5 Alat Riset Keyword SEO Gratis dan Terbaik

Blog / 5 Alat Riset Keyword SEO Gratis dan Terbaik

Dalam membangun sebuah website, Anda harus paham berbagai trik supaya situs dapat berkembang dan produktif. Keyword atau kata kunci salah satu yang berperan penting dalam mengembangkan website. Jadi, supaya bisa menggunakan keyword yang tepat Anda bisa menggunakan alat riset keyword SEO gratis.

Dengan menggunakan keyword tool gratis tersebut, Anda bisa lebih mudah menentukan kata kunci populer dan relevan bagi website. Selanjutnya, peluang kunjungan ke website Anda pun lebih besar. 

5 Rekomendasi Alat Riset Keyword SEO Gratis

Saat ini ada banyak pilihan keyword tools SEO terbaik yang siap membantu mencari kata kunci populer dan relevan secara praktis. Dengan begitu konten dalam website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh Googlebot dan masuk indeks. 

Di samping itu, penggunaan keyword yang tepat juga membantu mengoptimasi website di mesin pencarian. Tujuannya agar website menempati peringkat atas dan muncul di halaman pertama Google. Traffic pun semakin tinggi dan website cepat berkembang. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi alat riset keyword SEO gratis yang terbukti terbaik dan patut Anda coba. Tools tersebut di antaranya yaitu: 

1. Google Search

Pada saat Anda tengah melakukan pencarian biasanya akan muncul dropdown beberapa keyword yang sedang banyak dicari. Dari situ Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan keyword dan ide untuk konten website. Jadi, tidak salah jika Google Search termasuk dalam rekomendasi alat riset kata kunci SEO gratis. 

2. Google Trends 

Tools satu ini menjadi salah satu tools SEO gratis terpopuler. Google Trends juga menjadi alat SEO gratis pertama yang dikenal orang. Tidak heran jika tools ini sudah sangat familiar. Performanya dalam melakukan riset keyword SEO pun tidak perlu Anda ragukan. 

Anda bisa memantau kata kunci populer secara real time. Dengan begitu Anda lebih mudah dan cepat dalam menemukan kata kunci terbaik juga tepat bagi website Anda. Itulah mengapa Google Trends menjadi salah satu yang terpopuler di antara tools riset keyword SEO gratis yang ada. 

3. Google Keyword Planner 

Google keyword planner merupakan bagian dari Google Ads. Alat ini memiliki banyak fitur unggulan yang menjadikannya kian diminati. Adapun fitur unggulan yang dimaksud antara lain seperti: 

  • Informasi performa keyword dari fitur Get Search Volume and Forecast 

  • Tingkat pencarian dan persaingan kata kunci 

  • Mencari sekaligus sepuluh keyword yang relevan dengan fitur discover new keyword

  • Mendukung conversion rate dan mencari kata kunci yang Anda butuhkan 

4. Ubersuggest 

Lepas dari Google, ada juga alat riset keyword SEO gratis yang juga terbaik yakni Ubersuggest. Tools ini sudah sangat akrab dengan para blogger maupun marketer. Hal itu tidak lepas dari keberadaan fitur unggulannya yaitu keyword analyzer yang memberi empat kemudahan mencari kata kunci. 

Anda bisa menggunakan fitur keyword ideas, keyword list, keyword overview, dan juga content ideas. Tools ini sangat user friendly, Anda cukup memasukkan kata kunci yang dibutuhkan dengan mengaktifkan filter lokasi. 

Dengan begitu, akan muncul keyword ideas dan juga daftar relevan keyword. Tidak hanya itu, di sana akan muncul juga informasi tentang volume pencarian, SEO difficulty, juga CPC. Jadi lebih mudah memantau performa keyword dan punya banyak alternatif kata kunci yang juga relevan. 

5. Ahrefs Free Keyword Generator

Sebenarnya tools ini termasuk premium. Namun hadir juga versi gratisnya. Hanya saja fitur yang ditawarkan tentu tidak selengkap versi premiumnya. Namun masih efektif dalam membantu mencari keyword yang populer dan relevan dengan website Anda. 

Fitur yang bisa Anda dapatkan dari tools ini antara lain: 

  • Pencarian kata kunci yang relevan 

  • Melakukan identifikasi pada long tail keyword

  • Analisa persaingan 

  • Memberi informasi metrik performa SEO dari kata kunci tertentu 

Cukup lengkap fitur yang ditawarkan, tetapi terbatas karena gratis. Sebut saja seperti jumlah saran kata kunci yang diberikan hanya 100. Informasi yang menyertai sebatas tingkat kesulitan dan volume pencarian saja. Namun alat ini cukup mumpuni untuk membantu mengembangkan website Anda lewat keyword yang tepat. 

Rekomendasi alat riset kata kunci di atas bertujuan untuk memudahkan Anda mengoptimasi website melalui pemilihan kata kunci yang tepat. Namun jika Anda merasa kurang paham tentang hal ini, bisa meminta bantuan pakar SEO yakni RAJASEO.com. 

Dengan bantuan RAJASEO.com, dijamin situs Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google. Ini karena tiga layanan utamanya, yang salah satunya adalah keyword research. Jadi, jika masih kesulitan menggunakan alat riset keyword SEO gratis, serahkan pada ahlinya RAJASEO.com. 

Keyword dijamin relevan dan efektif mengoptimasi performa website. Dengan begitu, mampu muncul di halaman pertama pencarian Google dan traffic pun terus meningkat. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi