Website Builder, Bikin Web Sendiri Jadi Lebih Mudah

Blog / Website Builder, Bikin Web Sendiri Jadi Lebih Mudah
Website Builder, Bikin Web Sendiri Jadi Lebih Mudah

Anda ingin membuat website dengan mudah, namun tidak memiliki keahlian, pengetahuan cukup baik, serta pengalaman yang mumpuni? Anda bisa menggunakan platform pembangun website atau Website Builder yang memudahkan pembuatan situs web sendiri. 

Platform pembangun website ini merupakan sebuah alat atau platform yang dirancang untuk memungkinkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman atau desain website untuk mendesain dan membuat situs web mereka sendiri. 

Dengan menggunakan pembangun website, maka Anda dapat membuat situs web dengan mudah melalui antarmuka yang intuitif, tanpa perlu menulis kode atau coding, serta tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam terkait pembuatan website.

Hal ini sangat penting, karena tidak semua orang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang ini. Pasalnya, proses pengerjaannya juga cukup rumit dan memerlukan kreativitas yang tinggi. Lantas, apa saja kelebihan dan fitur yang platform tersebut tawarkan?

 

Berbagai Fitur Website Builder

Platform pembangun website umumnya menawarkan berbagai template dan desain yang dapat dipilih. Beberapa platform juga menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs web mereka. Beberapa fitur yang umumnya ditawarkan oleh platform tersebut adalah sebagai berikut.

1. Drag-and-Drop Interface

Drag-and-Drop Interface memungkinkan pengguna untuk menambahkan, mengatur dan mengedit elemen situs web secara visual. Caranya adalah dengan menggeser dan meletakkan elemen-elemen tersebut di tempat yang diinginkan.

2. Template

Koleksi desain dan layout yang sudah jadi yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Template ini biasanya mencakup berbagai pilihan jenis situs web, misalnya saja untuk kebutuhan situs bisnis, blog, portofolio, atau toko online. 

3. Integrasi dengan Media Sosial

Selanjutnya, ada integrasi ke media sosial sebagai salah satu fitur menarik dari membangun website. Kemampuan untuk mengintegrasikan situs web Anda dengan platform media sosial. Misalnya saja seperti menyematkan tombol berbagi ke konten situs web atau menampilkan unggahan media sosial terkait.

4. Editor WYSIWYG

Website Builder biasanya menyediakan editor What You See Is What You Get (WYSIWYG) yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit halaman website secara visual dengan sangat mudah. Anda tidak perlu memahami kode HTML atau CSS dalam pengerjaannya. Anda dapat menambahkan teks, gambar, video, tombol, dan elemen-elemen lainnya ke halaman dengan mudah.

5. Hosting dan Domain

Beberapa platform pembangun website juga menawarkan layanan hosting dan domain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web mereka secara online dan memiliki alamat web yang unik. Fitur ini seringkali hadir dengan beberapa batasan di dalamnya. 

6. Responsif dan Mobile Friendly

Fitur pembangun website selanjutnya adalah responsif untuk penggunaan di berbagai perangkat. Kemampuan situs web untuk menyesuaikan tampilannya dengan baik pada berbagai perangkat ini berkaitan dengan kenyamanan pengunjung website. Termasuk diantaranya akses via komputer desktop, tablet, dan smartphone dengan tampilan yang mampu menyesuaikan layar perangkat. 

7. Analitik dan Statistik

Banyak pembangun website menyediakan tools analitik bawaan yang memungkinkan Anda melacak kinerja situs web Anda. Misalnya saja seperti melacak jumlah pengunjung, lalu lintas web, sumber pengunjung, serta metrik lainnya. Anda dapat menggunakan data ini untuk mengoptimalkan dan meningkatkan website .

8. Pilihan Template

Platform pembangun website biasanya menawarkan sejumlah pilihan template yang dapat Anda pilih. Template ini dirancang dengan tata letak yang menarik dan fungsionalitas yang beragam, yang dapat mempercepat proses desain website Anda. Anda dapat memilih template yang sesuai dengan gaya, niche, bisnis atau tujuan website.

9. Optimasi SEO

Beberapa Website Builder menawarkan alat dan fitur yang membantu dalam optimasi mesin penelusuran (SEO). Fitur ini termasuk kemampuan untuk menyesuaikan meta tag, mengubah URL yang ramah mesin pencari, membuat sitemap, dan menganalisis kinerja SEO halaman Anda.

Melihat berbagai fitur dan kelebihan dari platform pembangun website atau Website Builder mini, mungkin Anda tertarik untuk membuat situs sendiri. Tapi, perlu Anda tahu disamping kelebihan yang ditawarkan, platform ini juga pasti juga memiliki kekurangan. Mulai dari desain yang kurang profesional, serta sulit ditemukan mesin pencari. 

Kekurangan lain, yakni tidak mempunyai layanan pelanggan, fitur-fitur SEO terbatas, adanya logo pengembang dan iklan, terbatasnya kapasitas bandwidth, dan masih banyak lainnya. Melihat hal ini, tentu menggunakan jasa pembuat website bisa menjadi solusi. 

RAJASEO.com menjadi platform perusahaan pembuat dan pengelola website yang menyediakan jasa SEO profesional dan berpengalaman. Pakar SEO bekerja dengan teknik yang 100% aman di mata Google melalui teknik white hat sesuai kebijakan Google dan tidak curang.

RAJASEO.com hadir membuat website pribadi maupun bisnis Anda mencapai peringkat teratas pencarian. Dengan pengunjung tertarget, maka tujuan website Anda juga akan tercapai. Miliki website berkualitas dan teroptimasi bersama RAJASEO.com! 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi