Dampak Web Hosting Buruk yang Bisa Turunkan Performa SEO

Blog / Dampak Web Hosting Buruk yang Bisa Turunkan Performa SEO
Dampak Web Hosting Buruk yang Bisa Turunkan Performa SEO

Ada beberapa hal yang bisa membuat ranking website Anda turun, salah satunya adalah web hosting yang buruk. Web hosting buruk bisa turunkan performa SEO bahkan ketika Anda menganggap bahwa hosting yang dimiliki adalah hosting terbaik. Anda tentu tidak boleh mengandalkan hosting yang kinerjanya di bawah standar karena secara otomatis ini akan mudah sekali membuat peringkat website turun drastis.

Pengaruh Kualitas Hosting yang Buruk Terhadap SEO

Ketika kualitas web hosting Anda buruk, maka dampak negatif yang akan dihasilkan dari hal tersebut pada SEO adalah sebagai berikut. 

1. Loading Website Lambat

Hal pertama yang paling akan dirasakan ketika memilih web hosting dengan kualitas buruk pada SEO adalah waktu loading website yang lambat. Loading time yang lama akan berpengaruh pada pengalaman pengguna dan hal ini tentu secara otomatis akan berpengaruh pada peringkat SEO. 

Para pengguna tentu tidak suka mengunjungi halaman website yang memiliki loading time terlalu lama dan akan langsung berpindah ke website lainnya. Mesin pencari juga akan memperhatikan kecepatan situs web saat akan menentukan rangking sesuai pengalaman pengguna. Jadi ini mengapa waktu loading yang lama akan membuat peringkat SEO jadi buruk dan mengurangi traffic ke halaman situs web anda.

2. Alami Downtime

Downtime merupakan sebuah istilah di mana waktu saat website Anda tidak bisa diakses. Tentu saja dapat mempengaruhi peringkat SEO website Anda di mesin pencari. Karena mesin pencari seperti Google akan lebih mengutamakan website yang punya waktu uptime lebih tinggi.

Kualitas hosting web yang buruk tentu saja bisa berdampak pada website yang sering mengalami downtime. Jadi saat website Anda sering tidak bisa diakses, maka akan berpengaruh pada peringkat SEO dan juga menurunnya para pengunjung ke halaman website.

3. Server dengan Lokasi Tidak Sesuai

Lokasi server sebaiknya disesuaikan dengan target pengguna karena hal ini akan berpengaruh pada kecepatan loading situs web. Misalnya jika target pengguna Anda adalah Amerika serikat, maka lokasi server harus berada di Amerika serikat pula bukan di negara lain. Karena jika server Anda ditempatkan di negara berbeda dari target pengguna maka akan mempengaruhi waktu loading yang lebih lambat. Ini juga secara otomatis akan turunkan performa SEO dan menurunkan peringkat website anda di mesin pencari. 

4. Keamanan Website Buruk

Berikutnya pengaruh buruk dari sebuah web hosting yang buruk adalah keamanan website yang juga kualitasnya rendah. Website yang kurang aman tentu saja akan mudah terserang oleh virus dan malware. Jika hal tersebut terjadi, maka akan punya potensi untuk menurunkan peringkat SEO karena pengunjung juga akan merasa tidak aman saat masuk ke website anda.

Mesin pencari tentunya juga akan memperhatikan keamanan website saat akan menentukan rangking website di mesin pencari. 

5. Database Sering Bermasalah

Tidak hanya kualitas keamanan yang rendah, hosting buruk juga akan mempengaruhi database. Di mana database website Anda, kemungkinan juga akan sering mengalami masalah. Padahal jika fungsi database bermasalah akan berpengaruh pada website anda dalam mengelola hingga menyimpan dan menyajikan konten website.

Database bermasalah akan berpengaruh pada akses website yang bisa mengalami error di mana akhirnya menurunkan traffic, karena pengunjung akan pergi dari website Anda. 

6. Layanan Bantuan Pelanggan Buruk

Ternyata kualitas hosting yang buruk juga akan berdampak pada kualitas bantuan pelanggan yang sama buruknya. Kemungkinan memang, kinerja dari bantuan pelanggan tidak akan berdampak langsung kepada SEO karena ini lebih berdampak pada Anda sendiri saat website bermasalah.

Apalagi sebagai orang awam tentu saja ketika website mengalami masalah, maka Anda butuh bantuan CS dari penyedia hosting. Di satu sisi, saat layanan bantuan pelanggan hosting tidak profesional maka akan butuh waktu lama untuk mengatasi masalah yang ada di website. Bahkan bukan tidak mungkin, layanan pelanggan sama sekali tidak mampu membantu dan mengatasi permasalahan website anda. 



 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja dampak buruk web hosting yang buruk dapat turunkan performa SEO website di mesin pencari. Agar tidak mendapatkan web hosting dengan kualitas buruk maka anda wajib menemukan layanan hosting terpercaya. Selain itu untuk optimasi sel website lebih optimal maka wajib memilih layanan dan jasa SEO berpengalaman salah satunya yaitu RajaSEO.com. 

RajaSEO.com adalah layanan jasa SEO dengan tiga layanan utama. Website Audit merupakan layanan dari RajaSEO.com akan membantu untuk menganalisa website agar bisa peringkatnya naik di mesin pencari. Selain itu, ada pula layanan Keyword Research dengan menawarkan kemudahan untuk menemukan kata kunci paling efektif. Ada pula layanan Backlink Checker yang menawarkan kemudahan untuk analisa backlink agar lebih mudah bersaing di mesin pencari. RajaSEO.com merupakan layanan jasa SEO yang di dalamnya berisi tim berpengalaman dalam internet marketing sehingga sudah pasti semua layanan yang ditawarkan efektif dan mampu optimalkan SEO website Anda. 

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi