6 Cara Mudah Optimasi SEO Off Page

Blog / 6 Cara Mudah Optimasi SEO Off Page
6 Cara Mudah Optimasi SEO Off Page

Backlink merupakan salah satu faktor paling utama dari penilaian rank Google. Di mana, banyaknya link website relevan bertaut pada website Anda berarti menunjukkan bahwa kepemilikan blog Anda merupakan sumber terpercaya.

SEO merupakan sebuah cara yang biasa dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah situs website. Optimasi SEO Off Page salah satunya. Proses optimasi ini dilakukan dengan melibatkan backlink berkualitas dari website lain.

Bagi blogger yang sudah berkecimpung dalam dunia online ini tentunya tidak asing. Optimasi memang sangat dibutuhkan untuk membangung branding yang baik. Tidak terkecuali dalam dunia bisnis yang ingin memperluas target pasar.

Namun, beberapa orang masih tidak paham bagaimana cara paling tepat untuk mengoptimasinya. Sehingga dibutuhkan panduan khusus agar proses optimasi berjalan dengan baik dan sukses membangun website berkualitas.

Begini Cara Efektif Optimasi SEO Off Page

Berikut beberapa panduan yang bisa Anda ikuti untuk optimasi SEO Off Page pada halaman website, antara lain :

1. Bangun Backlink Berkualitas

Teknik optimasi SEO ini dibangun dengan mendapatkan backlink yang berkualitas. Darimana Anda mendapatkannya? Tentu saja dari website yang memiliki aktivitas update rutin dan berkualitas.

Fakta backlink berpengaruh besar ini memang sangat benar. Karena, website yang nangkring di rangking pertama Google pastinya memiliki backlink 3,8 kali lebih banyak dibandingkan website yang berada di posisi kedua, ketiga, dan seterusnya.

Beberapa teknik link building untuk membangun SEO Off Page seperti guest blogging, broken link building, link reclamation, ego bait, dan juga link building dari konten.

2. Miliki Link Dofollow dari Website Lain

Link Do Follow merupakan salah satu teknik optimasi berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan. Pasalnya, link do follow akan mengajak Google untuk mengikuti tujuan dan berakhir dengan memperkuat nilai SEO pada website tersebut.

Untuk itu, jika Anda membeli atau bertukar backlink pastikan bahwa link nya dofollow, ya. Karena, link nofollow tidak akan mengajak Google untuk mendeteksi. Sehingga tidak akan memberikan manfaat signifikan pada website.

Nah, untuk meminimalisir penipuan backlink Anda bisa mengeceknya pakai ekstensi Google Chrome NoFollow.

3. Jangan Sampai Abai Terhadap Local SEO

Untuk melakukan optimasi SEO Off Page, penting bagi Anda untuk memperhatikan local SEO, ya. Metode ini akan membantu menampilkan website Anda di pencarian lokal Google, loh. Khususnya bagi pemilik website bisnis.

Strategi ini akan membantu Anda membangun bisnis dan juga website agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. 

4. Lakukan Pemasaran Konten

Pernah mendengar istilah marketing? Nah, dalam melakukan optimasi sebuah website Anda juga bisa melakukan pemasaran konten, loh. Teknik pemasaran ini akan membantu Anda mendapatkan visibilitas konten dengan baik.

Contoh pemasaran dengan teknik SEO Off Page ini bisa Anda lakukan dengan membuat dan membagikan konten berkualitas versi Anda. Apalagi jika Anda membagikannya berdasarkan konten sesuai pembahasan di dalam website.

Lakukan juga publikasi guest post untuk menarik minat pembaca lebih banyak. Baik di sosial media maupun media iklan sekalipun.

5. Listing Bisnis

Bagi beberapa orang mungkin masih terdengar asing dengan kata listing bisnis. Salah satu metode ini juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan optimasi dengan memasukkan identitas bisnis ke dalam listing, loh.

Langkah ini terkesan cukup efektif ketika produk yang Anda tawarkan berbau kebutuhan. Contohnya seperti makanan, minuman, rekreasi, maupun sebuah website yang membahas jasa penginapan.

Anda bisa memanfaatkan website ulasan untuk membantu mengenalkan bisnis kepada pelanggan. Dengan begitu, secara tidak langsung konsumen akan lebih mudah mengetahui informasi mengenai jasa yang Anda tawarkan.

6. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Online

Berikutnya, melakukan optimasi sebuah website dari luar juga bisa Anda jalankan dengan memanfaatkan media sosial. Contohnya dengan membagikan informasi yang sudah Anda tulis pada website di media sosial.

Jika pembaca penasaran, nantinya akan mengklik artikel pada website. Selain memudahkan pembaca mendapatkan informasi sesuai kebutuhannya. Anda juga mendapat keuntungan karena SEO Off Page bisa membantu website mendapatkan nilai positif dari Google.

Apabila Google memberikan respon yang baik terhadap promosi yang Anda lakukan. Maka, Google akan menerima sinyal dan memberikan penilaian bahwa konten yang Anda buat cukup menarik bagi orang lain.

Meskipun secara kalkulasi cara ini belum terbukti cukup signifikan dalam meningkatkan rangking secara langsung. Tetapi, memanfaatkan sosial media dengan baik dapat membantu Anda untuk membuat brand lebih dikenal, loh.

Nah, bagaimana, apakah beberapa cara untuk melakukan SEO Off Page di atas cukup efisien jika Anda gunakan pada website pribadi? Meskipun membutuhkan banyak effort, tetapi jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh pasti memberikan efek yang sangat baik pula.

Tetapi, jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri. Anda bisa memanfaatkan jasa Rajaseo.com yang menyediakan beragam paket SEO untuk kebutuhan website.

Tidak hanya memberikan pelayanan terbaik dan penawaran harga terjangkau. Rajaseo.com juga menerima layanan konsultasi terhadap permasalahan website agar mendapatkan vitamin yang sesuai. Tunggu apalagi, segera lakukan konsultasi dan dapatkan layanan terbaik Anda hanya di Rajaseo.com.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi