Cara Membuat Struktur Website Yang SEO Friendly

Blog / Cara Membuat Struktur Website Yang SEO Friendly
Cara Membuat Struktur Website Yang SEO Friendly

Struktur website adalah kerangka dari web yang memudahkan user untuk menavigasi diri dalam web. Tanpa struktur yang jelas, tampilan web berantakan dan pengunjung kesulitan untuk menemukan hal-hal yang mereka minati. 

Alhasil, pengunjung tidak betah lama-lama berada di web Anda. Pengunjung sangat mudah berubah pikiran. Kalau sudah demikian, tentu mesin penelusuran akan sulit mengenali apakah web Anda memiliki konten penting atau tidak. 

 

Cara Membuat Struktur Website yang Sesuai Kaidah SEO

Struktur pada web berarti susunan per halaman yada ada. Biasanya hal ini terlihat pada bagian navigasi utama atau menu. Struktur yang baik membuat koneksi dari satu halaman ke halaman lainnya. Struktur dari web akan menentukan bagaimana user experience setelah menggunakan menu atau navigasi utama. 

1. Perencanaan Matang

Anda bisa menulis konten dari awal dengan persiapan yang tersusun. Tuliskan kata kunci, judul artikel dan kemudian kelompokan dalam suatu kategori. Anda bisa membuat struktur dengan mengikuti bentuk hirarki atau piramida. Intinya dalam membuat kategori yang tidak terlalu banyak sehingga semua saling berhubungan. 

2. Perhatikan Link Halaman Homepage

Homepage ada di atas struktur website. Dengan demikian, bagian tersebut adalah halaman pertama yang pengunjung lihat sebelum beralih ke halaman lainnya. Mengetahui betapa pentingnya homepage bagi web, Anda perlu menautkan beberapa link halaman. 

Anda memberikan peluang bagi pengunjung untuk membuka halaman dan menghabiskan waktu lebih lama di web. Pengunjung pun mendapatkan informasi yang mereka minati dengan lebih mudah. 

3. Navigasi Jelas

Struktur website berarti membuat navigasi detail dan jelas. Anda bisa menerapkan menu dan breadcrumbs, dua jenis navigasi yang kerap digunakan pada web. Menu adalah elemen navigasi utama yang umumnya sangat mudah dilihat pada web.

Breadcrumbs merupakan navigasi tambahan yang berupa link dan biasanya ada di atas judul halaman. Breadcrumbs membantu visitor mengetahui posisi di website Anda. 

4. Taksonomi

Navigasi akan lebih teratur dengan system taxonomies yang ada pada CMS. Taxonomi mengelompokkan konten menurut kategori atau tag. Jadi, pengunjung lebih mudah menemukan konten yang memiliki kesamaan topik. 

5. Categories

Satu hal yang umum untuk satu web memiliki beberapa kategori umum. Kemudian kategori tersebut diperkecil lagi jadi sub kategori yang masih berada dalam satu kategori yang sama. Tiap kategori bisa mempermudah pengunjung untuk bertahan pada satu topik yang membuatnya tertarik. 

6. Tags

Tag adalah cara lain untuk membuat web jadi lebih terstruktur. Bedanya, tag mungkin tidak mengikuti pola tertentu, tapi pengunjung bisa memakai tag untuk mengelompokkan konten. Tag adalah bagian penting dari web untuk menunjukkan adanya korelasi dari tiap artikel. 

7. Internal Link

Sebuah web terdiri dari banyak halaman dengan bahasa berbeda-beda. Untuk memahami sebuah konten,. Anda bisa membuat konten terpisah dengan ada kaitan antara satu dan lainnya. Dengan demikian sudah jelas kalau struktur webs sangat mengandalkan kategori untuk merapikan tampilan web dan memudahkan pemahaman orang luar. 

Internal link mengaitkan konten dalam web. Anda tinggal menaruh link ke halaman yang baru. Buatlah internal link senatural mungkin agar enak dibacanya. Oleh karena itu, penempatan internal link tidak pernah salah kalkulasi. 

8. Kelola Struktur Web

Anda sudah membuat struktur website yang baik. Namun hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda perlu mengelola secara struktural. Bisa saja ada link yang broken, kata-kata yang sudah tidak relevan dan lain sebagainya.

Kini banyak plugin yang bisa Anda pakai untuk memeriksa struktur web. Anda juga bisa memeriksa web secara keseluruhan dan memastikan kalau semua sudah pada tempatnya. Jadi, pengunjung akan merasa lebih mudah untuk menemukan hal-hal yang dibutuhkannya. 

Sekarang Anda bisa membuat struktur web lebih rapi dan tertata. Anda bila melakukannya sebelum membuat web atau sambil berjalan dan menemukan topi apa saja yang Anda buat sesuai dengan tema web yang dimiliki. 

9. Informasi Kontak

Anda perlu menaruh bagian contact us untuk membuat pengunjung mudah membina komunikasi lebih lanjut. Anda perlu memastikan kalau bagian kontak sudah benar dan tidak ada kesalahan penulisan nama atau nomor yang bisa dihubungi. 

Informasi ini adalah bagian penting agar struktur bisa diikuti dengan mudah. Pada akhirnya Anda ingin feedback dan diberikan dengan suasana terbaik.

Tag, internal link, homepage adalah beberapa bagian web yang bisa membuat web lebih terstruktur. Anda bisa menambahkan backlink untuk melengkapinya. Gunakan jasa RajaSEO.com.com untuk memperoleh backlink berkuaitas dan relevan. 

Ini adalah platform yang sangat memahami seo. Dengan bantuan RajaSEO.com.com, web Anda akan lebih mendatangkan trafik dan menduduki peringkat pertama di mesin penelusuran. Anda bisa mulai dengan membuat web yang terstruktur dan mudah dibaca. 

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi