6 SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Blogger

Blog / 6 SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Blogger
6 SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Blogger

Ingin membuat website menduduki peringkat pertama? Maka, hal yang harus Anda lakukan adalah menerapkan SEO dengan baik. Salah satunya bisa memanfaatkan SEO tools yang tersedia secara gratis dengan kualitas terbaik.

Penggunaan alat SEO ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik untuk kebutuhan konten. Contohnya seperti mengecek kualitas backlink, link building, performa traffic, dan beberapa hal yang berhubungan dengan SEO secara langsung.

SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website Blogger

Beberapa daftar tools seo gratis dan berkualitas bisa Anda ketahui pada daftar berikut ini :

1. Google Trends

Membangun sebuah website pada masing-masing individu pasti memiliki sebuah trik tersendiri. Bisa jadi Anda ingin membuat konten dengan bobot informasi yang akurat 100%, atau ada juga beberapa blogger yang mengejar trend untuk mendapatkan klik banyak pada kontennya.

Hal ini tergantung pada pengendali website masing-masing. Namun, jika Anda membangun sebuah website dengan topik yang sedang trending. Maka, menggunakan Google Trends adalah pilihan terbaik.

Penggunaan Google Trends ini merupakan langkah penerapan SEO Onpage. Tidak hanya bisa mencari kata kunci yang populer saja, Anda juga bisa menambahkan referensi keyword pencarian terbaru, loh. 

2. Google Search Console

Berikutnya, tools gratis yang bersifat SEO pada konten adalah Google Search Console. Tools ini bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi performa website, loh. Tingkat akurasi datanya pun valid dan memberikan tampilan hasil dari riset database Google.

Beberapa keunggulan dari Google Search Console ini adalah memudahkan pengguna untuk mencari ide keyword terbaru, bisa juga meningkatkan kinerja website pada perangkat mobile, mengetahui referring domain, serta mampu melakukan analisis traffic website.

3. SEMrush

Siapa yang tidak mengenal SEO tools terbaik dan bisa diakses secara gratis dari SEMrush? Tools satu ini sangat berperan penting bagi pemilik website yang fokus pada bisnis, loh.

Penggunaan SEMrush sangat membantu Anda untuk meningkatkan upaya SEO Onpage dan juga Offpage. Karena di dalamnya terdapat beberapa fitur unggulan yang berfungsi untuk website.

Beberapa diantaranya seperti keyword research untuk melacak posisi SERP dan juga menemukan keyword relevan, link building, rank tracking, competitive research dalam hal pembanding keyword dan backlink dengan kompetitor.

4. SEOquake

Ingin lebih irit pengeluaran meskipun sedang membangun website bergengsi? Anda bisa memanfaatkan SEOquake yang merupakan tools tetapi bisa dengan mudah digunakan. Caranya cukup dengan instal extension pada browser.

SEO tools satu ini akan membantu Anda untuk menemukan parameter SEO ketika sedang melakukan pencarian di Google. Informasi pun akan dibagikan menjadi beberapa tampilan, seperti atas website, pop up dashboard, hingga overlay halaman pencarian Google.

Penggunaan SEOquake ini merupakan rangkuman dari performa SEO Onpage dan juga Offpage. Sehingga sangat cocok jika Anda gunakan sebagai bahan analisis. Selain itu, Anda juga bisa melihat kumpulan URL yang berhasil diindeks oleh Google.

5. Ubersuggest

Tools andalan bagi Blogger karena bisa digunakan secara gratis dan aksesnya sangat mudah adalah Ubersuggest. Ubersuggest merupakan tools besutan dari Neilpatel.com yang bisa membantu Anda untuk melakukan optimasi website secara Onpage maupun Offpage.

Fitur utama yang Ubersuggest miliki mulai dari Keyword Analyzer untuk menemukan kata kunci relevan dan memiliki kekuatan keyword, Competitive Analysis yaitu sebagai alat untuk membandingkan data SEO, serta SEO Explorer yang bisa menganalisis SEO Onpage.

6. Google PageSpeed Insight

Website dengan kecepatan yang lambat hanya akan membuat pembaca merasa sebal. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang menutup kembali halaman tanpa menunggu bacaan berhasil ditampilkan.

Jika Anda sebagai pemilik blog sangat abai dengan keresahan pembaca, maka rating dari website tentu saja akan menurun. Salah satu cara untuk menanggulanginya dengan baik yaitu meningkatkan kecepatan dan menjaga performa SEO.

Salah satunya dengan memanfaatkan PageSpeed Insight. Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan perhitungan terhadap tingkat kecepatan website baik di desktop maupun mobile.

Seperti beberapa kriteria berikut :

  • Tingkat kecepatan gambar atau teks muncul di halaman browser

  • Seberapa cepat halaman tampil di layar

  • Durasi yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman

  • Deteksi gerakan elemen

Menggunakan SEO tools satu ini cukup baik jika Anda ingin membangun website lebih sehat dan bervitamin. Jangan sampai abai begitu saja dengan kesehatan website karena berdampak pada pemiliknya sendiri.

Jika Anda merasa bingung dan tidak memiliki waktu untuk melakukan optimasi website meskipun sudah mengetahui beberapa SEO tools yang disampaikan. Maka, Anda bisa mempercayakan kesehatan website pada Rajaseo.com.

Platform layanan Rajaseo.com akan membantu Anda untuk mendapatkan penanganan terbaik pada website yang membutuhkan perawatan khusus. Mulai dari cek backlink berkualitas atau tidak, research content, dan juga beberapa teknik SEO lainnya. Tunggu apalagi, segera hubungi Rajaseo.com agar mendapatkan promo terbaiknya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi