Jenis Backlink dalam SEO yang Bagus untuk Website Bisnis

Blog / Jenis Backlink dalam SEO yang Bagus untuk Website Bisnis
Jenis Backlink dalam SEO yang Bagus untuk Website Bisnis

Berbicara soal backlink, Anda pemilik website dengan tujuan bisnis tidak boleh melewatkannya. Ada beberapa jenis backlink dalam SEO yang cocok digunakan khusus website bisnis. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa backlink tidak hanya didapatkan dari konten artikel di web atau blog lain saja di dalam anchor text. Ada begitu banyak jenisnya dan efektifitasnya berbeda-beda. Mana yang cocok untuk website Anda bisa simak dulu di sini hingga akhir. 

5 Jenis Backlink dalam SEO yang Tepat bagi Website Bisnis 

Backlink memiliki banyak fungsi bagi suatu website. Mulai dari meningkatkan trafik, sebagai brand awareness, serta meningkatkan visibilitas dari mesin pencari. Fungsi yang terakhir ini berkaitan dengan kredibilitas web sehingga lebih mudah untuk naik peringkat di mesin pencari. 

Sudah pasti dengan memasang backlink, keuntungan website Anda bisa lebih cepat meningkat. Namun perhatikan juga bahwa backlink yang dimiliki berkualitas seperti berasal dari website yang terpercaya pula, bukan abal-abal. 

Anda yang ingin memasang backlink dalam suatu website atau blog harus mengetahui jenis backlink dalam SEO berikut ini, sehingga tidak salah dalam memasangnya. 

Blog Comment Backlink 

Pernah melihat di kolom komentar blog terdapat link yang mengarah ke suatu website? Biasanya juga disertai dengan kata-kata marketing atau penawaran dari produk. Inilah yang disebut dengan blog comment backlink. 

Anda bisa meninggalkan link di dalam komentar suatu konten, dengan catatan konten berhubungan dengan website bisnis Anda. Khusus backlink ini Anda bisa mendapatkannya dengan rajin blogwalking. Hanya saja jangan meninggalkan terlalu banyak agar tidak dianggap spam. 

Contextual Backlink 

Jenis backlink dalam SEO ini sangat umum digunakan. Backlink berada dalam sebuah artikel yang menggunakan anchor text dan nantinya akan diberikan hyperlink. Link yang disematkan tersebut mengacu kepada website yang Anda miliki. Ada dua cara mendapatkannya yaitu alami yakni menunggu web lain memberikan rujukan. 

Kedua, Anda bisa membeli backlink melalui pemilik blog langsung. Tinggal tentukan saja anchor text dan link mana yang akan menjadi rujukan. Sebaiknya Anda memilih artikel yang akan dioptimasi, bisa juga halaman Beranda pada website. 

Link Profile Backlink 

Memiliki website bisnis saja tentunya tidak cukup untuk memperkenalkan usaha atau produk Anda. Dibutuhkan juga akun sosial media dan di dalamnya Anda bisa menggunakan link profile backlink. Caranya adalah dengan menyematkan link website Anda di halaman profil. 

Backlink types ini memudahkan pengunjung sosial media Anda untuk membuka halaman website. Misalnya Anda sudah menyediakan katalog khusus lengkap dengan harga produk, maka link ini sangat penting untuk diperlihatkan. 

Social Media Backlink 

Jenis-jenis backlink tidak terbatas antar web atau blog saja, seperti social media backlink ini. Hampir mirip dengan link profile backlink, bedanya Anda bisa menempatkan backlink pada konten di sosial media atau komentar. 

Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna sosmed mengunjungi laman web secara spesifik. Anda bisa membuat tautan yang lebih spesifik di sosial media menyesuaikan dengan konten. Dengan begitu hampir setiap halaman web bisa mendapatkan trafik tinggi. 

Image Sharing Backlink 

Salah satu jenis backlink dalam SEO yang tidak memanfaatkan teks namun gambar di sebuah situs image sharing. Backlink ini juga cocok digunakan untuk website bisnis dan Anda yang suka membuat foto atau gambar. Pembuatan akun di situs image sharing ini gratis, Anda bisa upload gambar sebanyak-banyaknya. 

Nantinya pada deskripsi gambar Anda bisa menambahkan link ke website. Tidak hanya gambar, ada juga document sharing yang deskripsi bahkan isinya juga mengarah ke website yang Anda miliki. 

Kriteria Backlink yang Berkualitas 

Anda mungkin sudah mengenali jenis backlink dalam SEO yang cocok digunakan dalam website bisnis. Hanya saja ada kualitasnya juga harus diperhatikan karena berpengaruh sekali trafik. 

Berikut ini beberapa kriteria backlink berkualitas harus Anda cermati. 

Website yang Berpengaruh 

Anda sebaiknya mendapatkan backlink dari website dengan kredibilitas tinggi atau berpengaruh. Fungsinya agar website tersebut tercatat sudah memiliki trafik tinggi dan berkualitas, dengan begitu pemasangan backlink akan efektif. 

Backlink harus Relevan 

Relevansi ini bisa Anda kategorikan berdasarkan niche website tersebut. Semakin memiliki relevansi dengan produk atau website bisnis Anda maka lebih baik. Misalnya Anda memiliki bisnis soal teknologi, maka pilih juga web atau blog dengan niche sejenis. 

Ada begitu jenis backlink dalam SEO dan Anda harus tahu mana yang berkualitas. Jika kesulitan dan mengecek backlink sendiri atau bahkan membangunnya, Anda bisa menggunakan jasa dari Rajaseo.com. 

Macam macam backlink bisa dianalisis terlebih dahulu oleh Rajaseo.com untuk mengetahui kualitasnya. Begitu juga dengan pengecekan backlink milik kompetitor untuk dibandingkan dengan website Anda. 

Rajaseo.com juga menyediakan layanan website audit dan pencarian kata kunci. Anda hanya perlu memilih paket yang sudah disediakan dengan mengunjungi Rajaseo.com sekarang juga.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi