitas keyword yang rendah juga. 
  • Tingkat konversi tinggi yang disebabkan karena hasil penelusurannya sangat menjawab pertanyaan audiens. 

 

6 Manfaat Long Tail Keyword dalam Artikel 

Long tail keyword adalah sebuah kata kunci yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan pengguna secara lebih detail. Tidak hanya itu saja, jenis kata kunci yang satu ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Diantaranya adalah:

 

1. Mengoptimalkan Strategi Blog

Tahukah Anda, ternyata salah satu strategi meningkatkan peringkat situs adalah dengan membuat artikel SEO yang menerapkan kata kunci long tail ini. Buatlah konten yang mampu menjawab kebutuhan pencarian kata kunci pengguna dan tentunya traffic pun akan meningkat.

 

2. Memberi Peringkat Untuk Short Tail Keyword

Dalam kata kunci long tail pasti sudah termasuk short tail keyword juga. Hal tersebutlah yang akan membantu Anda dalam memberikan ranking pada Google, baik itu untuk long tail ataupun short tail keyword. Manfaatnya dapat membuat lebih banyak trafik organik yang datang ke website Anda.

 

3. Membantu Personalisasi Konten

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa long tail keyword terdiri dari 2 atau bahkan 5 kata yang berisi deskripsi terkait pertanyaan atau hal-hal yang sering dicari pengguna. Sehingga kata kunci long tail tersebut mampu membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan kategori perusahaan sekaligus meningkatkan penjualan produk.

 

4. Menyiapkan Kemungkinan Tren Masa Depan

Long tail keyword bersifat lebih komunikatif yang menjadi unsur penting dalam strategi SEO. Apalagi kini algoritma search engine terbaru Google memungkinkan pemrosesan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP). Sistem tersebut lebih memprioritaskan hasil yang menyertakan kata kunci long tail di dalamnya. 

 

5. Meningkatkan Conversion Rate

Karena merupakan kata kunci yang spesifik, maka kebanyakan audiens yang mencari kata kunci ini biasanya siap melakukan pembelian. Ketika pengguna mencari contoh long tail keyword, mereka akan langsung mengkliknya serta mulai mencari tahu sehingga muncul peluang penjualan produk. 

 

6. Bantuan dari Google Analytics

Riset untuk menemukan kata kunci ini ternyata tidak serumit itu karena mungkin ada yang berasal langsung dari layanan analisis web seperti Google Analytics. Anda pun bisa mengkombinasikannya dengan Google Search Console untuk melihat kinerja kata kunci ekor panjang mulai dari volume penelusuran hingga rasio konversi.

 

Nah kini tidak perlu khawatir lagi jika long tail keyword yang digunakan belum sesuai kaidah SEO. Anda bisa langsung menggunakan layanan dari RAJASEO.com yang siap membantu segala permasalahan terkait website agar SEO friendly. RAJASEO.com juga mampu membantu Anda mengaplikasikan kata kunci long tail secara spesifik. 

 

RAJASEO.com sebagai layanan konsultasi di bidang SEO akan melayani setiap kebutuhan Anda mulai dari memperbaiki ranking dan traffic website, menaikan pageview, dan memperkecil bounce rate. Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan RAJASEO.com dan manfaatkan long tail keyword sekarang juga!

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi