5 Manfaat SEM untuk Bisnis dan Tips Menerapkannya

Blog / 5 Manfaat SEM untuk Bisnis dan Tips Menerapkannya
5 Manfaat SEM untuk Bisnis dan Tips Menerapkannya

Teknik SEM dalam marketing online masih terus digunakan. Anda yang masih ragu menggunakannya perlu tahu apa manfaat SEM untuk bisnis. Pasalnya SEM memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada bisnis modern ini. 

Mengingat saat ini tingkat pengguna mesin pencari masih terus meningkat. Berbagai informasi bisa diperoleh masyarakat hanya menggunakan mesin pencari termasuk informasi untuk pembelian barang. Simak apa saja manfaat yang dihadirkan SEM bagi bisnis Anda. 

5 Manfaat SEM untuk Bisnis Semakin Sukses 

Cara kerja search engine marketing adalah dengan memanfaatkan sistem bidding atau lelang dari kata kunci yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Jika menang maka Anda bisa membuat format iklan dalam bentuk teks, Product Listing Ads, harga, review, rating dan masih banyak lagi. 

Jadi SEM tidak hanya terbatas pada teks dalam sebuah website saja. Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak klik, pengunjung yang mendaftar melalui formulir bahkan transaksi pembelian. Hasilnya juga tergantung kreativitas Anda dalam membuat iklannya. 

Bisa digunakan untuk berbagai tujuan pemasaran, berikut ini beberapa manfaat SEM untuk bisnis yang bisa Anda dapatkan. 

1. Konsumen yang Lebih Tertarget

Menggunakan SEM membuat Anda bisa menentukan siapa saja yang akan membaca iklan. Baik itu sesuai dengan gender, usia bahkan hobi dan lokasi mereka. Iklan akan otomatis muncul di halaman pencarian sesuai target konsumen yang Anda pilih tadi. 

2. Pengukuran Iklan yang Lebih Efektif 

Mengapa manfaat SEM untuk bisnis termasuk dalam pengukuran iklan? Alasannya karena Anda bisa melakukan uji coba iklan tersebut terlebih dahulu. Uji coba ini merupakan fitur yang sudah dihadirkan oleh beberapa mesin pencari sehingga para pebisnis lebih tepat dalam memasang iklan. 

3. Lebih Mudah Mengontrol Budget Iklan 

Manfaat search engine marketing yang selanjutnya adalah soal kontrol budget. Sistem pembayaran dari iklan di mesin pencari adalah Pay Per Click (PPC) artinya Anda hanya perlu membayar ketika ada pengguna yang klik saja. Jadi tidak ada iklan yang tayang sia-sia karena Anda hanya perlu membayar dengan sistem ini. 

4. Meningkatkan Angka Konversi 

Manfaat SEM untuk bisnis juga berhubungan dengan sistem PPC tadi. Anda akan tahu apakah iklan efektif pada saat bill meningkat. Pada saat ini pula angka konversi dari iklan Anda akan naik. Pasalnya Anda bisa mendapatkan data konsumen melalui klik atau langsung terhubung dengan mereka. 

5. Memperluas Brand Awareness

Tujuan search engine marketing bukan sekedar beriklan saja. Ada satu hal yang penting tidak boleh terlewatkan yaitu soal brand awareness. Apalagi jika Anda sedang melakukan peluncuran produk baru maka hal ini penting untuk ditonjolkan. Brand awareness juga secara tidak langsung dapat meningkatkan angka konversi. 

Tips Menerapkan SEM dalam Bisnis 

Penting untuk memperhatikan beberapa hal saat akan menerapkan SEM dalam bisnis. Tujuannya agar iklan tidak perlu lama melalui tahapan uji coba dan bisa langsung efektif. Berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti. 

1. Mengandalkan Keunikan Produk 

Anda harus tahu apa keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal ini harus menjadi keunikan yang ditonjolkan dalam iklan. Penulisannya harus terdapat pada deskripsi iklan yang dapat dibaca langsung oleh pengguna saat melihat daftar hasil pencarian. Oleh karena itu Anda harus cek kembali keunggulan produk. 

2. Berikan Penawaran Spesial 

Jangan lupa juga untuk memberikan penawaran spesial jika Anda ingin menjual produk langsung. Menambahkan kata diskon, cashback sampai dengan nominal potongan harga akan jauh lebih efektif. Penulisan penawaran ini harus detail sehingga pengguna tidak merasa tertipu, karena saat ini ada begitu banyak pembeli yang pintar. 

3. Memasukkan Kata Kunci di Deskripsi Iklan 

Supaya iklan mudah ditemukan maka Anda juga harus memasukkan satu kata kunci pilihan di dalam deskripsi iklan. Kata kunci ini harus diriset terlebih dahulu sehingga Anda tidak salah memilihnya. Anda bisa menggunakan kata kunci berupa jenis produk sampai dengan kata kunci transaksional. 

Sekarang Anda sudah paham apa saja manfaat SEM untuk bisnis. Anda tinggal mempelajari saja bagaimana cara untuk melakukan bidding agar kata kunci yang disasar bisa masuk. Selain itu Anda harus mencari kata kunci yang efektif agar menarik perhatian konsumen untuk melakukan klik. 

Anda yang merasa kesulitan mencari kata kunci untuk SEM bahkan SEO (Search Engine Optimization) bisa langsung menggunakan jasa di RajaSEO.com. Ada sederet layanan yang dihadirkan bisa Anda manfaatkan dalam bisnis, mulai dari riset kata kunci, website audit sampai dengan cek backlink. 

Ketika layanan ini bisa Anda dapatkan langsung sekaligus melalui paket yang sudah disediakan oleh RajaSEO.com dengan harga terjangkau. Oleh karena itulah manfaat SEM untuk bisnis bisa segera Anda dapatkan. Tidak perlu menunggu lagi, cek paket yang disediakan RajaSEO.com sekarang juga dengan mengunjungi webnya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi