Cara Kerja AMP dan Manfaatnya untuk SEO

Blog / Cara Kerja AMP dan Manfaatnya untuk SEO
Cara Kerja AMP dan Manfaatnya untuk SEO

AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan proyek open source yang dikembangkan oleh Google dengan manfaat utama untuk meningkatkan waktu loading halaman web di perangkat seluler. Tentu saja penggunaan fitur AMP ini erat kaitannya dengan optimasi SEO. Di mana cara kerja AMP adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat buka internet lewat perangkat mobile dengan waktu yang semakin singkat. 

AMP menggunakan teknologi web dasar dengan subset dari HTML, CSS dan juga javascript yang kemudian dioptimalkan untuk mempengaruhi kecepatan loading website. 

Cara Kerja AMP

Untuk cara kerja AMP sendiri secara detail akan dijelaskan berikut ini. 

Pengoptimalan Markup HTML

Sudah disebutkan tadi, bahwa AMP menggunakan subset dari HTML yang disebut dengan AMP HTML. Di dalamnya menggunakan tag dan properti, khusus untuk meningkatkan kinerja website secara optimal dengan mengurangi waktu pemuatan halaman.

Pengoptimalan CSS

AMP menggunakan CSS dengan fungsi mengatur tampilan halaman web agar lebih efisien. CSS yang digunakan harus dipercepat dan diukur agar kinerja halaman web lebih cepat.

Membatasi JavaScript

AMP membatasi penggunaan skrip JavaScript untuk meminimalisir pemrosesan yang berlebihan dan justru dapat memperlambat waktu saat memuat halaman. 

Penggunaan AMP Cache

Cara kerja AMP yaitu menggunakan AMP Cache untuk menyalin halaman web AMP secara global. Cara ini dilakukan untuk membuat para pengguna internet mengakses konten AMP dengan cepat dari cache terdekat.

Validasi Konten Web

Konten web yang akan diterbitkan harus melalui validasi AMP terlebih dahulu agar bisa diketahui bahwa halaman web memenuhi persyaratan AMP untuk kinerja web lebih cepat. AMP juga melakukan pengoptimalan pada konten dengan mengompres gambar dan meminimalisir pemakaian eksternal skrip.

Integrasi dengan Google

Ketika Anda menggunakan AMP maka mesin pencari Google mengintegrasi hasil pencarian khusus untuk halaman web AMP. Jadi para pengguna bisa mengakses halaman web AMP dengan cepat, meskipun menggunakan perangkat mobile lewat hasil pencarian Google. 

Manfaat Menggunakan AMP untuk SEO

Setelah mengetahui cara kerja AMP, Anda juga perlu memahami apa saja manfaat AMP untuk optik masih SEO website.

Waktu Loading Website Lebih Cepat

Manfaat utama dari penggunaan AMP, tentu saja Anda akan merasakan bahwa website milik sendiri akan lebih cepat waktu loading-nya jika dikunjungi oleh para pengguna. Semakin cepat website maka akan semakin disukai oleh para pengguna dan ini adalah faktor penting pada optimasi SEO. 

Terlebih jika didukung dengan konten yang informatif dengan loading website yang cepat maka siapapun pasti ingin mengunjungi website Anda. AMP tentu saja bisa mewujudkan hal tersebut. 

Menaikkan Ranking SEO

AMP juga merupakan salah satu faktor penting untuk menaikkan ranking SEO. Alasannya karena AMP menjadi fitur penting untuk meningkatkan waktu loading dan juga membuat web mobile friendly sehingga secara otomatis ranking seo juga ikut meningkat. 

Sebuah website yang menggunakan AMP, pasti akan dinilai bagus oleh Google dibanding website yang lambat dan juga tidak responsif.

Web Memiliki Visibilitas Tinggi

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari Google menandai hasil pencarian dari website yang menggunakan AMP. Jadi sudah pasti konten dan website anda akan muncul pada bagian atas di mesin pencari. Hal ini secara otomatis akan membuat website anda memiliki visibilitas yang tinggi. 

Google juga akan menampilkan IMP dengan format carousel di mana ini akan menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna. Konten yang muncul pada carousel biasanya memiliki trafik yang tinggi. 

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Karena waktu loading website yang cepat, tentu saja hal ini secara otomatis dapat meningkatkan pengalaman pengguna terutama di perangkat mobile. Siapapun yang mengakses website Anda, lewat perangkat mobile akan merasakan pemuatan halaman lebih cepat dengan tampilan yang juga lebih responsif. Cara ini dapat meningkatkan retensi pengguna, interaksi dan juga konversi. 

AMP Mendukung Ads

AMP ternyata juga mendukung fitur Ads dengan tujuan agar bisa menampilkan Ads dengan website yang loading-nya tetap cepat serta punya konten menarik dan bisa menaikkan traffic. Cara ini dapat meningkatkan ROI. 

Sekarang tentu anda sudah tahu bagaimana cara kerja AMP dan juga manfaat fitur ini untuk optimasi SEO. Anda yang sampai saat ini masih merasa kesusahan untuk optimasi SEO tidak pernah khawatir karena bisa menggunakan layanan dan jasa RajaSEO. RajaSEO merupakan layanan jasa SEO yang memiliki tiga layanan utama yakni website audit, keyword research dan juga backlink checker. 

Layanan website audit dapat membantu untuk analisa website anda dan juga memberi saran agar peringkat website naik di mesin pencari. Kesulitan menganalisa kata kunci yang paling efektif juga bisa memanfaatkan layanan keyword research dari RajaSEO. Sementara backlink checker merupakan layanan untuk analisa kualitas dan kuantitas packing agar bisa bersaing di mesin pencari. RajaSEO juga menawarkan layanan jasa SEO per-paket berdasarkan kebutuhan dan budget Anda. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi