Meningkatkan Performa SEO dengan Google Review

Blog / Meningkatkan Performa SEO dengan Google Review
Meningkatkan Performa SEO dengan Google Review

Ternyata Google review punya pengaruh yang bagus untuk meningkatkan performa SEO website Anda. Mengapa demikian? Google review disebut sebagai fitur canggih yang tidak akan tergantikan dalam dunia SEO di mana reputasi online yang bagus sangat penting terutama untuk keberhasilan sebuah bisnis.

Google review tentu tidak hanya sebagai sebuah wadah untuk memberikan feedback tentang pengalaman dengan suatu produk atau layanan, namun juga punya dampak yang bagus terhadap performa seo sebuah website. Lalu bagaimana cara Google review dapat membantu untuk meningkatkan performa SEO?

Manfaat Google Review untuk Performa SEO

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan fitur Google review untuk meningkatkan performa SEO website. 

1. Menaikkan Peringkat di Google

Dengan Google review, maka website bisnis ataupun marketplace yang anda punya dapat lebih mudah untuk naik ke peringkat atas pada mesin pencari Google. Karena jumlah ulasan yang ada pada Google review, dapat berpengaruh pada posisi bisnis pada mesin pencari. 

Saat dilakukan penelusuran dan diketahui jumlah ulasan suatu perusahaan atau bisnis menurun karena telah dihapus Google, maka posisi penelusuran juga akan ikut turun. Pengaruh pada bisnis, tentu juga akan menurunkan tingkat penjualan sehingga memberi risiko kerugian.

2. Meningkatkan Pengunjung

Ulasan Google di dalamnya berisi deskripsi terperinci tentang produk maupun profil perusahaan yang sangat menarik, untuk meningkatkan jumlah audience. Cara orang-orang me-review lewat Google review, juga biasanya lebih natural dan tidak berlebihan sesuai keadaan sehingga mengarahkan lebih banyak lagi traffic ke situs web. 

Google review dengan optimasi website tentu saja saling berhubungan untuk mendapatkan trafik organik. Di mana tentu pemilik website lebih mengutamakan traffic organik dibanding traffic yang berasal dari iklan berbayar. 

3. Meningkatkan Brand Awareness

Membangun kepercayaan untuk sebuah layanan atau produk yang dijual tentu sangat sulit apalagi untuk brand baru. Maka dari itu, penting untuk memanfaatkan Google review untuk meningkatkan brand awareness tidak hanya produk atau layanan, tapi juga menaikkan website di mesin pencari. 

Ketika ulasan yang dibuat bagus, sudah pasti kepercayaan pengguna terhadap produk tersebut juga meningkat dan akhirnya punya ketertarikan untuk membeli produk atau memakai layanan jasa. Meningkatnya brand awareness tentu juga akan membantu untuk meningkatkan traffic pengunjung ke website. 

Cara Meningkatkan Google Review

Karena Google review dapat meningkatkan performa SEO,  berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan lebih banyak ulasan Google.

1. Tanya Langsung ke Pelanggan

Cara paling efektif untuk mendapatkan ulasan Google secara langsung adalah dengan pertanyaan langsung ke pelanggan. Anda bisa minta pelanggan secara langsung untuk menyelesaikan transaksi, meskipun dengan sistem bisnis online Anda bisa minta ulasan lewat telepon atau email. 

Biasanya cara ini memang membuat banyak pelanggan kurang nyaman, namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan solusi dengan memanfaatkan kartu fisik. 

2. Dengan Email Tindak Lanjut

Mengirim email tindak lanjut juga sangat bagus, untuk meminta para pelanggan yang sudah menggunakan layanan atau membeli produk Anda meninggalkan ulasan. Namun agar email Anda direspon oleh para pelanggan tentu harus dibuat menarik, tingkat dan juga profesional serta jangan lupa ucapkan terima kasih karena sudah memilih bisnis tersebut. 

Anda harus memberikan pernyataan pula, bahwa semua respon dan feedback dihargai baik itu positif maupun negatif. 

3. Tambahkan Link Ulasan di Website

Cara ini terlihat sederhana tapi sangat efektif karena anda langsung menerbitkan form ulasan Google di situs web untuk mempermudah para pelanggan, masuk ke tautan untuk menulis review. Pastikan link tersebut bisa disalin pada dashboard profil bisnis baik di komputer maupun smartphone. 

Untuk website bisnis, tentu saja Anda bisa memanfaatkan pula strategi memberikan reward sebagai kompensasi saat ada ulasan negatif. Cara ini cukup efektif untuk mengubah persepsi pelanggan terhadap produk Anda dan di kemudian hari atau selanjutnya dapat memberikan ulasan positif.

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana manfaat Google review untuk meningkatkan performa SEO website agar bisa masuk di halaman 1 pencarian Google terutama untuk kategori website bisnis. Anda juga ingin melakukan optimasi SEO bisa pula memanfaatkan alternatif lain dengan menggunakan layanan dan jasa RajaSEO.com. RajaSEO.com memiliki tiga layanan utama yaitu website audit, keyword research dan juga backlink checker. 

Ketiga layanan ini dapat membantu Anda untuk melakukan analisa terhadap website dan melakukan perbaikan agar website rankingnya bisa meningkat di mesin pencari. RajaSEO.com juga bisa Anda manfaatkan untuk riset keyword dan juga analisa backlink yang kurang tepat. RajaSEO.com memberikan penawaran pilihan paket optimasi SEO berdasarkan kebutuhan dan budget anda dengan biaya yang sangat kompetitif. Terlebih, layanan dan jasa SEO ini juga sudah berpengalaman dengan tim profesional di bidang internet marketing.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi