Mengenal Jenis-Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Blog / Mengenal Jenis-Jenis SEO dan Cara Kerjanya
Mengenal Jenis-Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Search Engine Optimization (SEO) menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan pemilik website untuk meningkatkan visibilitas webnya di mesin pencari. Anda sebagai admin website atau SEO Specialist wajib tahu jenis-jenis SEO yang bisa digunakan. 

Ada cukup banyak jenis SEO yang perlu dipelajari dan diterapkan karena masing-masing memiliki teknik optimasi yang berbeda. Bahkan Anda bisa menggunakannya sekaligus untuk bisa meningkatkan peringkat website. Apa saja jenisnya, Anda bisa cek terlebih dahulu. 

Mengenal Jenis-Jenis SEO Lengkap dengan Cara Kerjanya 

Teknik SEO tidak hanya digunakan oleh para pebisnis tetapi juga pemilik blog. Adanya monetisasi dalam website menjadi salah satu alasan kenapa teknik SEO terus digunakan. Bahkan di antaranya ada teknik gratis yang bisa dilakukan sehingga tidak perlu modal besar bagi pemilik web untuk mengembangkannya. 

Demi meningkatkan strategi SEO, Anda bisa mempelajari jenis-jenis SEO yang terus digunakan bahkan oleh para webmaster. 

SEO On Page 

Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia optimasi pasti tidak asing lagi dengan istilah SEO on page. Ini adalah salah satu jenis SEO yang sudah pasti digunakan. Pengertian SEO on page adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan web hingga konten. 

Oleh karena itu cara kerja optimasinya adalah semua yang berkaitan dengan halaman website. Berikut ini beberapa jenis-jenis SEO on page yang bisa Anda perhatikan. 

Konten Artikel 

Ada beberapa cara optimasi dalam konten artikel, mulai dari pemilihan dan penempatan kata kunci, penggunaan heading sampai dengan isi konten yang berkualitas. Pastikan bahwa jumlah kata cukup untuk memudahkan pembaca memahami isi artikel. 

Optimasi URL 

Dalam SEO on page Anda juga harus memperhatikan soal URL yang pendek dan berisi kata kunci agar mudah untuk terindeks oleh mesin pencari. Pastikan untuk membuat URL yang tepat sejak awal posting. 

Menambahkan Gambar dan Video

Supaya artikel menarik dan lengkap Anda perlu juga menggunakan gambar dan video. Pastikan saja bahwa konten dapat membantu pengunjung untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. 

Selain ketiga hal ini masih banyak yang lain seperti kecepatan, tampilan yang mobile friendly sampai dengan menggunakan internal sekaligus eksternal link. 

SEO Off Page 

Berkebalikan dari SEO on page, pada SEO off page Anda harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan di luar tampilan website. Ada cukup banyak hal di luar web yang dapat dioptimasi seperti:

Link Building 

Sebagai salah satu dari jenis-jenis SEO, cara kerja SEO off page didapatkan dari link building. Artinya Anda harus melakukan link building seperti backlink yaitu rujukan dari web lain ke website Anda. Ada beberapa ciri backlink berkualitas yang perlu dicermati. 

Social Sharing 

Supaya artikel Anda semakin dikenal maka penting untuk melakukan social sharing. Cara paling mudah adalah membagikan link artikel ke akun grup FB atau aplikasi chat. Pastikan saja kontennya bermanfaat dan berhubungan. 

Technical SEO 

Jenis-jenis SEO lainnya yang juga penting ini adalah technical SEO.  Cara kerja dari SEO ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengunjung atau User Experience (UI). Apakah pengguna nantinya bisa lebih mudah untuk mengakses website menjadi kunci utamanya. 

Cara kerja SEO ini yang bisa Anda perhatikan adalah:

Minimalisir Link Mati 

Selama perjalanan mengembangkan web, Anda pasti akan menemukan link yang mati. Link ini seharusnya tidak boleh mati karena bisa menurunkan jumlah pengunjung. Link mati yang dimaksud adalah link yang apabila di klik pengunjung tidak aktif atau muncul Error. 

Menjaga Keamanan Situs 

Demi SEO website Anda berjalan baik, maka keamanan situs harus terus diperhatikan. Jangan sampai website Anda diblokir karena tidak menerapkan strategi technical SEO yang tepat. Hal ini berhubungan langsung dengan privasi dan keamanan akses pengunjung ke website. 

Local SEO 

Dari berbagai jenis-jenis SEO, Anda yang memiliki website dengan tujuan bisnis wajib menerapkan local SEO ini. Fungsinya adalah untuk meningkatkan hasil pencarian menyesuaikan pertanyaan dari pengguna. 

Misalnya saja tempat terdekat membeli hoodies atau kuliner tertentu. Jika Anda sudah belajar SEO lokal dan menerapkannya maka bisnis Anda akan terlihat di pencarian teratas. Ada salah satu cara yang sering dilakukan yaitu membuat Google Bisnis.

Supaya bisnis mudah ditemukan Anda harus membuat Google bisnis yang informasi alamat, ulasan sampai nama bisnis harus lengkap dan jelas. Pastikan juga ketika Anda mencari dengan kata kunci tertentu bisnis Anda yang akan terlihat di hasil pencarian. 

Setelah mengenal semua jenis-jenis SEO ini Anda sekarang bisa lebih mudah untuk melakukan optimasi. Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan Rajaseo.com yang akan membantu optimasi dari segi audit web, riset kata kunci dan juga cek backlink. 

Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk audit website sendiri bahkan riset kata kunci bisa mengandalkan paket yang disediakan Rajaseo.com. Langsung saja cek di halaman Rajaseo.com untuk mengenali apa saja paketnya.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi