7 Kiat Memilih Keyword Content Marketing yang Tepat

Blog / 7 Kiat Memilih Keyword Content Marketing yang Tepat
7 Kiat Memilih Keyword Content Marketing yang Tepat

Dalam dunia content marketing, Anda juga harus tahu bagaimana cara penulisan konten artikel yang sesuai kaidah SEO demi meningkatkan penjualan agar sesuai target. Nah salah satu caranya adalah dengan memilih keyword content marketing yang tepat dan sesuai. Lalu bagaimana caranya?

 

Untuk menjawab setiap pertanyaan Anda terkait penggunaan keyword atau kunci dalam sebuah konten penjualan, sebaiknya simak ulasan yang akan dibahas secara lengkap berikut ini. Let's check this out!

Apa itu Keyword Content Marketing?

Sebelum membahas lebih jauh tentang keyword dalam konten marketing, mari kita bahas bersama tentang pengertiannya terlebih dulu. Menurut Forbes, content marketing adalah sebuah strategi penjualan dalam membuat serta menyebarkan konten yang relevan dan konsisten untuk menarik perhatian target pasar.

 

Tujuan content marketing lainnya adalah untuk membangun relasi yang kuat dengan para calon pengguna dalam jangka waktu lama. Inilah kenapa Anda wajib membuat konten yang sesuai agar tercipta perasaan butuh dari audiens sehingga menghasilkan kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

 

Nah dalam pembuatan konten tersebut, Anda membutuhkan sebuah keyword atau kata kunci yang digunakan users saat membutuhkan sebuah informasi. Keyword tersebut berguna untuk mendefinisikan sebuah konten yang Anda unggah dengan tujuan marketing.

 

Jika konten yang Anda buat memuat keyword content marketing yang cocok dengan pencarian pengguna, maka konten tersebut memiliki kesempatan muncul di urutan atas search engine result page (SERP). Oleh karena itu, Anda wajib menentukan keyword yang banyak digunakan audiens.

7 Tips Memilih Keyword Content Marketing yang Tepat

Dari pengertian keyword content marketing di atas, bisa disimpulkan bahwa saat hendak membuat konten di website harus menentukan kata kunci yang tepat apalagi untuk tujuan marketing. Pastinya Anda pun menginginkan situs dengan trafik kunjungan tinggi, 'kan?

 

Nah untuk merealisasikannya, yuk ketahui bagaimana tips memilih keyword content marketing yang banyak dicari pada mesin pencari Google berikut!

1. Lakukan Riset dan Analisis Kata Kunci

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan keyword untuk membuat konten marketing adalah dengan melakukan riset dan analisis kata kunci. Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan bisnis dan memiliki volume pencarian tinggi. Lalu langsung buatlah konten artikel yang mengandung kata kunci tersebut.

2. Tentukan Tujuan Marketing 

Goals atau tujuan yang jelas ternyata memudahkan proses memilih keyword. Cobalah analisa kebutuhan Anda terkait traffic, konversi, atau lead dan fokus pada salah satu aspek tersebut. Namun jika ingin mendapatkan semuanya, Anda membutuhkan keyword yang spesifik untuk dioptimasi serta proses analisa kompetitor.

3. Perhatikan Relevansi dengan Topik

Keyword content marketing yang bagus haruslah relevan dengan topik bisnis Anda. Mulailah dengan mengerucutkan hasil dari proses keyword research menjadi tema utama. Keyword yang relevan menguntungkan dari segi ranking di mesin pencarian karena relevansi adalah faktor penting yang akan membantu website Anda berada di urutan pertama.

4. Identifikasi Topik

Setelah melakukan riset dan mengkategorikannya sesuai relevansi konten, mungkin topik yang akan Anda tulis tersebut terasa tidak menarik. Jika hal ini terjadi maka Anda harus mengidentifikasi ulang topik tersebut. Perlu diingat juga bahwa topik lebih penting daripada keyword.

 5. Diskusi Dengan Stakeholder

Untuk mendapatkan contoh keyword artikel yang tepat, sebaiknya Anda berdiskusi dengan stakeholder apalagi ini merupakan urusan bisnis. Insight dari mereka juga bisa menentukan pilihan kata kunci yang efektif digunakan. Buatlah list berisi keyword dari stakeholder lalu pilih kata kunci yang paling relevan dengan topik dan profil perusahaan.

6. Review SERP

Faktanya bersaing untuk mendapatkan ranking di SERP itu sangat sulit. Selain persaingan tersebut, adanya perubahan atau update pada mesin pencari juga akan mempengaruhi konten Anda. Jadi tidak ada salahnya melakukan review SERP secara manual terlebih dulu

 7. Monitor Performa

Meski sudah melakukan banyak cara untuk mendapatkan pilihan keyword content marketing yang pas, tapi kalau Anda melupakan monitoring performa semuanya akan percuma. Monitoring tersebut berguna agar Anda mendapatkan data real dari teknik SEO yang diterapkan. Anda pun bisa menilai keyword mana yang akan menghasilkan ranking dan traffic tinggi.

 

Nah, ternyata menentukan keyword content marketing tersebut cukup sulit. Namun jangan khawatir karena RAJASEO.com siap membantu mengatasi segala permasalahan yang berkaitan dengan website Anda. Pelayanan yang diberikan RAJASEO.com terjamin aman memperbaiki ranking sekaligus traffic website, menaikan pageview serta memperkecil bounce rate dengan teknik SEO yang tepat.

 

Tentunya kaidah SEO yang digunakan pun menyesuaikan perubahan algoritma Google sebagai situs pencari terpercaya dan terbesar dunia sehingga website termasuk search engine friendly. Untuk konsultasi terkait keyword content marketing, segera hubungi RAJASEO.com sebagai ahlinya sekarang juga.

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi