5 Cara Mencari Keyword Turunan untuk Konten Website

Blog / 5 Cara Mencari Keyword Turunan untuk Konten Website
5 Cara Mencari Keyword Turunan untuk Konten Website

Cara mencari keyword turunan memang seringkali diabaikan oleh pemilik website. Padahal perannya cukup penting dalam mendongkrak SEO sebuah Blog. Tujuannya agar website tidak spam keyword dan justru memperkaya kata.

Namun sayangnya hal ini masih belum banyak dipahami oleh pemain blog. Bahkan, ada yang bingung bagaimana cara mencarinya. Keyword turunan merupakan pendukung keyword utama yang bisa dengan mudah Anda temukan berdasarkan rekomendasi Google.

Namun, jika Anda bingung bagaimana cara mencarinya secara jelas. Anda bisa mengikuti beberapa metode pencarian yang sesuai.

Keyword Turunan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencari keyword turunan, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa pengertian dan fungsinya. Keyword turunan sendiri merupakan pengembangan dari kata kunci pokok dalam sebuah konten.

Kegunaannya sendiri cukup besar. Pasalnya, ketika Anda sebagai pemilik website tidak bisa bersaing dengan laman besar yang memiliki domain cukup lama. Maka, penggunaan kata kunci turunan akan membantu Anda dalam menempati SERP (Search Engine Page Rage), loh.

Proses penentuannya sendiri pun tidak bisa dianggap mudah. Karena Anda perlu melakukan pengecekan mana kata kunci relevan dan potensial untuk mendongkrak website agar mudah diserap oleh search engine.

Cara Mencari Keyword Turunan dengan Mudah

Untuk menghindari kepadatan kata kunci biasanya pemilik website memanfaatkan keyword turunan. Nah, untuk mencarinya sendiri, Anda bisa melakukan dengan beberapa metode, antara lain :

1. Pakai Keyword Tools

Cara mencari keyword turunan yang pertama bisa dengan memanfaatkan Keyword Tools. Variasi pencarian pakai tools satu ini disediakan dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Jika Anda masih Blogger pemula memanfaatkan versi gratis saja sudah sangat membantu, loh. Namun sayangnya, penggunaan versi gratis terdapat pembatasan volume pencarian tidak bisa ditemukan.

Apabila Anda ingin melakukan analisis sekaligus pada kata kunci turunan yang potensial. Maka, siapkan beberapa uang untuk membeli versi premiumnya.

2. Ubersuggest

Tools lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan kata kunci turunan relevan adalah Ubersuggest. Tidak hanya bisa mencari keyword utama, Anda juga bisa menggunakan Ubersuggest untuk menemukan keyword turunan.

Dalam kata kunci turunannya sendiri Anda juga bisa melakukan analisis sekaligus. Karena, Ubersuggest memberikan fasilitas tampilan volume dan juga persaingan kata kunci sesuai dengan topik pencarian Anda.

Untuk jumlah kata kunci turunan yang akan Ubersuggest tampilkan pun beragam. Hal ini dipengaruhi oleh konten yang sedang Anda cari. Apabila volume pencariannya kecil, maka Anda bisa mencari keyword turunan dengan volume yang kecil juga.

Menggunakan Ubersuggest yang bisa diakses secara gratis tentu sangat menguntungkan. Pastikan Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

3. Google Trends

Selanjutnya, cara mencari keyword turunan lain juga bisa Anda lakukan dengan Google Trends. Tidak hanya membantu Anda dalam menemukan topik trending, Google Trends juga bisa memberikan analisis keyword turunan potensial, loh.

Variasi yang dimiliki oleh Google Trends sendiri sangat menarik. Karena Anda bisa mendapatkan tampilan topik yang akan dibahas, pencarian kata kunci terbanyak, serta perbandingan kinerja dari masing-masing keyword.

Selain itu, Google Trends juga sangat cocok bagi Blogger yang memiliki budget minim. Karena, akses keyword melalui tools ini bisa Anda lakukan secara gratis. Kini mendapatkan keyword turunan bukan lagi hal yang susah, kan?

4. People Also Ask

LSI atau keyword turunan pada masing-masing Blogger memiliki pemahaman yang berbeda. Ada juga Blogger yang tidak memperdulikan keyword turunan dengan pencarian signifikan seperti kata kunci utama.

Beberapa Blogger justru memanfaatkan rekomendasi dari Google dengan melihat ‘People Also Ask’ yang biasanya berada di tengah halaman utama pencarian. Di sana, Anda bisa melihat apa saja pencarian yang sering dilakukan oleh pembaca.

Nah, Blogger yang memahami nilai potensialnya akan memanfaatkan pertanyaan tersebut untuk dimasukkan ke dalam konten sebagai kata kunci turunan.

5. LSI Graph

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan LSI Graph untuk menemukan kata kunci turunan tanpa menggunakan tools khusus. Pasalnya, tools satu ini menyatu dengan Google sehingga Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk menemukan keyword turunan yang relevan.

Penggunaan LSI Graph dinilai sangat praktis karena tidak seribet beberapa tools lain. LSI Graph juga bisa Anda manfaatkan untuk meriset kata kunci utama seperti Ubersuggest, Google Trends, dan juga Keyword Planner, loh.

Namun sayangnya, fitur gratis yang disediakan memiliki pembatasan khusus. Sehingga apabila Anda ingin memanfaatkan lebih jauh, penggunaan premium lebih disarankan.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui terkait cara mencari keyword turunan. Apakah terdengar sulit untuk melakukan optimasi SEO pada sebuah website saja?

Tenang, jika Anda merasa hasil kurang maksimal meskipun sudah berusaha. Kini saatnya untuk memanfaatkan jasa optimasi website seperti RajaSEO.com agar hasil lebih maksimal.

Selain pengecekan konten website secara berkala, RajaSEO.com juga akan membantu Anda untuk menemukan keyword potensial dalam meningkatkan kualitas website. Tunggu apalagi, segera checkout pemesanan layanan hanya di RajaSEO.com

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi