Mengenal SEO Spam dan Cara Menghindarinya

Blog / Mengenal SEO Spam dan Cara Menghindarinya
Mengenal SEO Spam dan Cara Menghindarinya

SEO spam (Search Engine Optimization spam) atau yang biasa dikenal spamdexing adalah praktik optimasi yang merugikan. Pengerjaannya dilakukan untuk memanipulasi peringkat sebuah situs web di hasil pencarian mesin pencarian (search engine) dengan cara yang tidak sah. 

Tujuan utama dari spamdexing sendiri adalah untuk meningkatkan peringkat situs web dengan cara-cara yang melanggar pedoman dan aturan yang ditetapkan oleh mesin ⁹, tak terkecuali Google. Mengapa banyak orang melakukannya? 

Hal ini karena spamdexing menjadi cara cepat agar sebuah website bisa masuk ke peringkat satu di laman pencarian SERP. Meski begitu, cara ini dianggap ilegal oleh Google. Jadi, hasilnya antara website Anda benar-benar masuk ke peringkat atas SERP atau justru web tersebut di-deindex dan dihapus karena kebijakan Google.

Inilah Contoh SEO Spam dan Cara Mencegahnya

Ada banyak teknik spamdexing, berikut ini adalah beberapa contoh yang banyak digunakan.

  • Cookie Stuffing
  • Comment Spamming
  • Pagejacking
  • Keyword Stuffing
  • Duplicate Content Spam
  • Rich Snippet Spam
  • Keyword stuffing
  • Cloaking
  • Link spamming
  • Doorway pages
  • Spinning content

Melihat banyaknya SEO spam ini, maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk pencegahannya. 

1. Rutin Update Plugin dan Aplikasi Web

Pertama, Anda harus rutin melakukan pembaruan plugin dan website guna memperkuat sistem keamanan di dalam sistem. Melewatkan tahap ini akan memudahkan peretas dalam menemukan kelemahan dari situs website Anda.

2. Membuat Report

Hal penting yang juga perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan fitur report, yakni melaporkan upaya peretasan sekaligus memblokirnya. Sehingga nantinya, peretas yang sama tidak akan bisa melakukan pemblokiran ulang.

3. Melakukan Scan Secara Rutin

Scanning juga tidak boleh Anda lewatkan, apalagi sekarang ini antivirus sudah dapat diakses secara online. Anda dapat menggunakan antivirus yang premium atau berbayar bila ingin mendapatkan kelengkapannya fitur. Biasanya, perangkat lunak yang berbayar cenderung menawarkan scan website yang lebih memadai. Mulai dari menangani berbagai ancaman seperti malware, phishing, hingga spam.

4. Menggunakan Firewall

Firewall merupakan sebuah perangkat yang berfungsi melindungi komputer atau website dari serangan cybercrime. Agar nantinya firewall ini tetap berfungsi secara rutin, maka penting untuk melakukan pembaruan firewall ini secara rutin. Dengan demikian, peretas tidak mudah menemukan kelemahan sistem perangkat Anda.

5. Menggunakan Password yang Kuat

Guna melindungi situs web dari peretas, penting untuk selalu menggunakan kata kunci dengan kombinasi yang sulit ditebak. Gunakan kombinasi sandi yang terdiri dari angka, huruf, serta simbol unik bila memungkinkan. Di samping itu, Anda juga perlu menghindari pemakaian tanggal lahir sebagai password karena hacker akan lebih mudah mengaksesnya.

6 Menggunakan SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan sertifikat yang fungsinya adalah untuk mengenkripsi semua data yang nanti akan dikirim oleh user ke klien atau sebaliknya. Tujuan dari penggunaan SSL ini memungkinkan pihak ketiga tidak akan bisa membaca semua data yang dikirim.

Lantaran tidak mempunyai kunci enkripsi. Bukan hanya itu, SSL juga berpengaruh pada strategi SEO yang Anda terapkan, lantara halaman Google lebih suka terhadap situs yang menerapkan strategi optimasi aman.

7. Hindari TLD yang Sifatnya Spam

TLD (Top Level Domain) merupakan suatu komponen penting dari sebuah website. Disarankan supaya Anda menggunakan TLD yang populer, misalnya seperti .com, .id, .net, dan pilihan aman lain.

8. Menambahkan Tag Meta

Pastikan Anda menerapkan penggunaan meta tag seperti meta deskripsi dan meta kata kunci yang relevan dan alami. Jangan mengisi tag meta dengan kata kunci yang tidak berkaitan atau mencoba menipu mesin pencari.

9. Memperhatikan Rasio Dofollow dan Nofollow

Penggunaan rasio dofollow maupun nofollow juga perlu Anda perhatikan, diantaranta jumlah rasio link dofollow yang lebih tinggi dari pada nofollow. Dimana dofollow merupakan tipe tautan yang akan memberitahu mesin penelusuran untuk merayapi tautan. Sebaliknya, nofollow merupakan tipe tautan yang tidak akan membiarkan tautan dirayapi mesin pencari.

10. Perbaiki struktur URL

Pastikan struktur URL situs web Anda mudah dibaca dan menggambarkan dengan jelas konten yang ada di dalamnya. Gunakan kata kunci yang relevan dalam URL, tetapi jangan berlebihan.

11. Buat Konten Bernilai

Buatlah konten yang informatif, bermanfaat, dan relevan bagi pengunjung website. Hindari membuat konten yang hanya ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari tanpa memberikan nilai tambah kepada pengguna.

Menghindari spamdexing adalah tentang fokus pada pengalaman pengguna yang baik dan menyediakan konten yang berkualitas. Supaya terhindar dari spam yang merugikan, maka menggunakan jasa website handal sangat disarankan. Pilih RAJASEO yang jelas menghindari praktik spam yang berpotensi mencurangi dan melanggar kebijakan Google. 

Dengan demikian, maka kualitas website Anda juga menjadi baik dimata mesin pencari. RAJASEO hadir membantu Anda dalam membuat dan mengelola optimasi website dengan cara baik dan alami. Percayakan kebutuhan optimasi website aman tanpa SEO spam bersama RAJASEO!

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi