Cara Membangun Backlink Berkualitas Efektif Tingkatkan Trafik

Blog / Cara Membangun Backlink Berkualitas Efektif Tingkatkan Trafik
Cara Membangun Backlink Berkualitas Efektif Tingkatkan Trafik

Backlink sebagai salah satu strategi dalam Search Engine Optimization (SEO) memiliki peranan yang sangat penting. Anda harus tahu cara membangun backlink karena bisa mendongkrak trafik website. 

Bukan hanya itu, backlink yang dimiliki harus berkualitas, jika tidak justru akan memperburuk citra web di mata mesin pencari. Ada banyak cara mendapatkan backlink dari manual sampai dengan otomatis. Seperti apa caranya, Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu. 

7 Cara Membangun Backlink yang Berkualitas 

Pengertian dari backlink sendiri adalah tautan dari web lain yang diarahkan ke website Anda. Jadi ketika pengunjung website tersebut klik anchor text akan langsung muncul website milik Anda. 

Semakin banyak backlink yang berkualitas maka kredibilitas akan semakin tinggi, tidak sulit bagi Anda untuk meraih trafik dan posisi yang tinggi. Sebagai bagian dari strategi SEO off page, ada beberapa cara membangun backlink yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

Pastikan Konten Lengkap, Menarik dan Unik 

Membangun backlink dimulai dengan konten, khususnya jika Anda ingin mendapatkan backlink yang bertahan lama. Ketika Anda membuat konten yang lengkap serta menarik maka tidak sedikit blog atau web lain yang menggunakannya sebagai rujukan. 

Lebih baik untuk riset konten dengan benar, jika perlu tambahkan pendapat pakar atau mengacu pada jurnal luar negeri bahan utama. Keunikan konten juga menjadi nilai tambah sehingga tidak sama dengan konten sejenis lainnya. 

Menggunakan Anchor Text yang Tepat 

Cara membangun backlink otomatis adalah melalui pembelian backlink di blog pribadi atau bahkan web yang berkualitas. Saat memasang backlink Anda harus menentukan anchor text yang tepat. Pertama, anchor text harus memiliki relevansi terhadap konten yang menjadi link di dalamnya. 

Kedua, sebaiknya anchor text menggunakan kata kunci utama atau turunan karena nilainya akan lebih baik. Letakkan anchor text dalam konten secara alami dan mudah dibaca serta menarik perhatian untuk diklik. 

Jangan Lupakan Blogwalking 

Cara backlink manual selain dari konten adalah Anda harus sering melakukan blogwalking. Blogwalking adalah aktivitas menjelajah konten pada blog lainnya yang isinya berkaitan dengan website Anda. Aktivitas ini membutuhkan waktu karena Anda harus rajin pula memberikan komentar dari blog tersebut. 

Ditambah lagi jika Anda memberikan komentar juga di konten sosial media. Saat ini tidak jarang komentar yang menyertakan link di sosial media. Cara ini akan berhasil jika Anda memilih konten di sosmed yang memiliki keterkaitan dengan website yang dibangun. 

Menciptakan Konten yang Banyak Dicari 

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Cara jitu lainnya adalah dengan memilih konten yang paling banyak dicari. Anda bisa memanfaatkan konten viral atau memiliki kata kunci yang tingkat pencarian tinggi dengan persaingan rendah. 

Konten yang pencarian tinggi berpotensi juga untuk meningkatkan trafik. Jadi bukan hanya bermanfaat untuk membangun backlink saja. 

Melakukan Guest Backlink 

Salah satu cara membangun backlink juga bertujuan untuk memperluas jaringan. Anda akan mendapat lebih banyak audiens baru dengan menjadi penulis tamu di blog atau website lainnya. Pastikan saja blog atau web yang menayangkan tulisan Anda kredibel dan memiliki trafik cukup tinggi. 

Nantinya jika Anda memiliki tulisan menarik, tidak sedikit pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi web milik Anda. Bahkan Anda juga bisa menempatkan backlink dalam tulisan tersebut. 

Membuat Infografik 

Cara membangun backlink tidak selalu memanfaatkan konten tulisan. Anda bisa juga membuat infografik untuk memudahkan pengunjung mengetahui informasi secara cepat. Infografik juga punya fungsi lain yaitu memudahkan Anda membuat konten di sosial media jika memilikinya.

Coba saja perhatikan beberapa website besar atau website media sekarang ini. Hampir rata-rata setiap konten memiliki infografik yang menarik guna meringkas isi artikel. Anda bisa menempatkan infografik ini di tengah artikel sebagai informasi penunjang. 

Memanfaatkan Tools Backlink 

Jangan lewatkan juga penggunaan tools backlink. Saat ini ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengecek beberapa informasi dan yang paling penting data backlink milik kompetitor. Anda bisa tahu backlink seperti apa saja yang dimiliki kompetitor. 

Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda melakukan optimasi pada backlink di website sendiri. Sehingga Anda bisa menggunakan anchor text sampai memilih website pemberi backlink yang lebih berkualitas. 

Inilah cara membangun backlink yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Khusus untuk tools backlink Anda biasanya harus berlangganan, namun jika ingin cara lebih mudah adalah memanfaatkan layanan dari Rajaseo.com. 

Rajaseo.com akan membantu Anda untuk menganalisis backlink demi meningkatkan trafik. Tidak hanya itu saja, Rajaseo.com juga bisa memberikan website audit sehingga Anda yang mungkin stuck dengan pengembangan website bisa menciptakan strategi yang lebih efektif lagi. 

Ditambah lagi, Rajaseo.com juga menyediakan layanan riset kata kunci yang bagus untuk pembuatan konten. Jadi Anda tidak akan kesulitan lagi menentukan mana kata kunci terbaik dan konten yang paling banyak dicari. Langsung saja cek informasi lebih lengkap di Rajaseo.com.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi