6 Alat untuk Cek Traffic Website yang Cepat dan Praktis

Blog / 6 Alat untuk Cek Traffic Website yang Cepat dan Praktis
6 Alat untuk Cek Traffic Website yang Cepat dan Praktis

Melihat jumlah pengunjung website tentu menjadi kebiasaan pemiliknya. Karena hal ini berkaitan dengan peningkatan prospek kerja dari website yang dimiliki. Sehingga, dibutuhkan alat untuk cek traffic website agar lebih praktis dan cepat.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, Anda sendiri bisa menilai seberapa menariknya konten yang Anda buat dalam memikat pengunjung. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui bagaimana cara pengecekan yang benar serta alat apa saja yang dibutuhkan.

Alat untuk Cek Traffic Website

Beberapa jenis alat yang bisa Anda manfaatkan untuk cek traffic website secara berkala antara lain :

1. Alexa

Alat untuk melakukan pengecekan traffic yang sangat terkenal dari Amazon adalah Alexa. Tools ini cukup populer karena memiliki fitur website traffic statistic yang sering dijadikan rujukan untuk proses pengecekan jumlah pengunjung.

Fitur yang disediakan oleh Alexa sendiri juga bisa Anda nikmati secara gratis, loh. Cara penggunaannya pun cenderung simpel jadi sangat mudah dipahami oleh seorang pemula sekalipun.

Cukup masukkan nama domain yang ingin Anda analisi pada alat statistiknya. Setelah itu, Anda akan dijadikan data metrik mengenai keyword dan juga traffic. Untuk hasil lebih detail klik saja Traffic Metrics.

2. Ubersuggest

Siapa blogger yang tidak mengenal tools populer Ubersuggest? Tools satu ini tidak hanya menyajikan fitur analisis SEO saja, loh. Selain interface yang dimilikinya sangat ramah, Anda juga bisa memanfaatkannya secara gratis.

Untuk melakukan proses cek traffic website menggunakan Ubersuggest, Anda bisa mengikuti beberapa panduan berikut :

Masuk pada halaman utama Ubersuggest, Anda bisa memasukkan domain yang ingin diketahui trafficnya

Setelah itu, ubah negara menjadi Indonesia > Search

Pada kolom Overview, Anda bisa melihat grafik traffic website. Apabila menggunakan akses gratis, maka Anda akan melihat histori traffic selama 5 bulan kebelakang

Jika ingin melihat jumlah traffic paling banyak, Anda bisa klik Top Pages pada menu sebelah kiri

3. SEMrush

Anda pasti sering menggunakan SEMrush untuk masalah SEO, kan? Kali ini, Anda juga bisa memanfaatkan tools SEMrush untuk mengetahui jumlah pengunjung website dengan mudah dan cepat, loh.

Tools ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, Anda tetap bisa mendapatkan data yang cukup lengkap meskipun hanya dari SEO domain utama saja.

Beberapa diantaranya seperti :

  • Traffic dan kata kunci organic pada website
  • Hasil pencarian yang berbayar
  • Beberapa fitur SERP
  • Jumlah traffic berdasarkan negara pengunjung
  • Domain rank
  • Fitur analisis backlink

4. SEO Review Tools

Menikmati tools gratisan sangat menguntungkan bagi blogger pemula. Salah satunya SEO Review Tools yang bisa Anda manfaatkan untuk cek traffic website. Apalagi tools ini sangat sederhana dan mudah digunakan oleh pemula.

Anda bisa menggunakannya dengan mengetik seoreviewtools.com/website-traffic-checker/ pada address bar browser. Setelah itu isikan Captcha yang sudah disediakan. Untuk mengetahui hasil pencarian, pastikan Anda menuliskan nama domain secara lengkap seperti https://www.website.com.

Meskipun gratisan, Anda tetap bisa menikmati fitur andalan dari SEO Review Tools sebanyak 10 kali pengecekan traffic, loh. Sehingga, memudahkan Anda untuk melakukan riset kompetisi industri pada mesin pencari.

5. Similar Web

Mungkin Anda lebih mengenal Similar Web sebagai jasa yang menyediakan Web Analytic. Namun, sebenarnya tools satu ini juga menyediakan fitur untuk mengecek jumlah pengunjung pada website secara gratis, loh.

Pemanfaatan Similar Web tidak hanya menyajikan estimasi jumlah traffic saja, melainkan juga grafik fluktuasi selama 5 tahun kebelakang. Anda juga bisa menemukan metrik lain seperti rata-rata durasi kunjungan, halaman yang dibuka per kunjungan, dan juga persentase pengunjung meninggalkan website setelah dibuka.

Website satu ini sangat membantu Anda dalam melakukan analisa jumlah pengunjung. Karena jika Anda scroll ke bawah, banyak sekali data lain yang disajikan seperti sumber traffic terbesar website, jumlah traffic berdasarkan negara pengunjung, persentase traffic sosmed, persentase organic traffic dan paid traffic, serta minat traffic.

6. SE Ranking

Selanjutnya untuk cek traffic website, Anda juga bisa menggunakan tools dari SE Ranking. Sama seperti beberapa tools pada umumnya, SE Ranking juga menawarkan fitur gratis dengan analisis yang lumayan lengkap. Mulai dari pemantauan perubahan halaman hingga analisis keyword yang potensial.

Anda juga bisa menggunakan SE Ranking untuk menganalisis trafik berdasarkan negara audiens, loh. Namun sayangnya, SE Ranking belum mendukung data traffic untuk wilayah Indonesia. Jadi, target hanya fokus pada pembaca luar negeri saja.

Nah, itulah beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk cek traffic website. Jika merasa kesulitan untuk melakukan analisis perkembangan website agar tetap tumbuh subur, Anda bisa menggunakan jasa dari Rajaseo.com.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Mengingat Anda tidak perlu lagi mengecek secara berkala. Karena, Rajaseo.com akan membantu Anda untuk memberikan asupan vitamin pada website agar traffic terus bertambah setiap harinya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi