Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO

Blog / Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO
Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO

Cara paling efektif dan masih dipakai sampai saat ini untuk membuat website Anda menempati peringkat pertama, di mesin pencari adalah dengan optimasi SEO. Saat melakukan optimasi SEO mungkin Anda pernah mendengar 2 istilah yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO. Kedua istilah ini merujuk pada kemampuan untuk meningkatkan ranking website namun dengan teknik yang berbeda.         

Teknik White Hat SEO

White Hat SEO merupakan teknik untuk meningkatkan peringkat website dengan mempertahankan integritas website dan juga mematuhi aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari Google. Ada beberapa teknik yang diterapkan oleh White Hat SEO, untuk membuat website Anda menempati urutan pertama mesin pencari.

Dengan Konten Berkualitas

Cara yang pertama adalah dengan menyajikan konten berkualitas agar menarik para pengunjung dan membuat pengunjung nyaman dengan konten anda serta kembali lagi mengunjungi website tersebut. Konten berkualitas juga akan memudahkan Anda untuk optimasi SEO dan secara otomatis ranking website jadi naik di mesin.

Membuat konten berkualitas bisa dengan memilih kata kunci yang tepat, judul yang menarik, konten informatif dan memasukkan link yang relevan.

Riset Keyword

Selain membuat konten berkualitas Anda juga perlu untuk melakukan riset keyword untuk mendapatkan kata kunci yang tepat. Untuk melakukan riset keyword Anda bisa memanfaatkan tools yang tersedia, baik itu tools berbayar maupun gratis.

Dengan Meta Tag

Meta Tag merupakan salah satu strategi seo yang dapat membantu website anda tampil di halaman hasil pencarian. Ada beberapa jenis meta tag yang perlu anda perhatikan mulai dari meta title, meta description dan juga meta keyword. 

Backlink Berkualitas

Yang tidak kalah penting dilakukan dalam teknik White Hat SEO adalah membuat backlink yang berkualitas agar berpengaruh untuk meningkatkan rangking website dan membuat website Anda bisa dipercaya oleh mesin pencari Google. Cara membuat backlink berkualitas adalah dengan mencari website berkualitas lalu kemudian memasang link ke website Anda. 

Kecepatan Website

Kecepatan website juga perlu diperhatikan, baik untuk kecepatan akses ketika para pengunjung mengakses website anda dari komputer dan smartphone. Karena ketika pengunjung terlalu lama mengalami loading saat membuka halaman website, maka bisa tidak nyaman dan pergi mengunjungi website lain.

Black Hat SEO

Setelah mengetahui apa itu White Hat SEO dan juga teknik yang digunakan, tentu Anda juga penasaran apa itu Black Hat SEO. Black Hat SEO merupakan teknik meningkatkan peringkat website di mesin pencari dengan tidak mengikuti aturan mesin. Apa saja teknik yang digunakan?

Penggunaan Keyword Berlebihan

Biasanya ketika menerapkan Black Hat SEO maka akan melakukan teknik berupa penggunaan keyword secara berlebihan atau disebut keyword stuffing. Padahal cara ini sangat tidak diperbolehkan, karena bisa dianggap sebagai spam keyword. 

Beberapa orang menggunakan cara ini untuk meningkatkan visibilitas pencarian dengan kata kunci. Padahal justru teknik keyword stuffing, bisa membuat konten anda jadi susah dipahami dan membuat pengunjung web tidak nyaman. 

Duplikat Konten

Duplikat konten adalah dengan membuat konten yang sama persis pada dua atau lebih halaman website berbeda. Padahal teknik ini bisa membuat website Anda, dianggap sebagai web yang tidak berkualitas oleh mesin pencari.

Membuat Konten Otomatis

Berikutnya teknik Black Hat SEO adalah dengan membuat konten artikel dengan tools otomatis. Padahal isi konten yang ada di dalamnya tidak rapi dan informasi yang disampaikan juga tidak menarik serta tidak memperhatikan kebenaran dan fakta. 

Dengan Halaman Palsu

Optimasi SEO dengan Black Hat SEO  dilakukan oleh beberapa orang dengan membuat halaman palsu. Dimana website dengan halaman palsu membuat page dengan kata kunci, hanya untuk menarik perhatian pengunjung saja namun ketika Anda klik akan mengarah ke halaman lain. Tujuan utama dari teknik ini adalah untuk meningkatkan traffic situs agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. 

Dari penjelasan diatas tentu Anda sudah bisa menyimpulkan, apa  perbedaan antara White Hat SEO dan Black Hat SEO.

Dimana jika Anda menginginkan traffic organik sebuah website dan juga meningkatkan kualitas dari website anda maka lebih baik untuk memilih White Hat SEO, karena mengikuti aturan dan panduan yang ditetapkan oleh mesin pencari Google dan juga membantu memberikan pengalaman pengguna lebih baik.

Sementara Black Hat SEO dengan segala teknik-teknik yang dibuat bisa menurunkan ranking website bahkan bisa berujung konten Anda dikenai sanksi dan juga mengabaikan aturan dan panduan yang ditetapkan oleh mesin pencari. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO. Untuk yang ingin optimasi SEO agar masuk di halaman pencarian pertama namun tidak tahu caranya maka anda bisa memanfaatkan layanan jasa RajaSEO. 

RajaSEO memiliki tiga layanan utama dengan website audit yang membantu menganalisa website Anda agar peringkatnya bisa naik di mesin, keyword research untuk membantu menganalisa kata kunci paling efektif agar bisa meningkatkan kualitas konten dan website dan juga backlink checker yang membantu analisa kualitas dan kuantitas backlink pada website.

RajaSEO memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam industri internet marketing, sehingga efektif dalam membantu meningkatkan peringkat website dan kualitas website.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi