Apa Saja Perbedaan Artikel SEO & Artikel Biasa

Blog / Apa Saja Perbedaan Artikel SEO & Artikel Biasa
Apa Saja Perbedaan Artikel SEO & Artikel Biasa

Artikel SEO dengan artikel biasa, tentu saja berbeda jika dilihat dari berbagai aspek. Artikel biasa merupakan jenis artikel yang dibuat dengan tujuan lebih luas dan bersifat umum, misalnya berupa sebuah karangan atau essay dalam bentuk karya tulis. Sementara artikel SEO merupakan jenis artikel yang memang tujuannya untuk mengoptimalkan website di mesin pencari Google. Skema penulisan artikel SEO lebih ditujukan ke mesin pencarian, jadi dibuat secara sistematis agar terdeteksi oleh mesin. Lalu apa saja perbedaan artikel SEO dan artikel biasa?

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Berikut ini beberapa perbedaan antara artikel SEO dan artikel biasa, yang wajib Anda pahami terutama bagi yang ingin melakukan optimasi agar masuk ke halaman satu di mesin pencari. 

1. Struktur Penulisan

Perbedaan pertama terlihat pada struktur penulisan antara artikel SEO dan juga artikel biasa. Di artikel SEO, struktur penulisan artikel lebih dinamis dan berfokus pada kata kunci dan sub heading agar artikel lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari Google. Jika kata kunci yang Anda masukkan tepat, akan membuat artikel bisa masuk ke halaman utama di mesin pencari.

Sedangkan jika dilihat pada artikel biasa, tentu saja tidak berfokus pada kata kunci dan sub heading. Bahkan artikel biasa tidak memuat kata kunci tidak masalah. Karena artikel biasa punya tujuan yang lebih luas dan fokusnya memberikan isi informasi yang memuat pendahuluan, isi artikel dan juga penutup.

2. Gaya Bahasa

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa juga terletak pada gaya bahasa. Di mana untuk artikel SEO harus menggunakan cara penulisan berpedoman pada PUEBI. Alasannya, karena topik yang disampaikan lebih informatif dan juga formal sehingga setiap paragrafnya terasa lebih efektif. Artikel berpedoman PUEBI juga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Sedangkan pada artikel biasa memiliki gaya bahasa yang lebih santai dan tidak perlu berpedoman pada PUEBI. Bahkan tidak jarang, artikel biasa menempatkan tulisan sebagai teman para pembaca. Namun meski santai, tetap saja topik yang ditulis pada artikel tersebut membuat pembaca nyaman.

4. Tujuan Pembuatan Artikel

Artikel SEO dan artikel biasa juga punya perbedaan dari segi tujuan penulisan artikel. Karena tujuan utama membuat artikel SEO adalah memaksimalkan konten agar terdeteksi mesin pencari dan bisa bersaing dengan konten-konten sejenis. Tujuannya adalah untuk menjadi konten terbaik dan masuk di halaman pertama bahkan di pencarian nomor 1 pada search engine Google. 

Artikel SEO juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas seo website. Cara ini dilakukan untuk membuat pondasi SEO internal website lebih kuat. Di mana semakin bagus artikel yang Anda masukkan ke website, maka akan semakin bagus kualitas SEO website. 

Artikel biasa punya tujuan utama untuk menyampaikan informasi ke para pembaca. Fokusnya juga tidak untuk memasarkan artikel, melainkan hanya untuk memuaskan kebutuhan pembaca dengan sebuah topik. 

5. Topik yang Dibahas

Artikel SEO mengangkat lebih banyak topik atau pembahasan yang informatif untuk menyajikan informasi terbaik untuk para pembaca dan juga lebih bebas. Pembahasannya juga sangat umum seputar tips dan trik, motivasi, edukasi, pekerjaan, review, karir dan masih banyak lagi. 

Topik-topik seperti ini memang lebih banyak dibahas oleh artikel SEO, karena mudah untuk ditemukan dan memang dibutuhkan oleh para pembaca yang mengunjungi mesin pencari Google. Maka dari itu perlu yang namanya kata kunci yang tepat di mesin pencari. 

Sementara untuk artikel biasa, maka pembahasannya lebih ke topik yang khusus atau spesifik. Seperti misalnya artikel untuk media jurnal buku, laporan dan sejenisnya.

6. Artikel Dilengkapi Internal Link dan External Link

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa juga terletak pada adanya internal link dan external link pada artikel SEO. Internal link sendiri merupakan link yang mengarahkan pada website Anda sementara external link link yang mengarah ke website lain. Link yang dipasang ini tentu bukan link sembarangan harus menggunakan enter teks yang variatif.

Sementara pada artikel biasa tentu saja tidak ada link di dalam konten artikel sama sekali. Karena tujuan konten artikel biasa, hanya untuk ditemukan oleh pembaca yang memang membutuhkan informasi dari topik artikel tersebut. 

Jadi dari tadi beberapa perbedaan artikel SEO dan juga artikel biasa. Untuk Anda yang sedang ingin melakukan optimasi website dan butuh kata kunci yang tepat agar artikel lebih mudah ditemukan pada mesin pencari, maka bisa memanfaatkan layanan jasa RajaSEO.com. RajaSEO.com membantu analisa kata kunci lebih efektif dan juga menganalisa kualitas backlink serta website untuk meningkatkan kualitas website. 

RajaSEO.com memiliki tiga layanan utama yaitu website audit, keyword research dan backlink checker. Layanan jasa SEO ini juga sudah memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam industri internet marketing sehingga dapat membantu Anda untuk memperbaiki berbagai faktor, agar website masuk ke halaman pertama mesin pencari. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi