Kesalahan Teknik SEO yang Sering Dilakukan Pemula

Blog / Kesalahan Teknik SEO yang Sering Dilakukan Pemula
Kesalahan Teknik SEO yang Sering Dilakukan Pemula

Apakah Anda adalah seorang pebisnis yang sedang ingin menekuni dunia blogging untuk meningkatkan penjualan produk? Website memang diyakini mampu membantu bisnis online khususnya dengan menggunakan SEO. Namun sayangnya masih banyak pebisnis yang melakukan kesalahan teknik SEO sehingga strategi bisnis mereka tidak berhasil. Pastinya Anda tidak mau mengalami kegagalan tersebut, 'kan?

Inilah kenapa sebaiknya Anda memahami seluk beluk SEO lebih dalam sebelum menerapkannya. Pasalnya teknik tersebut menjadi dasar yang wajib dikuasai oleh seorang blogger atau digital marketer agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Manfaat Teknik SEO untuk Bisnis Online

Manfaat SEO memang terkenal sebagai sarana untuk membantu mengembangkan bisnis. Tidak heran kalau SEO penting untuk dikuasai demi keberlangsungan usaha Anda. Nah sebelum membahas lebih jauh tentang kesalahan SEO, tahukah Anda apa saja manfaat teknik SEO ini dalam dunia bisnis online?

1. Memperkuat Kredibilitas

Terlepas dari kesalahan teknik SEO yang Anda lakukan, strategi tersebut efektif memperkuat kredibilitas sebuah perusahaan. Saat bisnis Anda muncul di pencarian Google, tentu akan lebih mudah dipercaya pelanggan.

2. Mengembangkan Pasar

Sebagai pebisnis online, sebaiknya Anda memanfaatkan SEO untuk memperluas pasar. Jangan hanya fokus di media sosial saja, tapi website bisnis juga akan membantu produk Anda dikenal oleh orang dari seluruh dunia.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Seberapa penting SEO untuk perusahaan yang bergerak di bidang digital elektronik? Jawabannya adalah sangat penting! Karena SEO akan membantu website bisnis Anda muncul di halaman utama pencarian sekaligus meningkatkan brand awareness.

4. Meningkatkan Kualitas User Experience

User Experience atau UX ternyata menjadi salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Nah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas UX ini adalah dengan memb6 konten yang berguna bagi pelanggan dan pastinya sesuai kaidah SEO.

8 Kesalahan Teknik SEO yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Agar dapat memaksimalkan kinerja website demi meningkatkan penjualan, maka Anda pun harus paham betul terkait cara kerja SEO agar tidak salah langkah nantinya. Pasalnya memang masih banyak pebisnis pemula yang masih melakukan kesalahan dalam penggunaan SEO di dunia bisnis. Apa saja? 

1. Tidak Melakukan Riset Keyword

Tahukah Anda, riset keyword adalah salah satu langkah terpenting dalam menggunakan SEO. Namun sayangnya pebisnis kadang melupakan bagian ini. Jadi jangan heran kalau website Anda tidak masuk ke posisi teratas mesin pencarian karena tidak mengandung keyword yang tepat. 

2. Tidak Belajar SEO Tidak Dari Basic

Sebelum menjalankan website bisnis, sebaiknya Anda sudah belajar SEO secara maksimal. Ingat, Anda perlu mempelajari SEO dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dibutuhkan kesabaran serta ketelitian dalam mempelajarinya sehingga lebih baik kalau dipelajari secara perlahan. 

3. Tidak Menggunakan Google Webmaster Tools

Kesalahan teknik SEO lainnya yang sering dilakukan pemula adalah tidak menggunakan Google Webmaster Tools. Padahal layanan tersebut sangat membantu setiap keperluan SEO seperti untuk melihat performa blog di mesin pencarian, mengecek backlink, pilihan keyword populer, jumlah index halaman, hingga error yang terdapat di website bisnis tersebut. 

4. Terlalu Fokus Pada Keyword Density

Jangan hanya fokus pada keyword density saja, tapi menjalankan website yang SEO friendly juga harus memikirkan strateginya secara menyeluruh. Anda wajib menulis postingan secara natural dan original sesuai produk yang dijual. Pastikan juga target keyword muncul di dalam postingan tersebut.

5. Tidak Memperhatikan Kecepatan Loading Blog

Google biasanya akan mengutamakan website dengan loading cepat sehingga blog-blog tersebut cenderung berada di posisi atas. Hal tersebut jugalah yang menjadi kesalahan teknik SEO yang sering dilakukan sehingga blog bisnis Anda tidak masuk ke mesin pencarian utama. Hindarilah menggunakan widget-widget berlebihan yang tidak penting karena penggunaannya malah membuat website sulit dimuat.

6. Tidak Menerapkan Desain Mobile-friendly

Desain website yang mobile-friendly adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan karena menjadi syarat agar bisa dilacak oleh Google. Tujuannya adalah agar blog Anda bisa diakses melalui smartphone, tidak hanya menggunakan komputer atau perangkat desktop saja. 

7. Tidak Membuat Konten yang Original

Cara meningkatkan SEO website paling efektif adalah dengan membuat konten original. Sebaiknya Anda memperhatikan dan menentukan target pembaca yang merupakan calon customer. Jangan hanya membuat konten-konten yang disukai oleh Google saja tapi harus disukai oleh pengunjung juga agar otomatis meningkatkan traffic.

8. Tidak Memaksimalkan Judul

Kesalahan teknik SEO yang juga sering dilakukan pemula adalah tidak memaksimalkan judul. Pastikan judul konten yang Anda buat menarik perhatian pengunjung untuk mengkliknya. Dan hindari penggunaan bold, italic, serta underline yang berlebihan.

Jika Anda masih bingung terkait penggunaan SEO, cobalah gunakan jasa RAJASEO.com yang siap membantu meningkatkan traffic website bisnis dengan strategi tepat dan cepat. Nantinya website Anda akan masuk halaman pertama Google dengan ranking dan traffic yang tinggi. 

Tentunya teknik SEO yang digunakan sesuai dengan perubahan algoritma Google sehingga website Anda akan mendominasi mesin pencarian sesuai kategori bisnis. Jadi jangan ragu lagi menggunakan layanan dari RAJASEO.com sebagai jasa pembuatan website yang SEO friendly agar menghindari kesalahan teknik SEO yang sering dialami pemula.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi