Tips Memilih Plugin SEO Wordpress yang Tepat

Blog / Tips Memilih Plugin SEO Wordpress yang Tepat
Tips Memilih Plugin SEO Wordpress yang Tepat

Sudahkah Anda menggunakan plugin SEO Wordpress? Apa saja plugin yang sudah Anda gunakan? Apakah plugin tersebut tepat untuk melakukan optimasi dan memudahkan Anda mengelola website untuk optimasi? 

Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika menjadi admin web atau SEO specialist. Termasuk Anda yang saat ini sedang mengembangkan blog sendiri menggunakan Wordpress. Ada cara tepat untuk memilih plugin paling tepat dan sesuai. Ikuti tips untuk memilihnya ini. 

7 Tips Menemukan Plugin SEO Wordpress yang Terbaik 

Plugin SEO adalah ekstensi tambahan yang memudahkan pengembang website untuk memaksimalkan fungsi dari Wordpress. Soal jenis, plugin ini sudah sampai ratusan bahkan ribuan dari yang gratis sampai dengan berbayar. 

Anda tidak perlu menginstal semua plugin yang tersedia dan wajib memilihnya dengan seksama. Tidak sedikit bahkan yang mencoba plugin mana yang paling cocok kemudian menghapusnya ketika dianggap kurang efektif. 

Menghemat waktu Anda dalam memilih plugin SEO Wordpress terbaik , berikut ini beberapa tips untuk diikuti agar mendapatkan yang tepat. 

1. Mencari Tahu Siapa Pengembangnya

Anda harus mengecek terlebih dahulu siapa pengembang dari plugin tersebut. Anda akan lebih aman jika menginstal plugin buatan dari pengembang ternama karena informasi mengenai pengembang tersebut akan lebih mudah didapatkan.

Anda juga bisa mengecek plugin apa saja yang sudah pernah dibuat dan apakah banyak digunakan oleh para web master. Sangat mudah mengcek review plugin dari developer ternama karena pasti banyak ulasan tentangnya.

2. Mencari Tahu Fitur Apa yang Disediakan 

Meskipun sama, masing-masing plugin pasti memiliki fitur yang berbeda-beda. Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah fiturnya memang sedang dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan layanan demo dari plugin tersebut atau memanfaatkan fitur gratisannya jika plugin berbayar. 

Berdasarkan fitur ini juga Anda bisa menentukan jenis plugin apa yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk website. Mengingat bisa saja ada beberapa plugin yang sudah Anda gunakan ternyata memiliki fitur serupa. Jadi pastikan untuk membaca deskripsi fitur dan mencobanya. 

3. Pengembang Rutin Melakukan Pembaruan

Layaknya aplikasi di smartphone, plugin SEO Wordpress juga akan terus diperbarui oleh pengembangnya. Tujuannya adalah untuk memperbarui fitur yang mengikuti perkembangan teknik SEO. Bukan hanya itu saja tetapi juga untuk menjaga keamanan website Anda. 

Adanya pembaruan ini bisa Anda cek terlebih dahulu di log perubahan atau riwayat pembaruannya. Kapan terakhir plugin sudah diperbarui oleh pengembang? Jika sudah lewat dari satu tahun bisa jadi plugin tidak lagi dikembangkan yang mengakibatkan fitur mungkin tidak aktif. 

4. Menyediakan Support Forum 

Hal yang tidak kalah penting saat memilih plugin SEO Wordpress adalah soal support forum. Fungsi dari utas dukungan ini adalah untuk memudahkan para penggunanya mendapat solusi dari masalah yang dialami ketika menggunakan plugin tersebut. Anda bisa mengecek apa saja permasalahan dan solusi yang pernah terjadi sebelumnya. 

Jangan sampai Anda memilih plugin yang support forum ini tidak berfungsi lagi. Bahkan respon yang diberikan terhadap pertanyaan pengguna sangat lama. Anda akan sangat dirugikan apalagi jika plugin tersebut berbayar. Lebih baik memilih plugin lain yang support system-nya bagus. 

5. Memperhatikan Fungsi dari Plugin 

Sama seperti fitur, Anda harus mengetahui apakah fungsi utama dari plugin tersebut. Misalnya saja jika sudah menggunakan Yoast SEO untuk melakukan optimasi kata kunci, cek readability artikel sampai snippet. Maka Anda tidak perlu menggunakan Rank Math yang memiliki fungsi kurang lebih sama. 

Ketika Anda menginstal dua plugin yang fungsinya sama maka akan percuma. Karena Anda hanya perlu menggunakan salah satu agar tidak kesulitan menggunakannya. Bukan hanya itu saja, plugin berlebihan hanya akan membuat akses website semakin berat. 

6. Membaca Review Pengguna 

Tips memilih plugin SEO Wordpress selanjutnya adalah dengan membaca review dari pengguna lainnya. Layaknya aplikasi, setiap pengguna bisa memberikan review pada plugin tersebut agar orang lain bisa lebih mudah memilih. Bahkan pengguna juga bisa memberikan rating dengan topik tertentu. 

Contohnya saja apakah ulasan dari support system yang bagus dan fungsinya yang bagus. Anda bisa membaca lebih teliti. Bahkan Anda yang sudah menggunakan plugin lain bisa juga memberikan ulasan sesuai dengan pengalaman penggunaan secara jujur. 

7. Berapa Banyak Penggunanya 

Saat memilih plugin Anda juga harus mengecek bagian pengguna aktifnya. Caranya adalah melalui repository Wordpress.org maka cek berapa angka penggunanya. Semakin tinggi maka lebih baik karena menandakan plugin berkualitas. 

Berhati-hatilah saat memilih plugin SEO Wordpress karena berhubungan dengan kemudahan Anda untuk melakukan optimasi. Bagi Anda yang saat ini kesulitan untuk melakukan optimasi sendiri bisa memanfaatkan Rajaseo.com. Di sini ada banyak paket layanan yang disediakan. 

Anda bisa mendapatkan layanan audit website, riset kata kunci sampai dengan cek backlink. Rajaseo.com menawarkan tim yang kompeten untuk melakukan audit sampai dengan riset dan cek backlink jadi Anda tidak perlu khawatir lagi. Cek langsung di Rajaseo.com untuk mengetahui pilihan paketnya. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi