Pengertian dan Cara Menaikkan Domain Rating

Blog / Pengertian dan Cara Menaikkan Domain Rating
Pengertian dan Cara Menaikkan Domain Rating

Domain rating tinggi bisa membantu website di peringkat atas pencarian. Begini cara menaikkan domain rating. 

Bagi pemilik website, tentu berada di peringkat atas pencarian Google adalah target yang harus dicapai. Selain berpengaruh pada visibilitasnya juga traffic-nya. Domain rating yang tinggi menjadi salah satu teknik SEO guna mencapai target tersebut. Lalu bagaimana cara menaikkan domain rating? 

Sebelum membahas cara meningkatkan DR, akan lebih baik jika Anda memahami pengertian dan fungsinya terlebih dahulu. Berikut penjelasan singkatnya.  

Pengertian Domain Rating

Domain rating atau DR merupakan indikator kekuatan backlink dalam sebuah website, yang dibuat oleh Ahrefs. Jadi, ketika nilai DR tinggi artinya semakin kuat pula backlink website tersebut. Lalu apa fungsinya? 

Dengan memiliki DR yang tinggi, maka Anda akan lebih mudah dalam membentuk link building berkualitas. Selain itu, meski tidak secara langsung menjadi faktor penentu rangking website, tetapi dengan memiliki DR tinggi maka sebuah situs dianggap kredibel dan pantas direkomendasikan. 

Metrik buatan Ahrefs ini membantu Anda menemukan berbagai website berkualitas untuk bertukar backlink. Cara meningkatkan backlink Ahrefs pun cukup mudah, Anda hanya harus banyak bertukar backlink dengan website berkualitas dan relevan. 

Tidak sedikit orang yang masih bingung antara domain rating dan domain authority. Meski sama-sama berhubungan dengan peningkatan performa website, tetapi berbeda fokus dan fungsi. DA atau domain authority memengaruhi ranking website dengan meliputi keseluruhan faktor domain. 

Domain authority dan domain rating yang tinggi, mampu membantu meningkatkan peringkat website Anda di SERP Google. Muncul di halaman pertama pencarian, dan menjadi salah satu website berkualitas yang direkomendasikan. 

Anda bisa mengecek DA dan DR menggunakan DA PA checker, atau tools SEO yang terpopuler yakni Ahrefs untuk DR dan Moz untuk DA. Dengan mengetahui rating atau performa website, maka Anda akan lebih mudah dalam mengevaluasi. Kini, kita fokus pada cara menaikkan domain rating guna meningkatkan kualitas website. 

3 Cara Menaikkan Domain Rating yang Efektif 

Sebenarnya ada beberapa cara menaikkan domain rating yang bisa Anda lakukan. Namun yang terbilang efektif dalam meningkatkan performa website, terutama domain ratingnya antara lain yaitu: 

1. Mengoptimalkan Internal Link 

Keberadaan internal link yang menautkan satu halaman dengan halaman lain di dalam website Anda bisa menjadi strategi jitu meningkatkan domain rating atau DR. Pastikan jika internal link saling berkaitan dan membuat pembahasan yang lebih mendalam atas suatu informasi. 

Dengan begitu pengunjung akan menemukan manfaat website Anda karena informasinya lengkap dan jelas. 

2. Memuat Konten Berkualitas

Pastikan konten dari website Anda berkualitas. Akan lebih baik jika fokus pada satu niche dan memberikan informasi yang detail juga mendalam. Jangan lupa untuk melakukan riset keyword, supaya bisa memenuhi kebutuhan informasi pengunjung. 

Dengan konten berkualitas, pengunjung tidak akan ragu membagikannya dan menyematkan link website Anda di situs mereka. Artinya, Anda bisa dengan mudah mengumpulkan backlink yang jika semakin banyak maka akan meningkat domain rating website. 

3. Dapatkan Backlink dari Website Berkualitas

Meskipun nilai DR dipengaruhi banyak sedikitnya backlink, Anda jangan asal dalam memilih website untuk bertukar link. Supaya terbentuk link building yang baik, pastikan Anda bertukar link dengan website yang memiliki nilai domain rating tinggi. Isi kontennya pun harus relevan dengan website Anda. 

Selektif memilih website sebagai partner link building, juga menjadi cara meningkatkan domain rating yang efektif. Bukan hanya itu, Anda secara tidak langsung juga menjaga kualitas serta kredibilitas website agar bisa muncul dan direkomendasikan pada halaman pertama pencarian Google. 

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwasanya nilai domain rating akan menjadi tolok ukur kualitas dari sebuah website. Itulah mengapa domain rating menjadi salah satu teknik SEO yang banyak digunakan pemilik website. Selain menunjukkan kualitasnya, DR juga bisa membantu website muncul di first page pencarian Google. 

Dalam melakukan optimasi website, Anda harus benar-benar paham target dan langkah tepat untuk mencapainya. Supaya tidak salah mengambil langkah dan justru membuat peringkat website lebih buruk, Anda bisa gunakan jasa ahli SEO terpercaya dan berpengalaman yaitu RAJASEO.com. 

RAJASEO.com, memiliki tim ahli di bidang internet marketing. Mereka akan melakukan perbaikan dan mengoptimalkan seluruh faktor yang memengaruhi peringkat website di mesin pencarian Google. Dengan bantuan RAJASEO.com, website Anda akan siap bersaing di mesin pencarian dan mendapat traffic tinggi. 

Semoga informasi tentang pengertian serta cara menaikkan domain rating ini cukup jelas dan mudah dipahami, serta mampu membantu mengoptimalkan performa website Anda. Apabila ingin hasil maksimal, baik dalam persaingan menduduki peringkat atas mesin pencarian maupun jumlah kunjungan, sudah pasti RAJASEO.com solusinya. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi