5+ Ciri Ciri Website User Friendly yang Memikat Pengunjung

Blog / 5+ Ciri Ciri Website User Friendly yang Memikat Pengunjung
5+ Ciri Ciri Website User Friendly yang Memikat Pengunjung

Website user friendly akan membantu Anda meningkatkan traffic pengunjung. Karena dengan website yang baik, pengunjung akan merasa nyaman untuk menjelajahi informasi di dalamnya. Apalagi jika tampilannya sangat mendukung.

Bagi pemilik blog yang merasa belum user friendly, maka bisa coba dengan mengganti tampilan agar terlihat lebih ramah pengguna. Tujuannya bisa menjadi pemikat di awal pengunjung membuka website.

Memiliki website yang sangat user friendly sendiri akan memberikan Anda banyak sekali keuntungan. Mulai dari membawa pengaruh rankin pada mesin pencari, hingga meningkatkan pengalaman pengguna, loh.

Ciri Ciri Website User Friendly

Masih bingung seperti apa sih ciri ciri dari website user friendly? Anda bisa cek ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Memiliki Nama Domain yang Tidak Susah Diingat

Jika Anda serius dalam membangun website, maka pikirkan sejak Anda memilih nama domain. Karena domain sangat berpengaruh besar terhadap kemudahan akses pengunjung pada sebuah website.

Tentunya nama domain juga harus Anda sesuaikan dengan niche website. Tujuannya agar pengunjung lebih mudah menemukan informasi dengan cepat dan mudah. Apalagi jika pilihan nama yang Anda ambil unik dan memikat pengunjung.

2. Memiliki Akses yang Mudah

Hampir 95% pengunjung akan meninggalkan website dengan kecepatan akses yang rendah. Sehingga, ciri dari website user friendly adalah memiliki akses yang mudah. Anda bisa mengeceknya secara berkala uptime website.

Biasanya sebelum membangun sebuah website, seseorang akan menggunakan hosting dengan jaminan uptime yang tinggi. Sehingga website sangat ramah dan nyaman untuk pengguna.

3. Struktur Website Sangat Jelas

Tidak boleh Anda abaikan begitu saja, struktur website juga memiliki peranan penting dalam membantu pengunjung menjelajahi situs, loh. Untuk itu, susun konten secara terstruktur mulai dari kategori maupun sub-kategori.

Anda bisa menyesuaikannya berdasarkan kelompok terpilih. Misalkan dalam situs kecantikan, Anda bisa menyesuaikan sub-kategori Skincare, Body Care, Hair Care, dan beberapa pembahasan lainnya.

4. Website dengan Link yang Mudah Dikenali

Jika Anda merupakan pemain lama dari sebuah blog, maka bukan rahasia lagi jika link memainkan peranan besar dalam website user friendly. Pasalnya, sudah menjadi satu paket antara struktur dan navigasi web.

Link pada website sendiri digunakan untuk membantu pengunjung mengarah pada konten lain di dalam blog (internet linking). Selain itu, link juga biasa dipakai untuk menambahkan relevansi konten melalui backlink.

Biasanya format umum yang digunakan untuk membuat link ini seperti anchor text dalam bentu kata kunci, pakai warna mencolok atau format (tebal), dan juga anchor text yang memiliki underline atau garis bawah.

5. Judul dan URL yang Unik

Dalam sebuah konten, judul yang SEO juga bisa meningkatkan user-friendly dalam sebuah website, loh. Karena keduanya sendiri memiliki hubungan yang signifikan sehingga judul dapat mewakili isi konten dengan tepat.

Cara paling mudah untuk menerapkannya dengan meletakkan kata kunci pada judul konten, setelah itu bisa menambahkan beberapa kalimat penjelas. Pemilihan judul konten harus berdasar dan tidak boleh membohongi pembaca.

Selain judul, Anda juga perlu mengatur URL akan menjadi website user friendly. Ciri URL yang baik ini biasanya dibuat singkat dan memuat kata kunci utama. Contohnya seperti domainwebsite.com/blog/website-user-friendly/

6. Konten Terstruktur dan Rapi

Membangun website agar user-friendly dan mampu meningkatkan pengunjung setiap harinya, maka perlu diimbangi dengan konten berkualitas. Salah satu cara dasar yang bisa Anda terapkan yaitu dengan membuat konten yang menyajikan informasi secara runtut dan rapi.

Secara umum, informasi konten biasanya dibuat dengan model piramida terbaik. Konsepnya menyajikan informasi penting di awal tulisan, setelah itu diikuti dengan detail pendukung.

Tujuannya agar pembaca bisa menangkap intisari konten sehingga tidak terjadi masalah apabila pengunjung tidak menyelesaikan bacaannya. Selain itu, atur juga desain penempatan konten agar pengunjung lebih nyaman saat membacanya.

7. Skema Warna yang Pas

Ciri terakhir dari sebuah website yang sangat user-friendly adalah memiliki aspek warna yang pas. Kombinasi yang tepat tentu saja dapat membuat pengalaman akses website lebih nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung.

Biasanya, website professional lebih dominan memilih warna putih. Hal ini didasarkan pada penelitian SEO bahwa white space dana meningkatkan reputasi dan kepercayaan sebuah informasi yang diberikan.

Selain itu, desain putih juga bisa membuat informasi yang disajikan lebih menonjol. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan jelas dari konten yang disajikan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ciri dari website user friendly. Anda pasti menginginkan blog pribadi ramai pengunjung, kan? Untuk itu jadikan website memiliki nilai lebih dan membuat pengunjung nyaman menjelajahi informasi dari blog.

Salah satu caranya dengan membuat konten berkualitas dengan keyword yang potensial. Apabila Anda tidak bisa mencari keyword potensial yang dibutuhkan oleh pembaca, maka bisa menggunakan jasa SEO sebagai alternatif.

Layanan research keyword terbaik dan analisis potensi website secara berkala biasa ditangani oleh jasa professional dari Rajaseo.com. Tidak hanya memberikan pelayanan terbaik, Rajaseo.com juga mendukung Blogger untuk terus berkembang dengan memberikan fasilitas biaya terjangkau di tiap layanannya, loh.

Jadi, tunggu apalagi. Segera manfaatkan layanan jasa dari Rajaseo.com agar website Anda dapat bekerja secara optimal dan menjadi user-friendly.

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi