Manfaat Sitemap Google Untuk Mendatangkan Trafik

Blog / Manfaat Sitemap Google Untuk Mendatangkan Trafik
Manfaat Sitemap Google Untuk Mendatangkan Trafik

Sitemap Google berlaku sebagai peta yang memberikan arahan pada mesin penelusuran untuk menemukan halaman penting pada web. Sitemap adalah file dengan URL dari semua halaman penting yang ada. Anda membutuhkannya untuk optimasi web dengan efektif. 

Cara Kerja Sitemap Google 

Mesin penelusuran seperti Google memiliki panduan tersendiri dengan algoritmanya. Jadi web tahu apa yang perlu dilakukan untuk mendapat perhatian Google. Mesin penelusuran ini tidak bekerja sendirian. 

Ada crawl dan index yang membantu untuk menemukan halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang pengguna pakai. Berikut adalah ringkasan mengenai cara kerja Google yang bisa mempengaruhi kepopuleran web Anda. 

1.Crawling

Ini adalah bit dari Google memiliki bot atau mesin pintar yang disebut dengan spiders. Tugas spiders adalah memindai konten dari halaman secara berkesinambungan. Kemudian, halaman tersebut disimpan. Proses ini disebut crawling.

2.Indexing

Bot juga memiliki kemampuan untuk mengkategorikan halaman sesuai dengan topik tertentu. Lalu halaman disimpan pada index raksasa milik Google. Proses ini disebut sebagai indexing. Jadi, semua data tersusun rapi dengan berbagai elemen yang jadi penentu.

3. Kata Kunci

Saat Anda memakai mesin penelusuran seperti Google, data yang dipakai bukan yang tersedia secara real time. Google mencari web dengan kata kunci relevan dengan keyword yang ada pada index. Baru hasil dimunculkan pada halaman mesin penelusuran. 

Itulah alasannya mengapa pencarian Google tidak membutuhkan waktu lama. Semua data sudah dikategorikan dan tersimpan rapi. Ketika ada yang mencari suatu kata, data bisa diambil dengan cepat bahkan hanya sepersekian detik saja.

Kalau web Anda belum berada di halaman pertama sesuai kata kunci tertentu, mungkin sulit dijangkau oleh crawler, tidak masuk index Google dan belum pas kata kuncinya. Ini sebabnya pemakaian sitemap dengan bantuan crawler akan bisa merubah situasi jadi lebih kondusif. 

Manfaat Menggunakan Sitemap Google

Kalau ingin web Anda jadi populer dan dikunjungi banyak orang, mulailah dengan membuat web yang rapi. Semakin mudah Goolge memahami web Anda maka akan lebih mudah untuk mendapat peringkat berdasarkan kata kunci target. Anda jadi bisa menciptakan lalu lintas pada web secara efektif. Berikut adalah berbagai manfaat memakai sitemap Google pada web.

1.Lebih Cepat Terindex oleh Crawler.

Google mengindex halaman tidak setiap hari. Ada jadwal tertentu untuk crawl menemukan web sesuai dengan kata kunci yang relevan. Dengan adanya sitemap, Anda membantu menemukan halaman web baru. Kemudian menginputnya dalam index lebih cepat. 

2.Mempertahankan Performa Terbaik

Anda perlu sering melakukan memperbarui halaman pada situs untuk menemukan adalah perubahan yang signifikan. Nama web Anda bisa tidak ada selama berhari-hari dan tiba-tiba terindex dan berada dihalaman pertama. 

Anda bisa merevisi halaman yang performanya kurang bagus, Selain itu juga mempertahankan kualitas halaman yang sudah terindex. Proses crawling dan indexing akan lebih efisien kalau web Anda memiliki sitemap. Anda pun bisa memperlihatkan pada orang kalau ada versi pembaruan bernilai tinggi dari web Anda.

3.Membantu Crawler Menemukan Orphan Page

Orphan page adalah halaman web yang tidak terhubung dengan halaman lain. Pengunjung perlu URL untuk bisa memasuki halaman tersebut. Orphan Page sulit dijangkau crawler jadinya. Dengan membuat sitemap maka halaman tersebut jadi lebih mudah ditemukan Google.

4.Membedakan Halaman Duplikat

Web bisa memiliki dua halaman yang sama mungkin dengan modifikasi tertentu. Ini adalah halaman duplikat yang dapat membuat Google bingung dengan versi yang aslinya. Dengan adanya sitemap, Anda memakai canonical tag agar bisa membedakan antara halaman asli dan duplikat. 

5.Memudahkan Navigasi

Sitemap Google membuat segala sesuatu jadi lebih mudah dan terorganisir. Pengunjung jadi bisa lebih mudah bernavigasi dalam web. Semua konten dapat dilihat pada satu halaman dan keterbacaan halaman jadi kian tinggi.

Melalui sitemap, pengunjung pun jadi lebih memahami konten apa saja yang ada dalam sebuah situs. Dengan demikian, situs jadi lebih user friendly. Secara tidak langsung, pengunjung jadi betah berada di web Anda karena bisa menemukan apa yang diinginkannya dengan cepat. 

6.Menaikkan Tingkat Visibilitas 

Kalau loading mudah dan semua halaman tersusun rapi, tentu berarti tingkat visibilitas juga turut naik. Web jadi lebih terlihat oleh mesin pencari data seperti Google. Hal adalah elemen penting untuk mendatangkan trafik yang organik dan loyal. 

Saat konten berkualitas ditemukan web crawling, maka Googlebot akan bekerja dan menelusuri tautan lain pada menu yang terkait. Hasilnya, konten tersebut dapat dilihat oleh pengunjung yang ditargetkan. Mereka kemudian bisa membuka bila berminat.

7.Mempertegas Alur Website

Sitemap mempertahankan relevansi atau hubungan dalam web. Khususnya web dengan konten yang beragam dan banyak. Melalui sitemap, anchor text atau potongan teks berupa tautan akan memperkaya tautan internal antar halaman. Dengan demikian, web jadi lebih kuat menurut mesin pencarian.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai sitemap Google beserta manfaatnya untuk web. Jika Anda baru membuat website, sangat disarankan untuk membuat sitemap sesuai dengan panduan Google. Karena sitemap sangat kompatibel dengan mesin penelusuran. 

Anda pun bisa mengaitkan web dengan web lain melalui backlink. Hal ini akan meningkatkan peluang web Anda menduduki posisi halaman pertanyaan pada Google. Anda bisa meminta bantuan RajaSEO.com yang memberikan layanan SEO pada web, termasuk memberikan backlink berkualitas. RajaSEO.com memiliki banyak tenaga ahli yang bisa mengoptimasi web secara SEO. 

Anda bisa mengakses situs resmi RajaSEO.com untuk melihat berbagai layanan yang ditawarkannya. Dengan dukungan tenaga profesional tentu optimasi web dapat menghantarkan web pada halaman Google sesuai kata kunci yang sudah ditargetkan. Anda bisa datang dulu ke RajaSEO.com dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan dukungan sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi