Simak Penyebab Ranking SEO Turun Secara Drastis

Blog / Simak Penyebab Ranking SEO Turun Secara Drastis
Simak Penyebab Ranking SEO Turun Secara Drastis

Optimasi website tentu saja sangat penting, agar ranking website Anda bisa meningkat pada halaman pencari Google. Namun bagaimana jika Anda sudah memaksimalkan banyak usaha untuk meningkatkan ranking SEO di Google tetapi malah menurun secara drastis? Tentu saja ada berbagai penyebab ranking SEO turun, terlebih semakin meningkatnya jumlah website bermunculan saat ini terutama website profesional. 

Penyebab Ranking SEO Turun

Untuk dapat menaikkan ranking SEO website, maka tentu saja Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab ranking SEO turun, yang mungkin saja sama dengan yang sedang anda alami. 

1. Artikel Jarang Update

Memiliki sebuah blog atau website, berarti Anda harus siap konsisten. Konsistensi diperlihatkan dari seberapa rajin anda untuk mengupdate artikel. Karena update artikel juga punya peran penting untuk meningkatkan peringkat SEO sebuah website dan juga. 

Saat menerbitkan konten artikel terbaru maka artinya Anda sudah berhasil menanamkan link di Google. Google juga secara real time melakukan pembaharuan setiap kali Anda update artikel. Bahkan ketika sudah menerapkan teknik SEO namun kurang konsisten menerbitkan artikel, maka yang terjadi adalah blog Anda memiliki SEO yang tidak stabil untuk website baru. 

Penerapan SEO dengan artikel yang konsisten dan juga informatif tentu saja dapat membantu untuk menaikkan ranking SEO kembali. 

2. Konten Duplikasi

Penyebab ranking SEO turun juga bisa terjadi karena ada duplikasi konten pada website Anda. Ciri duplikasi konten adalah yaitu isi konten artikel di website Anda sama persis dengan yang ada di website lain sehingga ranking blog akan memiliki perbandingan yang cukup signifikan dan membuat ekstensi Google terbagi sehingga bisa merugikan banyak pihak. 

Jadi sangat penting untuk membuat artikel yang menarik dan juga original, sehingga website lain tidak akan bisa meniru isi konten web Anda. Untuk berjaga-jaga, bahkan Anda bisa memasang tools agar mengunci akun website supaya tidak bisa diduplikasi oleh website lain. 

3. Pembaharuan Algoritma Google

Ranking SEO turun juga bisa terjadi karena sedang ada pembaruan algoritma. Pembaruan algoritma bisa terjadi untuk meningkatkan pengalaman pengguna semakin membaik. Namun pembaharuan Google juga berdampak pada rangking SEO yang bisa tiba-tiba menurun, akibat adanya blok potensial lainnya yang naik ke peringkat pertama.

Pembaruan algoritma memang berfungsi untuk memberikan kesempatan website baru agar mendapatkan pengunjung namun ini hanya sementara. Jika blog Anda memiliki konten berkualitas, maka bisa jadi peringkat SEO naik kembali.

4. Konten Kurang User Friendly

Sangat penting untuk membuat konten artikel di website Anda user friendly. Jika konten Anda ramah pengguna, tentu saja peringkat SEO akan semakin tinggi. Ciri web user friendly adalah memudahkan para pengunjung untuk mengakses dan mencari hal-hal yang dibutuhkan pada website anda mulai dari konten hingga informasi. 

Terlebih jika isi konten Anda informatif, maka orang-orang tentu akan lebih memilih website Anda dibanding pesaing. Bahkan bukan tidak mungkin pengguna melakukan bookmark website agar bisa mengunjungi website Anda kapanpun dibutuhkan. 

5. Loading Website Lama

Para pengguna tentu saja menginginkan akses yang cepat ke website, terlebih jika sedang membutuhkan informasi. Untuk membuat loading website lebih cepat, tentu saja Anda harus memilih layanan hosting berkualitas dan terpercaya sehingga kecepatan akses website juga bisa ditingkatkan dan stabil.

Website informatif dengan loading yang cepat akan lebih dipilih oleh para pengguna. Minimal kecepatan akses ke website Anda 2 detik, untuk yang tercepat dan disukai oleh para pengguna.

6. Website Memiliki Struktur Tidak Jelas

Penyebab ranking SEO turun lainnya adalah bisa terjadi karena website Anda punya struktur yang tidak jelas. Untuk membuat struktur website jelas maka pastikan website lebih user friendly. Agar apapun yang dibutuhkan para pengguna lebih mudah ditemukan di website anda.

Struktur website yang jelas terdiri dari susunan konten dalam beberapa kategori, pembuatan menu yang lebih rapi dan juga konsistensi menerbitkan konten. 

Terlalu banyak optimasi tentu juga bisa jadi penyebab ranking SEO turun, karena optimasi berlebihan dianggap Google sebagai spam. Anda yang ingin tidak ingin rangking SEO turun maka bisa dengan memanfaatkan jasa SEO terbaik dari RajaSEO.com. Layanan jasa SEO ini memiliki tiga layanan utama yaitu website audit keyword research dan juga backlink checker. Ketiga layanan ini punya manfaat utama yaitu untuk optimasi website Anda agar peringkat SEO bisa naik.     

Dimana website audit dapat membantu untuk menganalisa website dan memberi saran agar peringkat website bisa ditingkatkan. Keyword research untuk riset atau analisa kata kunci yang tepat dan paling efektif serta backlink checker untuk analisa kualitas dan kuantitas backlink pada website agar bisa bersaing di mesin pencari. RajaSEO.com juga menawarkan beberapa pilihan paket optimasi SEO berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi