Kenali Jenis-jenis Link Building Untuk Tingkatkan Traffic

Blog / Kenali Jenis-jenis Link Building Untuk Tingkatkan Traffic
Kenali Jenis-jenis Link Building Untuk Tingkatkan Traffic

Link building pada dasarnya adalah strategi memperoleh backlink berkualitas dari web lain untuk dipasang pada web Anda. Jadi fokusnya bukan hanya mendapatkan backlink, tapi memikirkan secara matang link yang diinginkan dan memastikan tidak melanggar aturan search engine atau mesin penelusuran. 

Ketahui Berbagai jenis Link Building dan Pengaruhnya Pada Web

Kualitas web bisa ditentukan dari link di dalamnya. Anda perlu beberapa link untuk bisa mendukung posisi di mesin penelusuran berdasarkan kata kunci tertentu. Salah satu keuntungan dari jaringan link adalah bisa meningkatkan web authority dari situs Anda. 

Apakah Artinya Link building?

Membangun jaringan tautan bisa berarti berbagai hal. Yang pasti pada dasarnya adalah untuk mendukung keberadaan suatu web. 

  • Metode SEO off-page untuk memperoleh link. Algoritma dan kalkulasi ranking search engine bisa berubah-ubah, tapi rangkaian tautan tetap jadi bagian besar dalam menentukan peringkat situs web. 
  • Situs web berkualitas ditandai dengan banyak backlink yang relevan tentunya/ Backlink spam justru dapat membuat web Anda ikut bermasalah. Kualitas backlink lebih penting daripada kuantitas. Oleh karena itu, cari yang benar-benar terbaik. 
  • Backlink dari situs web dengan trafik tinggi adalah backlink berkualitas. Sebaliknya, web mencurigakan bisa jadi tautan spam yang sebaiknya Anda hindari. 

Sudah paham ya kalau ternyata membangun jaringan tautan yang bagus sangatlah penting. Sama pentingnya dengan membuat link dengan memahami berbagai jenisnya.

Berbagai Jenis Link Building

Ada banyak cara untuk memperoleh backlink. Bahkan backlink berkualitas juga termasuk mudah untuk ditemukan. Namun, anda juga perlu tahu mengenai jenis tautan yang perlu Anda hindari. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis dari link building. 

1. Natural Link Building

Sesuai namanya, Natural link building adalah tautan yang dibuat secara alami. Contohnya ketika web lain mencantumkan tautan ke halaman Anda sebagai referensi. Cara lain adalah web lain mengambil data statistik, infografis atau gambar dari web Anda.

Hal tersebut berarti Anda harus memiliki web berbobot sehingga dijadikan narasumber bagi pemilik web lainnya. Mungkin fakta ini berarti membangun tautan secara natural jadi sangat susah. Tapi kalau Anda membicarakan hal yang Anda sukai dan kuasai maka lama-kelamaan akan bisa menikmati prosesnya. Tidak heran kalau natural tautan merupakan aset berharga bagi situs web.

2. Outreach Link Building

Membuat tautan secara alami pada dasarnya kita yang mencantumkan web lain yang lebih besar. Kalau Outreach berarti web lain yang menyebutkan nama kita. Oleh karena itu, mendapatkan jenis tautannya jadi lebih menantang. 

Anda perlu memilih ribuan web yang tepat untuk web Anda. Kemudian, Anda harus menghubungi pemilik web lain. Kemudian menyebutkan manfaat menyebutkan web Anda pada situs mereka. Anda bisa meminta mereka untuk membantu menyebut link situs Anda. 

Pada dasarnya Anda adalah web yang lebih baru. Dengan demikian berarti belum terlalu populer. Jadi, yang Anda lakukan adalah meraih perusahaan lain untuk mengungkapkan hal positif dari yang dilakukannya sehari-har. 

Jangan lupa kalau anda perlu mencari web yang relevan. Mulailah mencari dari situs forum, komunitas, website directory, dan tempat lainnya. Satu hal yang paling penting dalam memilih penempatan backlink adalah kesamaan relevansi.

3. Link Building Negatif

Kadang kita bisa keliru memasangkan tautan karena kurang paham dengan manfaatnya. Jadi, pemasangan link tidak mempertimbangkan relevansi, kesamaan topik dan lain sebagainya. Link yang bersifat negatif hanya melihat autan sebagai pengarah trafik saja. 

Tentu sekilas link mempengaruhi pengunjung. Tapi, Anda kehilangan kesempatan membuat mereka sebagai pelanggan karena tautan tidak dibuat dengan memperhatikan kaidah SEO. Bahkan alhasil adalah pelanggaran yang bisa membuat web anda dihapus. 

Pada dasarnya, memang link building digunakan untuk membantu meningkatkan SEO pada website. Semakin menarik sumber backlink, maka akan semakin tinggi trafik yang didapat. 

Itulah beberapa jenis link building yang Anda lakukan untuk mempopulerkan website Anda. Dengan membuat backlink berkualitas maka web akan meningkat peringkatnya, banyak dikunjungi orang dan juga mendapatkan apresiasi. 

Dengan sentuhan personal, Anda akan mendapati kalau konten sangat berbobot dan menarik minat orang lain. Inti dari membuat jaringan tautan adalah mendapatkan backlink berkualitas seorang diri. Kini sudah ada jasa RajaSEO.com. Platform ini menyediakan backlink berkualitas yang cocok untuk usaha Anda. 

RajaSEO.com adalah bantuan yang anda butuhkan untuk memakai backlink berkualitas yang menunjang link building. Yang Anda perlukan adalah web yang relevan dengan web Anda.Dengan backlink yang tepat maka Anda akan bisa membangun jaringan tautan yang solid.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi